Jepang memang suka memiliki perayaan seru di internet. Seperti sebelumnya, saat mereka merayakan Bikini Day. Dari fanartist hingga gravure idol, aktif membagikan post gambar/foto sexy mereka. Sekarang hari itu sudah lewat.. tapi tak perlu sedih! Karena sekarang ada perayaan baru lagi, dan kali ini tak hanya satu, tapi ada DUA perayaan seru dihari yang sama. Kali ini, Twitter Jepang rayakan Pantsu Day & Bunny Day!!

pantsu day

Tapi kita jelaskan dulu asalnya. Berbeda dengan Bikini Day yang memiliki asal sejarah dari luar Jepang, kedua hari tersebut berasal dari budaya Jepang. Walau di barat Hari Paskah kadang disebut hari kelinci, tapi tak ada hubungan dengan Bunny Day yang di Jepang. Spesifiknya, kedua hari itu berasal dari permainan kata Goroawase dalam Bahasa Jepang.

Goroawase adalah permainan kata dengan memakai angka. Contohnya kata Yoroshiku yang kadang ditulis jadi angka 4649. Yang berasal dari Bahasa Jepang angka tersebut, Yon Roku Shi Kyuu. Orang Jepang kadang memakai Goroawase ini untuk mengingat tanggal, atau memakainya sebagai candaan/trivia, atauu membuat hari raya unik seperti ini.

Tanggal untuk hari Bunny dan Pantsu day ini adalah 2 Agustus, atau tanggal 2 bulan 8. Angka 8 umumnya disebut Hachi, dan itu membuat Kana untuk Ha, Ba, Pa diasosiasikan dengan angka 8. Sedangkan angka 2, selain kata Ni, bisa juga diasosiasikan dengan Tsu, karena itu adalah cara orang Jepang menyebut kata inggris Two.

Dan karena system penanggalan Jepang yang berbentuk Tahun-Bulan-Tanggal, jadi urutan bulan dan tanggal terbalik. 8-2 bisa dijadikan Pa(n)Tsu dan juga BaNi- dan karena itulah, bulan 8 tanggal 2 bisa menjadi hari untuk merayakan celana dalam dan kelinci 😀

Tapi kita balik ke topic utama. Seperti Bikini Day, para fanartist atau model, bahkan bisa juga Seiyuu dan lain-lain lagi, membagikan gambar-gambar di sosmed untuk merayakan hari tersebut. Gambar yang dipost bisa dari kocak hingga imut sampai aneh. Tapi tentu, hari seperti ini dipakai untuk bagi gambar-gambar yang “seru” 😉

Kita mulai dari Bunny no Hi dulu sebagai pemanasan. Selain gambar kelinci atau sesuatu yang berhubungan dengan hewan itu, gambar yang umum dipost untuk hari itu adalah fanart atau foto cosplay bertema Playboy Bunny Suit. Wajar, karena memang majalah Playboy juga dijual di Jepang. Sampai mereka ada buka restoran special disitu loh.

Sudah lumayan hangatkah mina-san? Baguss, karena sekarang kita berpindah ke Pantsu no Hi alias pantsu day. Selain celana dalam yang terlihat dari bawah rok, terkadang bisa juga gambarnya berupa orang yang memegang celana dalam, atau foto celana dalam itu sendiri saja. bahkan Twitter official juga bisa ikutan, seperti Twitter anime Gabriel Dropout.

Dan uniknya, Pantsu no Hi ini lebih.. unisex. Alias tak hanya wanita, tapi gambar karakter pria juga lumayan banyak. Seperti gambar “hangat” Yuri on Ice official yang dikeluarkan bulan lalu kembali disirkulasikan lagi untuk hari special ini.

Terkadang ada juga yang tahu akan kedua hari ini terjadi ditanggal yang sama. Dan membuat post 2 in 1 yang merayakan Pantsu Bunny bersamaan.

Betewe entah benar atau tidak, Pantsu Day dikatakan juga bisa seperti Valentine. Dimana wanita akan memberikan pantsu mereka kepada pria yang mereka sukai. Seiyuu ganteng nan koplak Eguchi Takuya, mengaku kalau ia baru tahu kalau hari tersebut ada.

Kalau mina-san mau cari lebih banyak lagi, bisa dicari dengan hashtag #パンツの日 untuk celana dalam, dan #バニーの日 untuk kelinci 😉 selamat berburu 😀

Comments