Jepang memang salah satu negara yang banyak menarik perhatian para wisatawan dari berbagai negara, termasuk wisatawan dari Indonesia. Mulai dari destinasi wisata, kebudayaan, fashion anak muda, anime. Sampai industri, teknologi. Serta masih banyak hal lainnya yang memang membuat Jepang selalu jadi pilihan yang tepat untuk dikunjungi.

Ketika berlibur ke Jepang, kalian tidak perlu galau dengan masalah biaya hidup yang mahal di sana. Terutama bagi akiba-chan dan akiba-kei yang hobi jajan. Pasalnya, banyak kuliner khas Jepang yang dijajakan dengan harga terjangkau. Dan yang pasti sudah akrab di lidah orang Indonesia. Di antaranya sushi dan ramen, yang pada umumnya dijual dengan harga berkisaran ¥200 untuk setiap porsinya. Mungkin itu bisa menjadi alternatif jajanan yang dapat pilih untuk menghemat pengeluaran. Karena masih banyak oleh-oleh khas Jepang yang sudah menunggu untuk dibawa pulang. ?

Nah, setelah puas mencicipi kuliner khas Negeri Bunga Sakura. Belum lengkap rasanya kalau tidak berburu beberapa oleh-oleh khas Jepang untuk dibawa pulang dan dibagikan ke saudara serta sahabat yang ada dirumah. Yuk simak beberapa list-nya dibawah ini. Cekidot.

Tokyo Banana

cap. tokyo banana

Pisang dari kota Tokyo? Bagaimana rasanya ya? Ett, tunggu dulu. Tokyo Banana bukanlah buah pisang yang dipanen di Tokyo, lho. Ini merupakan sebuah nama untuk cake lembut berisi krim yang diolah dari buang pisang. Rasanya yang lezat pasti akan membuat ketagihan. ? Nah, bagi yang masih belum puas setelah mencicipi sushi dan ramen? Mungkin dengan membeli beberapa cake Tokyo Banana bisa menjadi alternatif kuliner untuk dicoba.

Belakangan ini, cake Tokyo Banana selalu menjadi incaran para wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Jepang. Tentu saja karena rasanya yang lezat dan harganya yang lumayan terjangkau sehingga banyak diminati oleh para wisatawan. Harga kue ini tidak terlalu mahal, 4 buah cake Tokyo Banana dijual dengan harga ¥483 atau sekitar Rp 50.000.

Sumpit

cap. sumpit

Tak hanya di Jepang, sumpit juga digunakan di Cina dan Korea. Namun, di Jepang ada sebuah toko sumpit yang menawarkan sumpit dengan berbagai ukuran, bentuk, dan warna.
Oleh-oleh khas Jepang yang satu ini bisa didapatkan di toko bernama Hashi Mikura. Di toko ini, pembeli bisa memesan sumpit yang ditulis dengan nama, tanggal lahir, atau request tulisan lain sesuai keinginan. Lumayan unik juga ya? ?

Yukata

cap. yukata

Yukata adalah pakaian tradisional masyarakat di Jepang. Merupakan bentuk dari Kimono yang tidak formal. Dahulu, umumnya masyarakat Jepang menggunakan Yukata jika hendak mandi di pemandian umum. Namun, kini Yukata juga digunakan pada saat festival musim panas, misalnya saat pesta kembang api, festival, atau pada saat menari di perayaan obon.
Membawakan Yukata sebagai oleh-oleh khas Jepang untuk teman dan keluarga di rumah bisa jadi pilihan terbaik dan khas. Pasalnya, harga Yukata ini jauh lebih murah dibanding kimono formal sehingga bisa menghemat keuangan.

Geta Khas Jepang

cap. bakiak

Geta atau bakiak Jepang bisa menjadi piihan menarik lainnya untuk dijadikan sebagai oleh-oleh untuk keluarga. Sandal tradisional yang terbuat dari kayu ini dipakai bersamaan dengan yukata atau kimono. Jadi, kalian bisa membelikan bakiak ini untuk melengkapi yukata yang sudah dibungkus sebagai oleh-oleh khas Jepang.

Anime Stuff

cap. anime stuff

Kalian pasti setuju jika Jepang disebut sebagai surganya anime, bukan? Salah satunya yang terkenal adalah Death Note nih kesukaan mimin hehe. Nah, tentu saja sangat mudah menemukan barang-barang berbau anime disana. Seperti komik, kostum cosplay, dan masih banyak lagi. Bawakan oleh-oleh khas Jepang ini untuk sahabat atau keluarga yang menyukai anime. Pasti harga anime stuff di Jepang jauh lebih murah dibandingkan jika membelinya di sini. Carilah anime stuff di otaku shop. Beberapa rekomendasi mengenai otaku shop yang ada di Jepang, yakni Akiba Culture Zone di Chiyoda-ku, Liberty di Akihabara, Gojira-ya di Suginami-ku, dan Mandarake.

Edo Furin

cap. edo furin

Bagi yang gemar Anime atau Komik Jepang, tentu sudah mengenal benda yang satu ini. Edo Furin (Wind Bell / Glass Bell) adalah bola kaca kecil yang dijadikan sebagai hiasan rumah, biasanya digantung di depan jendela rumah penduduk Jepang. Jika tertiup angin, gantungan ini akan berbunyi seperti lonceng, suaranya yang lembut membuat suasana di dalam rumah kalian jadi terasa kental seperti di Jepang. Edo Furin bisa jadi salah satu alternatif oleh-oleh khas Jepang yang unik, lucu, dan yang wajib dipilih.

Gantungan Kunci atau Keychain dengan tema Jepang

cap. keychain

Jika tidak ingin menghabiskan banyak uang untuk membeli oleh-oleh yang mahal harganya. Maka Keychain merupakan salah satu cindera mata yang tepat. Pilih beberapa gantungan kunci bertema Jepang untuk dijadikan oleh-oleh, seperti motif pohon sakura, Kuil Meiji, gambar Geisha, berbentuk Gunung Fuji, hingga yang berbentuk tokoh Anime.

Maneki Neko

cap. maneki neko

“Kucing Keberuntungan” begitulah biasanya Maneki Neko disebut. Maneki Neko sering ditempatkan sebagai hiasan untuk toko atau tempat usaha kebanyakan masyarakat di Jepang. Menurut kepercayaan mereka, Maneki Neko dengan satu tangan teracung ke atas ini dipercaya dapat mendatangkan keberuntungan untuk toko atau tempat usahanya.
Wah, jika kalian ingin berbagi keberuntungan ke kerabat yang ada di tanah air, tidak ada salahnya membeli oleh-oleh khas Jepang yang satu ini. Meskipun di Indonesia juga banyak yang menjualnya, namun Maneki Neko asli Jepang tentu lebih unik dan menarik.

Daruma

oleh oleh

Seperti halnya Maneki Neko atau “Kucing Keberuntungan”. Daruma juga dipercaya dapat membawa keberuntungan, lho. Hanya saja yang membedakan dari kedua hiasan ini yaitu dari rupanya, Maneki Neko memiliki rupa yang lucu sedangkan Daruma ini memiliki tampilan yang sedikit garang. Biasanya, bentuk dari Daruma agak bulat lonjong dan didominasi dengan warna merah. Boneka Daruma juga tidak memiliki kaki serta tangan seperti halnya Maneki Neko. Boneka atau mainan khas Jepang ini sendiri terinspirasi dari salah satu tokoh Buddha bernama Bodhidharma.

Itulah beberapa alternatif oleh-oleh khas jepang yang mungkin bisa akiba-chan dan akiba-kei pilih. So, selamat liburan dan berbelanja. ?