Manga One Piece karya Oda Eichiro menjajaki dunia baru. Tak hanya dibuat dalam bentuk anime adaptasi saja, bahkan karena saking menantang dan populer, serial ini diangkat menjadi Butai alias Stage Play. Sayangnya, ini bukan butai biasa seperti kebanyakan butai anime pada umumnya. Melainkan butai yang diperagakan langsung oleh aktor seni kebudayaan khas jepang: One Piece Kabuki.

Melalui official website ONE PIECE KABUKI mereka sendiri kemarin pada hari rabu, 17 Februari 2016 mereka mengunggah sebuah video teaser yang memperlihatkan cuplikan adegan Luffy versi Kabuki. Dalam video tersebut juga menjelaskan kapan butai ini bakal dipentaskan. Seperti yang sudah tertera, One Piece Kabuki Butai ternyata akan kembali dipentaskan di Osaka pada tanggal 1 sampai 5 Maret 2016, serta di Fukuoka pada 2 sampai 26 April 2016 mendatang.

One Piece Kabuki (2)

Bagi yang belum pernah denger kabar ini. One Piece Kabuki sudah pernah manggung di Ginza – Tokyo dari 7 sampai 25 November tahun lalu. Pada pementasan tersebut tiket sebanyak 100.000 buah telah sold out di tangan para penonton. Tentunya ini bakal menjadi berita gembira bagi fans yang belum kebagian nonton di Tokyo kemarin 😛

One Piece Kabuki Butai tersebut menggaet satu set grup kabuki ternama jepang Super Kabuki-gi II yang diketuai oleh Ichikawa Ennosuke IV. Sang Leader ini selain memimpin dengan peran Luffy juga merangkap beberapa peran sekaligus seperti si sexy Hancock dan Sharks. Selain Ichikawa Ennosuke IV aktor grup yang turut berperan serta adalah Ichikawa Ukon sebagai Whitebeard, Ichikawa Shunen II sebagai Nami + Sandersonia, Ichikawa Kotaro sebagai Hatchan + Sentomaru, Ichikawa Juen sebagai Avalo Pizarro, Ichikawa Emisaburo sebagai Nyon, Ichikawa Enya II sebagai Jinbei + Blackbeard, Ichikawa Emiya II sebagai Nico Robin + Marigold, Ichikawa Omezou VI sebagai Magellan, Ichikawa Monnosuke VIII sebagai Tsuru, Bandou Minosuke II sebagai Zoro + Bentham + Squard, Nakamura Hayato sebagai Sanji + Inazuma, Seiji Fukushi sebagai Ace, Kazuki Asano sebagai Rayleigh + Ivankov + Sengoku, serta Noritoshi Kashima sebagai Brook + Akainu.

Dan butai ini rencananya akan mengadaptasi cerita One Piece dari volume 51 – 60 atau cerita Paramount War Saga. Oh iya, FYI, dalam butai ini jelas ya kenapa tidak ada aktor perempuan aslinya. Karena memang Kabuki merupakan drama tradisional jepang yang seluruh pemainnya merupakan laki-laki. Kebalikannya, jika seluruh aktornya perempuan disebut Takarazuka. Tambahan: Semua aktor kabuki biasanya memiliki nama panggung yang sama seperti diatas, hal tersebut karena memang kebanyakan aktor kabuki diwariskan turun temurun. Namun ada juga yang mendapat nama keluarga sama sebagai anugerah (anak angkat atau murid).

One Piece Kabuki (1)