OMEGAVERSE, banyak yang mengira bahwa omegaverse merupakan istilah yang sering digunakan dalam strata dunia hewan Serigala, Bersama dengan Alpha, Beta, dan Omega. Padahal dalam dunia serigala belum jelas tentang makna ketiga kata diatas loh.  Istilah tersebut pertama kali dipopulerkan di Eropa melalui karya fiksi yang menceritakan seorang warewolf

Dalam dunia fiksi kata OMEGAVERSE merujuk pada istilah Mpreg, atau Male Pregnancy. Sesuai dengan istilahnya kata Mpreg merujuk pada cerita tentang seorang laki-laki  yang bisa mengandung. Dalam manga Yaoi istilah Mpreg sudah lebih dulu ada dengan cerita yang berbeda dari Omegaverse.

Omegaverse Yaoi

Hal ini biasanya dihubungkan dengan ilmu-ilmu supranatural atau fantasy, seperti  Jappa no Amane by Byaku Kotora dan Kudan no Kuroneko  by Mizukami Shin, yang menggunakan tema siluman dan dewa, atau Sex Pistol by Kotobuki Tarako yang menggunakan istilah madararui.

ome10

Terus bagaimana dengan Omegaverse ?? Yaoi manga bertema Omegaverse pada dassarnya memiliki inti cerita yang hampir sama dengan cerita cerita yaoi pada umumnya, yang membedakan adalah tingkatan sosial pada masyarakat dalam cerita yang terbagi menjadi 3 bagian.

  1. Alpha

Pada umumnya alpha seorang lelaki yang sangat memiliki tingkat kemanlyan yang tinggi. dalam strata sosial seorang alpha akan memiliki jabatan yang vital dalam bidangnya, diantaranya sebagai seorang direktur perusahaan, kepala pemerintahan d.l.l

  1. Beta

Beta merupakan jenis yang paling banyak ditemui dalam strata masyarakat. Mereka biasanya memiliki profesi yang pada umumnya dijumpai dalam masyarakat. Seperti dokter, salaryman dsb.

  1. Omega

Merupakan jenis yang paling sedikit dalam tingkat masyarakatnya. Jenis ini pada umumnya hanya berprofesi sebagai Ibu rumah tangga atau profesi yang berhubungan dengan pemerintahan.

Dalam cerita seorang omega selalu diceritakan sebagai makhluk terlemah karena mereka tidak bisa melewati masa heatnya seorang diri. Masa heat merupakan masa dimana para omega siap untuk dibuahi atau lebih tepatnya masa kawin diantara mereka.

Seorang omega akan selalu mengkonsumsi obat untuk meredakan masa heatnya jika ia masih belum memiliki alpha. Serta seorang omega dalam masa heat dilarang keras untuk bertemu dengan seorang alpha, karena alpha akan langsung menyerang omega yang sedang dalam masa heat didekatnya. Hal itu disebabkan oleh aroma atau pheromon yang dihasilkan oleh omega ketika sedang menjalani masa heat.

Baca Juga: Smooth Yaoi “Double Mints” Mengumumkan Project Film Live Action

Pada umumnya tingkata strata sosial ini akan terlihat ketika mereka dalam masa sekolah dasar. Disaat itulah mereka mulai tahu status mereka. Jika seorang keluarga mendapati seorang omega, maka keluarga akan semakin protektif kepada anggota keluarga tersebut.

Seorang alpha akan memberikan tanda pada omega yang akan mereka setubuhi, tanda tersebut berupa gigitan  di daerah tengkuk leher sang omega.

Setelah diberikannya tanda tersebut omega hanya akan merespon dan menginginkan tubuh sang alpha ketika tiba masa heat.

ome1-horz

Jika kamu tidak suka dengan tema mpreg dalam yaoi, tenang saja dalam tema omegaverse ini tidak disuguhkan gambar yang menunjukkan masa kehamilannya kok…

Sekian info tentang yaoi manga dengan tema omegaverse,  dan berikut adalah daftar yaoi manga dengan tema tersebut yang cocok untuk dijadikan bahan bacaan.

ome5-horz

  1. Abarenbou Honey by Tobidase Kevin
  2. Sayonara Koibito, Mata Kite Tomodachi by Yoha
  3. Romantic Joutou by Moriyo
  4. Kashikomarimashita Destiny by Sachimo
  5. Tadaima, Okaeri by Ichikawa Ichi
  6. Paradigm shift by Phii
  7. Boku no High Spec Kareshii-sama by Yotsuashi