One Piece adalah sebuah manga (komik Jepang) yang diciptakan oleh seorang mangaka (pengarang) asal Jepang yang bernama Eiichiro Oda. One Piece pertama kali terbit secara resmi pada tahun 1997 yang di terbitkan oleh Shonen Jumps. One Piece adalah manga yang bertemakan bajak laut dengan mengisahkan petualangan sekumpulan bajak laut muda yang berambisi mencapai impian mereka.

onepiecesuperrockie2

Kalau kamu adalah penggemar One Piece atau mengikuti serial One Piece, pasti kamu sudah tahu atau minimal pernah dengar apa itu Super Rookie. Super Rookie atau disebut juga Supernova adalah bajak laut yang memiliki harga buronan diatas 100 juta Belly (mata uang dunia One Piece). Pada era Monkey D. Luffy (tokoh utama), ada beberapa bajak laut yang terkenal yang nilai buronannya di atas 100 juta Belly. Mereka disebut sebagai Sebelas Supernova.

Sebenarnya Sebelas Supernova adalah :

  • Eustass Kid

 

  • Monkey D. Luffy

 

  • Basil Hawkins X Drake

 

  • Trafalgar Law

 

  • Scratchmen Apoo

 

  • Jewelry Bonney

 

  • Scratchmen Apoo

 

  • Killer

 

  • Capone Bege

 

  • Roronoa Zoro

 

  • Urouge

Berikut adalah para tokoh Rookie yang diambil dari tokoh nyata.

1. Eustass “Captain” Kid

onepiece kid

Eustass Kid adalah salah satu dari Sebelas Supernova yang memiliki harga buronan tertinggi yaitu 315.000.000 Belly. Dia adalah kapten dari Bajak Laut Kid dan memiliki kemampuan untuk memanipulasi benda logam. Dia mendapat harga buronan yang cukup tinggi karena grup bajak lautnya seringkali menyerang penduduk lokal. Kid memiliki karakter yang tempramental. Dia pernah mengungkapkan bahwa dia membunuh siapapun yang menertawakan impiannya dalam pencarian One Piece. Pasca perang besar Marineford dan memasuki Dunia Baru, harga buronan Kid naik menjadi 470.000.000 Belly.

  • Captain William Kidd

onepiece kid1

Kapten William Kid adalah salah satu dari beberapa bajak laut terkenal yang berlayar selama Era Keemasan Bajak Laut. Dia lahir di Skotlandia pada tahun 1654 dan memulai karir sebagai pelayar. Kidd berganti karir sebagai pemburu bajak laut pada tahun 1696 namun tidak lama setelah itu dia menjadi bajak laut dan privateer. Kidd mulai mendapat perhatian publik sepulang pelayarannya dari Samudera Hindia dan Karibia. Legenda dan mitos masih meliputi Kidd setelah kematiannya. Banyak yang percaya bahwa dia tidak pernah menjadi bajak laut, namun hanya bekerja sebagai privateer. Konon, Kidd memiliki harta karun yang tersimpan di Pulau Oak.

2. Basil “Magician” Hawkins

onepiecehawkins

Basil Hawkins adalah kapten dari Bajak Laut Hawkins dan salah satu dari Sebelas Supernova dengan harga buronan tertinggi ketiga, yaitu 249.000.000 Belly. Dia memiliki kemampuan untuk mengalihkan kerusakan fisik yang diterimanya kepada orang lain melalui perantara boneka jerami (seperti konsep voodoo). Dia juga dapat berubah menjadi monster jerami sebagai mode pertarungan. Hawkins memiliki kepribadian yang tenang dan percaya pada takdir. Dia kerap kali menyikapi sebuah situasi dengan bertaruh pada kartu tarot. Sampai saat ini, harga buronan Hawkins naik menjadi 320.000.000 Belly.

  • Sir John Hawkins

onepiecehawkins2

Admiral Sir John Hawkins adalah seorang pembuat kapal, panglima serta administrator angkatan laut, pedagang, penjual budak, navigator, bahkan bajak laut. Dia lahir di Inggris pada tahun 1532. Saat bekerja di angkatan laut kerajaan Inggris, dia merancang dan membangun ulang kapal untuk menandingi Armada Spanyol. Dia pernah menyusun blokade angkatan laut untuk memotong jalur pelayaran kapal harta Spanyol. Hawkins pernah menjabat sebagai wakil admiral ketika perang melawan Armada Laut Spanyol dan memenangkan pertempuran tersebut. Sir John Hawkins baru mendapat sorotan publik pada Juni 2006 setelah salah satu keturunannya meminta maaf atas perbuatan jual-beli budak yang dilakukan leluhurnya itu. Dia dianggap sebagai pelaut legendaris Inggris di abad ke-16 bersama sepupunya Sir Francis Drake.

