Lintas bahasa emang selalu menarik untuk dibahas. Satu kalimat bahasa kita bisa diartikan ke dalam berbagai bahasa lain dengan cara berbeda-beda. Sama seperti kalimat yang mewakili keterkejutan seluruh orang di dunia berikut. OH MY GOD! merupakan ungkapan keterkejutan yang awalnya berasal dari bahasa Inggris. Kalau diserap ke dalam bahasa Indonesia bisa diwakili dengan “Ya Tuhan!” atau “Astaga!” dan sebagainya. Lalu, bagaimana bila dipraktekkan dengan bahasa Jepang? Yuk simak artikel berikut ini.

oh my god hoozuki

Kalimat Oh My God yang penulis artikan dalam bahasa Indonesia diatas merupakan ucapan berdasarkan arti secara literal. Bahkan hampir di negara belahan bumi manapun bakal diucapkan sama juga. Tapi lain kasus kalo di jepang (atau mungkin beberapa negara sia lainnya 😀 ). Pernah kalian mendengar “Aaa, watashi no kamisama”? jawabannya… nggak ada.

Bakal asing banget bagi native jepang sendiri. Terus kalau orang jepang mau bilang Oh My God bakal keluar kalimat yang kayak gimana ya? 😀 Ini dia penuturan para netizen jepang dalam cuitan twitternya:

Maji ka?!

Sebenarnya kata ini tidak mewakili arti literal dari kalimat Oh My God. Tapi sebagian orang jepang cukup setuju karena mungkin perasaan yang terkandung di dalamnya nggak jauh beda. Cuman ya itu. Penggunaanya lebih seperti kata slang. Salah suasana bakal salah juga artinya. Hehe

Nante Koto Da, Nande ya nen

Dua kata ini juga bisa sih digunakan untuk mewakili perasaan yang sama dengan Oh My God. Daaan… perlu hati-hati, nggak semua situasi bisa masuk. Rasanya dua kata ini lebih cocok untuk melukiskan Oh My God karena sesuatu yang buruk.

Yabai

Khusus kata ini punya makna banyak. Salah satu slang populer di kalangan anak muda. Contohnya bisa kalian baca pada artikel slang di link ini. Tapi secara umum kata ini bisa mewakili Oh My God dalam berbagai situasi.

Ara Ma

Versi Oh My God yang biasa digunakan oleh para kaum hawa. Karena lebih terdengar kalem dan cute.

Wah ternyata banyak juga ya. Kalau penulis pribadi sih lebih suka niruin gaya ngomong di anime yang biasanya pakai teriak “Oh Mai Gaaaah!” atau “Ooomaigaaawd” dengan muka konyol. 😀 Kalian punya versi lain? coba tanyain ke nihonjin di sekitar kalian. Hehe

Comments

Loading...