Tahun 2019 ini memang menjadi tahun yang spesial dan meriah bagi seri Gundam, dengan dirayakannya anniversary ke-40 tahun seri tersebut sepanjang tahun ini bersama Hello Kitty. Tapi tahun depan nanti seri tersebut akan naik level menjadi lebih tinggi lagi dari langit, dan terbang sampai ke angkasa. Karena diumumkan kalau akan ada peluncuran Gunpla ke angkasa dalam event Olimpiade Tokyo 2020.

Yup, sungguh ide yang terdengar sekeren peluncuran mobil Tesla ke angkasa dan Jejepangan 😉 Dan projek tersebut baru diumumkan oleh Japan Aerospace Exploration Agency atau JAXA dimana mereka juga mengajak kerjasama Universitas Tokyo.

Ini adalah bagian dari One Team Project, yang dilaksanakan untuk meramaikan suasana event Olimpiade Tokyo 2020. Karena itu untuk projek peluncuran gunpla ini juga didukung oleh Komite Organisasi Olimpiade dan Paralympic Tokyo.

Lalu bagaimana caranya mereka meluncurkan robot gunpla tersebut? Dijelaskan kalau Universitas Tokyo yang akan mengembangkan alat kecil yang diberi nama G-SATELLITE, dimana gunpla yang diluncurkan dimasukan kesitu dan akan melepaskannya saat sudah masuk luar angkasa.

Satellite itu berukuran 10cm x 10cm x 30cm dengan model gunpla diletakkan pada bagian atas didalam “kokpit”nya dan dipasangkan tujuh kamera untuk bisa melihat cuplikan peluncurannya. Selain itu akan dipasangkan message board yang menampilkan pesan salam pada dibawah kaki gunpla dan bagian matanya akan menyala dalam lima warna Olimpiade.

Dan telah diberitahukan juga gunpla apa yang akan diletakkan disitu. Gunpla tersebut adalah Mobile Suit Gundam original RX-78, dan bersamanya adalah Mobile Suit Zaku-II custom merah milik Char Aznable! Dan yang keren lagi kedua gunpla ini dibuat dengan bahan dan cat spesial yang membuatnya bisa tahan lingkungan luar angkasa!

Mengenai kapan peluncurannya, telah dikatakan kalau G-Satellite itu akan diluncurkan dari Japanese Experimental Module (JEM) di Stasiun Angkasa Internasional diantara bulan Maret sampai April 2020 nanti, dan kemudian akan memberi transmisi berisikan pesan dukungan setelah meluncur sambil memutari Bumi.

G-Satellite tersebut akan tiba di JAXA sekitar musim gugur tahun ini, dan akan diadakan lagi konferensi pers yang memberikan lebih banyak info dan penjelasan perencanaannya pada bulan Desember nanti.