3. “Red Flag” X Drake

onepiecexdrake

X Drake adalah salah satu dari Sebelas Supernova yang memiliki harga buronan 220.000.000 Belly. Dia adalah satu-satunya dari Sebelas Supernova yang memakan buah setan tipe-Zoan. Kemampuan buah setan miliknya tergolong langka karena masuk dalam Buah Setan Kuno tipe dinosaurus. Drake dulunya adalah seorang laksamana muda angkatan laut namun entah bagaimana, dia membelot dan beralih menjadi kapten grup Bajak Laut Drake.

  • Sir Francis Drake

onepiecexdrake1

Sir Francis Drake lahir di Inggris sekitar tahun 1544. Dia adalah menjabat sebagai wakil admiral di angkatan laut kerajaan Inggris. Dia juga dianggap sebagai privateer, navigator, penjual budak dan politisi semasa era Elizabeth. Pada tahun 1581, Elizabeth I dari Inggris menganugerahi gelar “ksatria” kepada Drake. Drake dianggap sebagai pahlawan oleh Inggris, namun sebaliknya dia dianggap sebagai bajak laut oleh Spanyol. Dia meninggal pada Januari 1596 karena penyakit disentri.

4. Trafalgar “Surgeon of Death” Law

20130213202513!TrafalgarLaw

Trafalgar Law adalah satu-satunya dari Sebelas Supernova yang bergabung bersama Pemerintah Dunia sebagai Ketujuh Panglima Perang (Shichibukai) pasca Perang Besar Marineford. Dia adalah kapten dari Bajak Laut Hearts dan memiliki harga buronan 200.000.000 Belly. Law memakan Buah Ope Ope yang memungkinkan dia untuk mengontrol objek yang masuk dalam jangkauannya. Dia memiliki kepribadian yang tenang dan penuh strategi. Saat Perang Besar Marineford, dia datang untuk menyelamatkan Luffy. Hingga saat ini, harga buronan Law naik menjadi 440.000.000 Belly dan telah dikeluarkan dari posisi Shichibukai karena beraliansi dengan grup Bajak Laut Topi Jerami.

  • Edward “Ned” Low

onepiece law1

Edward Low adalah salah satu bajak laut terkenal selama akhir Era Keemasan Bajak Laut. Dia lahir di London pada tahun 1690 dan beraksi sebagai pencuri di masa mudanya. Low muda akhirnya menjadi bajak laut yang berlayar di daerah Karibia. Dia pernah beberapa kali menjadi kapten di beberapa kapal. Low dikenal sebagai bajak laut yang kejam karena dia selalu menyiksa korbannya terlebih dahulu. Dalam karir singkatnya sebagai bajak laut (hanya 3 tahun), Low setidaknya pernah merampas 100 kapal dan kebanyakan dibakar olehnya.

5. Scratchmen “Roar of the Sea” Apoo

onepieceapoo

Scratchmen Apoo memiliki harga buronan 198.000.000 Belly dan kapten dari Bajak Laut On Air. Dia memiliki kemampuan untuk memanipulasi anggota tubuhnya menjadi alat musik dan menyerang musuh dengan gelombang musik yang dia hasilkan. Apoo adalah satu satunya dari Sebelas Supernova yang berasal dari suku Longarm. Dia memiliki karakter yang ceroboh dan suka menarik perhatian. Di Dunia Baru, harga buronannya naik menjadi 350.000.000 Belly.

  • Chui A-poo

onepiece apoo2

Chui A-poo adalah salah satu bajak laut China yang terkenal selama abad ke-19 Dinasti Qing. Dia memimpin sebuah armada bajak laut yang terdiri dari setidaknya 50 kapal dan berlayar di daerah selatan China. Pada September 1849, armadanya dihancurkan kapal perang Britania saat dia berlabuh di Hong Kong. Penyerangan tersebut menewaskan sekitar 400 bajak laut, dan Apoo sendiri mengalami luka berat. Walaupun dia berhasil kabur, namun dia dihianati dan diserahkan ke armada Britania. Dia dihukum berupa pembuangan seumur hidup di Pulau Tasmania. Namun akhirnya dia bunuh diri dengan cara gantung.

6. Jewelry “Big Eater” Bonney

onepieceboney

Jewelry Bonney adalah satu-satunya dari Sebelas Supernova yang berkelamin wanita. Dia adalah kapten dari Bajak Laut Bonney yang memiliki harga buronan 140.000.000 Belly. Dia memiliki kemampuan untuk memanipulasi usia. Pasca Perang Besar Marineford, Bonney sempat tertangkap oleh Marshal D. Teach dan dibawa oleh Admiral Akainu. Namun setelah 2 tahun berlalu, entah bagaimana dia berhasil lolos dan berkelana di Dunia Baru.

