Tak jarang bagi fans untuk berusaha berkarya dari seri favorit mereka. Seri animanga terlihat lumayan mendorong hal itu melalui event Comic Market dimana fans dapat saling jual beli doujinshi atau projek fanmade berdasarkan berbagai seri animanga. Dan hal serupa terjadi baru-baru ini spesifik untuk seri One Piece, dengan sang mangaka, Oda Eiichiro, mengumumkan kalau untuk waktu terbatas ia izinkan fans jual LiNE Sticker One Piece buatan mereka sendiri.

Oda memberikan pengumuman tersebut melalui Twitter official animanga One Piece dengan judul yang mengajak pembaca untuk membuat LiNE Stamp/sticker One Piece bersama-sama. Pada tweet itu Oda memberikan pesan penjelasan dengan tulisan tangan darinya.

Jadi Oda menjelaskan kalau para fanartist dapat dengan bebas untuk tak hanya membuat LiNE Sticker bertema karakter animanga One Piece dengan bebas, tapi mereka juga dapat menjualnya dan diperbolehkan meraup keuntungan dari penjualan stiker tersebut. Dan hal ini akan berjalan dalam waktu yang agak lama, yaitu berlaku selama satu tahun.

Oda dengan semangat mengajak para fans untuk melakukannya sambil mengatakan kalau biasanya hal semacam itu tidak diperbolehkan dikarenakan melanggar undang-undang hak cipta. Ia juga memberi “contoh” dengan memperlihatkan beberapa gambar stiker One Piece buatannya sendiri, yang dikatakan ia gambar dengan tangan kirinya.

Oda juga mengatakan kalau sebelum pengumuman ini ia memberitahukan rencananya pada beberapa teman mangaka lain dan mereka juga bersemangat, membuatnya menantikan sticker buatan mereka. Tapi tentu, ia juga menantikan karya buatan para fans.

Tapi tentu meskipun fans dikatakan dapat bebas menggambar dan berkarya dan juga boleh mendapatkan keuntungan selama setahun, tak seluruhnya benar-benar sebebas-bebasnya, dengan ada syarat dan ketentuannya juga.

Diantaranya adalah itu harus karya buatan sendiri, jadi tak boleh membajak karya fanartist lain dengan tracing. Selain itu gambar sticker tersebut juga tak boleh sesuatu yang tidak senonoh Dan terakhir adalah gambarnya perlu dibuat dalam set sebanyak 8 atau 12 atau 24 atau 40 stiker.