Jepang lumayan terkenal dalam membuat sesuatu yang omoshiroi alias menarik. Bahkan web Akibanation punya kategori tersendiri untuk berbagai artikel yang seperti itu. Dan yang omoshiroi itu bisa juga berupa produk dari Jepang, seperti produk makanan yang terbuat dari bahan serangga sampai teh susu yang warnanya sebening air putih. Kali ini ada kabar produk Jepang yang omoshiroi lagi, bernama Omoshiroi Block, kertas memo kakkoi yang sedang booming.

omoshiroi block

Cocok ya artikel kategori omoshiroi ini mengenai produk dengan nama Omoshiroi Block, yang dibuat oleh perusahaan stationery bernama Triad inc. Tapi apa yang membuat kertas memo ini menjadi omoshiroi alias menarik? Ternyata dalam kertas memo ini ada keindahan yang tersembunyi, yang perlahan akan terlihat seiring semakin digunakan.

Awalnya kertas memo ini, sesuai namanya, berbentuk kotak block. Tapi yang omoshiroi adalah seiring kertas memonya diambil satupersatu helai demi helai, akan memperlihatkan kalau dalam kertas ini adalah miniatur diorama didalamnya. Dan yang mengejutkan, tak hanya itu lumayan detail, tapi juga karena itu terbuat full dari tumpukan kertas.

Contoh produk ini yang terkenal adalah Omoshiroi Block Kiyomizu-Dera, yang dijual dalam empat warna. Masing-masing merepresentasikan empat musim di Jepang. Dan yang lebih omoshiroi lagi, adalah carikan kertas memonya tak berbentuk kotak biasa loh. Bisa juga dibuat berdiri sendiri, dan beberapa helainya ada potongan berbentuk Geisha, satu budaya unik lagi dari Kyoto.

Memang Triad menjual berbagai Omoshiroi Block lain lagi. Ada yang dalamnya ada benda-benda seperti kamera model lama, piano, dan ada juga kereta lokomotif. Yang isinya lokasi lain juga ada, seperti yang isinya model Kastil Osaka.

Tapi yang Kiyomizu-Dera mungkin agak lebih spesial, karena sepertinya Omoshiroi Block itu yang memulai boomingnya produk tersebut. Karena Omoshiroi Block Kiyomizu-Dera ini awalnya di-tweet oleh user Twitter bernama Jyakkan4679. Memperlihatkan keindahan yang tersembunyi dan omoshiroi dari Omoshiroi Block.

Dan terlihat kalau banyak netizen yang jadi tertarik akan produk itu, dengan tweet tersebut mendapat 250.000 like dan re-tweet sampai 120.000 kali. Sekitar tiga hari setelah tweet tersebut, muncul kabar kalau produk itu yang dijual di cabang Osaka telah sold out! Yang dikabarkan sendiri oleh Triad melalui Instagram mereka.

View this post on Instagram

#omoshiroiblock#triad#kyoto#osaka#tokyuhands#shops Typo: Should be ‘Restock' instead of 'Resales' -感謝とお詫び- 弊社商品に興味を持ってくださっている方 Websiteを見に来てくださっている方 購入してくださった方 購入する為に足を運んで下さった方 購入したいと言って下さる方 メッセージを下さっている方 フォローしてくださっている方 いいねを下さる方 ステキな言葉を商品に下さる方 皆々様にまずはお礼申し上げます。 現在弊社商品OMOSHIROI BLOCKは 有難いことに多くの方に購入して頂き、 只今完売となっております。 現在、再販に向けて制作しております。 お待たせして申し訳ありませんが、 整いましたらアナウンスさせて頂きますので お待ち下さいませ。 また個別に迅速なお返事ができていないことも 重ねましてお詫び申し上げます。

A post shared by 株式会社トライアード_official (@triad_inc) on

Tak begitu jelas apa yang menyebabkan booming yang begitu besar akan produk itu. Mungkin bisa juga karena kesukaan warga Jepang akan miniatur seperti model plastik atau diorama kereta, mengingat makin larisnya hobi tersebut tahun 2017 lalu.

Yang jelas, kepopuleran produk itu terus lanjut, karena satu hari setelah toko cabang Osaka sold out, Triad mengabarkan kalau para pelanggan perlu menunggu waktunya restock sambil meminta maaf karena SEMUA produknya sold out. Saat ini sih belum ada kabar restock, tapi Triad mengabarkan kalau kepopuleran produk tersebut sampai membuat berita di Jepang melakukan interview perusahaan itu.

https://www.instagram.com/p/BeCE3lSA0jb/?taken-by=triad_inc