  • Anne Bonney

onepieceboney1

Anne Bonney adalah seorang wanita kelahiran Irlandia. Agar bisa bergabung dalam perjalanan Rackham, Anne menyamar menjadi pria. Walaupun seorang wanita, tapi Anne juga mengikuti peperangan dan melakukan kegiatan lainnya selayaknya pria. Bahkan kru-kru Rackham “The Revenge” menghormati Anne Bonny. Beberapa tahun kemudian, Anne dan Rackham menyadari bahwa mereka tergolong sukses sebagai bajak laut, karena mereka telah menangkap kapal-kapal, mendapat banyak harta. Berdasarkan sebuah cerita, ia menusuk seorang kawannya di jantung ketika kawannya itu mengetahui identitas Anne sebagai wanita. Walaupun Anne merupakan salah satu bajak laut hebat yang terkemuka namun ia tak pernah berlayar dengan kapalnya sendiri.

7. Capone “Gang” Bege

onepiecebege

Capone Bege adalah salah satu dari Sebelas Supernova yang memiliki thema mafia. Dia memiliki harga buronan 138.000.000 Belly dan memakan Buah Setan yang membuat tubuhnya menjadi semacam benteng/kastil, dimana dia bisa menyimpan berbagai alat, senjata, bahkan anak buahnya sendiri. Bege menjabat sebagai kapten di grup Bajak Laut Firetank dan seluruh anak buahnya memanggilnya dengan julukan “papa” (Eng: Father).

  • Al Capone

onepiecebege1

Alphonse Gabriel Capone adalah seorang gangster Amerika yang memimpin sindikat kejahatan selama masa The Noble Experiment. Capone lahir di New York dan mulai menjalani kehidupan gangster pada masa mudanya. Bahkan pada usia 14 tahun, dia dikeluarkan dari sekolah. Dia awal usia keduapuluh, Capone pindah ke Chicago untuk menjalani bisnis penyelundupan uang dan minuman beralkohol. Dia juga terlibat dengan kegiatan lain seperti suap kepada pemerintah hingga pelacuran. Capone justru dianggap sebagai “Robin Hood Modern” karena dia mendapat simpati publik berkat aksi donasinya.

8. The Pirate Hunter” Rorona Zoro

onepiecezoro

Roronoa Zoro adalah salah satu dari Sebelas Supernova yang berasal dari grup Bajak Laut Topi Jerami. Dia memiliki harga buronan sebesar 120.000.000 Belly. Zoro adalah seorang pendekar yang menggunakan 3 pedang. Tidak seperti kaptennya, Zoro terlihat lebih dewasa ketika memberi nasihat. Zoro merupakan satu-satunya karakter di grup Bajak Laut Topi Jerami yang terinspirasi dari tokoh nyata.

  • Francois L’Olonnais

onepiecezoro1

Francois L’Olonnais atau yang memiliki nama asli Jean-David Nau, adalah seorang bajak laut Perancis yang aktif di Karibia selama Era Keemasan Bajak Laut. Dia pertama kali tiba di Karibia sekitar tahun 1650 sebagai budak. Setelah masa perbudakannya selesai, dia berkelana hingga tiba di Saint-Dominique dan menjadi seorang bajak laut. Dia sempat diserang beberapa kali dan hampir tewas. Francois seringkali menyerang kapal-kapal pelayaran milik Spanyol.

9. “Mad Monk” Urouge

onepieceuroge

Urouge adalah kapten dari Bajak Laut Fallen Monk dan satu-satunya dari Sebelas Supernova yang berasal dari ras Bilka (salah satu ras dari penduduk langit). Dia memiliki harga buronan paling rendah yaitu 108.000.000 Belly. Urouge memiliki kemampuan untuk menambah masa ototnya hingga tubuhnya menjadi sangat besar. Diantara Sebelas Supernova, hanya Urouge yang selalu terlihat tersenyum dalam kondisi apapun, bahkan diambang kematian sekalipun saat berhadapan dengan Admiral Kizaru.

Oruc Reis

onepieceuroge1

Oruc Reis atau yang memiliki nama lain Aruj adalah seorang bajak laut Barbar. Dia adalah kakak dari Barbarossa Hayreddin Pasha dan Ottoman Bey. Dia dikenal dengan panggilan Baba Aruj setelah berhasil mengantarkan pengungsi Morisco dari Spanyol ke Afrika Utara. Sampai sekarang masih diperdebatkan mengenai asal usul Aruj karena dia lahir di Yunani namun di sebuah pulau kekuasaan Turki. Orang Eropa menjulukinya sebagai Si Janggut Merah.

Ini baru beberapa kejutan yang ada di one piece masih banyak misteri yang belum terungkap lho mina-san dan sayang nya luffy senpai ga ada ya ?