Akiba-chan dan Akiba-kei ada yang familiar dengan OKAERI atau Vokasi Mei Matsuri? Yah, kalau belum tahu berarti pengalaman kalian melanglang buana di dunia jejepangan masih kurang 😀 Okaeri ini adalah sebuah festival kebudayaan Jepang yang diadakan setiap bulan Mei oleh progam studi diploma III Bahasa Jepang Universitas Gadjah Mada tahun ini berkesempatan hadir kembali untuk memanjakan para pecinta jejepangan khususnya yang berdomisili dekat dengan area Jawa Tengah. 

Sejak diselenggarakan tahun 2012, Okaeri sudah terkenal di kalangan komunitas pecinta budaya Jepang di Jogjakarta dan sekitarnya. Bahkan tidak sedikit komunitas Jejepangan dari luar Jogjakarta yang juga hadir dan berpartisipasi dalam acara ini lho. Jelas sangat ditunggu-tunggu oleh para pecinta budaya Jepang karena Okaeri menampilkan banyak kegiatan seru mulai dari yang jadul sampai yang modern.

Tidak hanya festival budaya saja yang ditampilkan namun terdapat juga lomba-lomba akademik yang mampu mengasah kemampuan berbahasa Jepang serta pengetahuan kejepangan. Dari tahun ke tahun acara dalam Okaeri semakin bervariasi sehingga semakin banyak pengunjung yang datang, baik yang hanya sekedar melihat-lihat hingga berpartisipasi dalam setiap acara. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya jumlah pengunjung setiap tahunnya hingga pada tahun 2015 mencapai lebih dari 2500 pengunjung tiap harinya. Wah cukup penuh sesak ternyata ya 😀

Poster Acara v3

Nah, Okaeri 2016 akan dilaksanakan pada tanggal 7 dan 8 Mei 2016 bertempat di SV UGM dengan tema yang akan dibawakan adalah  “Kodomo no Hi” atau  “Festival Hari Anak”. Tema ini akan menekankan bagaimana atmosfer meriahnya permainan-permainan khas anak-anak di jepang seperti shoudo, tangkap ikan, origami, boneka daruma dan masih banyak lagi. Menariknya, para pengunjung diperbolehkan ikut serta mencoba permainan tradisional tersebut lho bahkan akan ada beberapa yang dilombakan. Keren nih minna.

Pada hari sabtu akan dilaksanakan lomba akademik untuk siswa-siswi mulai dari SD sampai SMA. Selain itu buat yang nggak pengen ketinggalan acaradi hari minggu juga bisa ikutan lomba untuk umum seperti karaoke, cosplay competition, band, dan lomba makan ramen. Manteep. Bisa bikin perut kenyang sekaligus dapet hadiah. 😀

Kalian juga akan dimanjakan oleh penampilan penampilan guest star selama acara berlangsung plus bisa menikmati puncak HANABI!!. Yuk guys buat yang sabtu minggu kelabu mending dateng ke Okaeri. HTM nya ramah di kantong kok. Pre-sale Rp 17.000,00 bisa kalian dapatkan dengan mengunjungi ticket booth yang berada di Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada. atau OTS dengan harga Rp 20.000,00 saja. Gimana? Tertarik datang? kunjungi Official Website mereka ya untuk keterangan lebih lanjut.

Poster Cosplay & Karaoke(1)