Seri One Piece telah berjalan begitu panjang, dengan saat ini animanga tersebut sedang berada dalam bagian cerita Wano Arc, dan bahkan arc cerita itupun telah ditunggu begitu lama kedatangannya. Dan bicara soal Wano Arc One Piece, baru-baru ini netizen Jepang temukan wawancara menarik dari Oda sensei sang mangaka, yang memberikan alasan kenapa arc tersebut begitu lama datangnya.

Wawancara tersebut dilakukan pada acara Arashi Tsubo dari Fuji TV, dan disitu ditanyakan apa Top 3 adegan manga One Piece yang menjadi favorit dari Oda Eiichiro sensei. Dan dimulai dari nomor 3, adalah adegan api unggun di pulau langit di Skypiea Arc pada chapter 253 dalam buku volume 27. Adegan yang ingin digambar oleh Oda sensei sejak Skypiea arc dimulai.

Lalu nomor 2 adalah adegan kecil pada pintu masuk di Sabaody Archypelago saat Nico Robin mengelap busa lengket  pohon Yaruman pada kaki dan tangan Usopp pada chapter 496 dalam buku volume 51. Adegan kecil dan lucu yang sekilas memperlihatkan Nico Robin yang sudah benar-benar berteman dan mau iseng pada para Straw Hat.

Dan terakhir, adegan terfavorit dari Oda Eiichiro, adalah dari chapter 909 dalam volume 90, yaitu adegan intro dari Wano Kuni. Dikatakan kalau Oda adalah fans dari genre Jidai Geki, dan ia sudah sangat lama ingin menggambarkan setting lokasi berbau Jepang dalam dunia One Piece.

Tapi komentarnya tak sampai disitu saja. Karena Oda juga mengatakan kalau sebenarnya ia ingin memasukkan elemen Jejepangan macam Samurai dan Ninja dalam kisah One Piece dari bagian awal cerita. Sesuatu yang terlihat dari elemen karakter Zoro yang terasa Samurai, tapi memang elemen Jejepangan yang besar baru ditampilkan dalam Wano Arc.

Sebagai mangaka, rasanya mudah bagi Oda untuk melakukannya dari awal, tapi ia tak melakukannya. Dan dikatakan olehnya kalau ia menahan dirinya, karena saat itu seri Naruto masih diserialisasikan, dan Oda mengatakan karena mereka teman baik.

Jadi bisa dibilang, alasan Wano Arc datang begitu lama adalah karena rasa hormat Oda kepada Kishimoto Masashi sensei. Dan dengan manga Naruto yang tamat tahun 2014 dan anime pada tahun 2017, Oda dapat kesempatan untuk akhirnya memasuki Wano Arc, yang dimulai tahun 2018.