Ochazuke? Enak! Tapi Kalau Ditawarin Jadi Bahaya!!

Ochazuke
Ochazuke

Di Indonesia lagi musim hujan, di Jepang lagi musim dingin dan turun salju. Makan dan minum yang hangat-hangat enak kali ya.. Akiba-chan dan Akiba-kei pernah minum teh hijau? Teh hijau yang banyak sekali manfaatnya buat kesehatan itu di Indonesia sudah bisa ditemui dimana-mana ya.. Tapi tau nggak kalau orang Jepang menikmati teh hijau nggak hanya dibuat minuman aja? tapi mereka menikmatinya dicampur dengan nasi dan bahan lainnya. Nah kali ini yang mau dibahas adalah Ochazuke. 

お茶漬け
お茶漬け

Nah, seperti gambar diatas, Ochazuke ialah makanan Jepang sederhana yang terdiri dari nasi, taburan lauk yang disiram dengan teh hijau panas. Walaupun ochazuke dari kata Ocha = teh, namun tidak sedikit juga yang menyiramnya dengan kaldu/dashi.

ochazuke
ochazuke

Ochazuke ini sudah ada sejak jaman Heian, dimana pada jaman Heian sudah ada yuzuke = nasi disiram dengan air panas. Namun dengan seiringnya waktu, air diganti menjadi teh hijau atau kaldu. Jaman dahulu orang-orang Jepang memasak lauk dan taburannya sendiri, tapi sekarang di jaman globalisasi Akiba-chan dan Akiba-kei sudah bisa menimati dengan mudah, karena ochazuke instan dijual supermarket atau kombini.

ochazuke instan
ochazuke instan
ochazuke bentou
ochazuke bentou

Di Kyoto Ochazuke disebut dengan Bubuzuke. Konon jika orang Kyoto menawarkan bubuzuke kepada tamu, itu artinya mereka berpikir sang tamu terlalu lama untuk tinggal dan mengingankan sang tamu untuk pergi segera. Yahh usiran secara halus gitu dehh.. Solusinya, kalau ditawarkan, tolak dengan halus lalu cepet-cepet capcus ya Akiba-chan dan Akiba-kei. hehe. Wahh tapi kalau nggak tau budaya ini bahaya tuh, sebaliknya bisa-bisa si tamu malah merasa nyaman dan berpikir tinggal lebih lama ya.. 😀

Topping yang diinginkan sebagai bahan taburan lauk juga ada bermacam-macam. Macam-macam Ochazuke.

1. Sake-chazuke – 鮭茶漬け

sakechazuke
sakechazuke

Sake disini bukan berarti minuman berakohol loh ya.. yang dimaksud sake adalah ikan salmon. Ikan salmonnya yang akan digunakan untuk chazuke haruslah sudah dimasak dan diberi garam.

2. Ume-chazuke 梅茶漬け

umechazuke
umechazuke

Ume-chazuke yaitu ochazuke dengan topping umeboshi atau yang kita kenal buah plum.

3. Tarako-chazuke たらこ茶漬け

tarakochazuke
tarakochazuke

Tarako merupakan telur ikan tara (sejenis ikan laut pasifik) yang sering ditemukan di Hokkaido. Tarako juga biasanya diolah untuk digunakan sebagai tsukemono (acar atau asinan).

4. Tai-chazuke 鯛茶漬け

taichazuke
taichazuke

Ochazuke dengan topping ikan kakap yang biasa dibuat sashimi.

Cara membuatnya :

Lihat video ini :


– Bahan utama :
1. Nasi
2. Teh hijau atau Kaldu
3. Sake-chazuke/Tai-chazuke/Tarako-chazuke/Ume-chazuke.

Bahan tambahan :
1. Nori
2. Daun Bawang
3. Wasabi
4. Kakimochi (kraker beras)

Perusahaan yang menmproduksi ochazuke instan adalah perusahaan Nagatanien. Nih iklannya~
Sake-chazuke~

ohya, Nagatanien juga mengembangkan ochazuke dengan air dingin lho.. Jadi kalian bisa menikmati ochazuke di musim panas dengan nikmat. Enak kayaknya~ ^^