Wabah virus corona di Jepang membawakan dampak dan efek yang buruk ada industri animanga, yang menghambat produksi banyak seri. Animanga One Piece adalah salah satu yang juga terkena pengaruhnya, dan baru-baru ini Oda Eiichiro sensei sang mangaka seri One Piece memberikan penjelasan akan situasi yang dihadapinya dan maha karyanya tersebut dalam wabah COVID19 ini melalui Twitter miliknya.

Melalui tweet, Oda sensei memberikan penjelasannya melalui surat tulisan tangan dalam bahasa Jepang, dan sasuga dengan seri manga yang begitu mendunia, pesannya itu juga telah ditranslasi menjadi bahasa Inggris dan bahasa Prancis.

Dan untuk semakin mendorong kesadaran untuk menjaga kebersihan tangan pada saat ini, pesan itu juga ada gambar Luffy yang ditampol oleh kakeknya Garp agar rajin cuci tangan 😀 Tapi kembali ke topik utama, mari kita cek isi pesan yang ditulis Oda sensei.

Oda mengatakan kalau ia masih menggambar setiap hari seperti biasa, tapi karena sistem kerjanya masih analog, kerjanya tetap tak bisa sendiri dan perlu berkumpul. Oleh karena itu mereka membatasi staff sampai batas minimum, dan Oda sendiri jadi harus tinggal sejauh mungkin dari kontaminasi sebisanya.

Karena hal itu, kemajuan cerita originalnya dan projek lainnya jadi melambat dan membuat rasa frustasi. Tapi Oda memohon agar dimengerti kalau ini bukan berarti manga itu jadi break karena ia tak sehat, melainkan ia dan staff menstruktur ulang organisasinya agar tetap bisa bekerja sambil menjaga kesehatan.

Oda juga membicarakan anime One Piece, yang sebelumnya telah dikabarkan kalau bulan ini penayangannya kena delay karena produksinya juga terganggu karena wabah coroanvirus. Oda menjelaskan walau penayangannya terhambat tapi balik layar persiapan tetap sedang berjalan agar anime itu tetap dapat lanjut meskipun dalam situasi saat ini.

Dan sebagai penutup, adalah pengumuman kalau untuk region Jepang, seri manga One Piece volume 1-61 resmi gratis dibaca di JUMP plus. Oda mengatakan manga memang tak dapat memenuhi kebutuhan pokok kehidupan, tapi ia mau membantu mereka yang mencari kesegaran melalui momen konyol kisahnya itu, dan ia berharap agar semuanya sehat secara fisik dan batin.