Keputusan yang sulit dari negara Jepang dimana mereka akan tetap melaksanakan event Olimpiade Tokyo yang seharusnya diadakan tahun lalu pada akhir bulan ini, mengingat masih maraknya masalah coronavirus bahkan di Jepang. Olimpiade itu sendiri juga dikabarkan mempengaruhi jadwal tayangan TV di Jepang, tak hanya pada acara tokusatsu Kamen Rider dan Super Sentai, tapi juga anime menurut kabar dari channel TV NHK.

Netizen Jepang menemukan pengumuman dari pihak anime Love Live dimana seri Love Live terbaru yang tayang pada musim ini, Love Live Superstar, tidak akan tayang pada tanggal 25 Juli, 1 Agustus, dan 29 Agustus, tapi dengan episode ketiganya akan tayang pada tanggal 8 Agustus.

Sesuatu yang membuat fans ada yang berkomentar sedih, kecewa, dan marah akan event Olimpiade tersebut, tapi juga mengatakan kalau terpaksa tak ada jalan lain karena memang channel TV NHK yang menayangkan anime tersebut.

Dan sayangnya ternyata ditemukan lagi kalau tak hanya Love Live yang kena efek. Karena Twitter channel NHK juga mengumumkan kalau ada sampai 8 seri anime lain yang penayangannya juga akan kena pengaruh Olimpiade Tokyo, dengan event tersebut diadakan dari 23 Juli sampai 8 Agustus, dan untuk bagian Paralympic dari 24 Agustus sampai 5 September.

Dikatakan kalau NHK berencana membatalkan penayangan episode anime-anime tersebut dalam periode waktu selama Olimpiade Tokyo itu. Channel TV tersebut meminta penonton untuk mengecek program guide untuk info tayang baru.

Anime channel NHK yang telah diumumkan kena efek tersebut adalah Washimo, Ojarumaru, Nintama Rantaro, Fushigi Dagashiya Zenintendo, Uchuu Nanchara Kotetsu-kun, Major 2nd, Oshiri Tantei, Motto Majime ni Fumajime Kaiketsu Zorori, dan Mairimashita Iruma-kun.

Dan sekalian catatan tambahan kalau anime Mairimashita Iruma-kun tersebut juga sedang menayangkan season barunya tak hanya di Jepang tapi juga secara simulcast tayang melalui channel Youtube Muse Asia untuk region Asia Tenggara termasuk Indonesia, jadi penayangan pada channel Youtube itu juga bisa kena efek Olimpiade, spesifiknya untuk tanggal 28 Agustus.