Happy Halloween! Hari terakhir bulan ke-sepuluh di setiap tahun. Selalu identik dengan kegelapan dan suasana mencekam. Apalagi tanpa gadged dan tanpa internet. Hidup pasti makin mencekam. Hahaha. Nah, karena hari ini spesial, apa yang akan kita bahasa dalam hari mencekam ini? Sesuatu yang mencekam juga pastinya. Demi membawa udara segar untuk Akiba-chan dan Akiba-kei yang udah mabok drama percintaan atau drama yaoi #ups, kita akan membahas hal yang lebih menarik. Ada yang suka baca atau nonton serial horror? Kalau cuma sekedar tahu serial yang sedang booming macam Kiseijuu atau Litchi Hikari Kurabu berarti kalian harus menyimak baik-baik Mangaka Horror Terbaikย versi Akibanation beserta karya mereka yang bakal jadi bahan bacaan bagus sepanjang hari dibawah ini. Ya tapi mimin nggak tanggung jawab juga kalau kalian ketakutan, mual atau trauma habis baca nya entar. Atau tambah ketagihan dan mencari-cari sampe titik darah penghabisan? Hahaha. Apapun resikonya, pecinta horror harus mengenal sang master mangaka berikut.

(WARNING: beberapa konten ilustasi mengandung unsur yang kebangetan seperti darah, cabikan-cabikan, makhluk asing, benda menjijikan dan tanpa diselingi kesan moe atau ikemen. Jadi bagi yang nggak kuat tapi penasaran mohon siapkan tisu/kresek atau minta tolong bacakan teman atau skip saja bagian rekomendasi manganya ๐Ÿ˜€ )

JUNJI ITO

Hyaa! Siapa pula yang nggak tau mangaka yang satu ini. Ngaku suka horror? Belum sah status maniak kalian kalau belum mengenal Junji Ito. Kalau kita mencoba searching secara acak di google sekalipun hanya menggunakan kata horror jepang, deretan teratas jawaban mesin mencari otomatis serba ada tersebut akan otomasis menampilkan namanya. Bisa dibilang dia adalah salah satu master horror nya jepang. Karyanya bahkan bisa dibilang lebih populeran ketimbang pendahulunya, Umezu, mangaka yang menjadi inspirasinya untuk mengciptakan karya legendaris dalam dunia kegelapan. Ya meskipun tetep ada beberapa judul yang kalah abadi sih ๐Ÿ˜€ Junji Ito lahir pada 31 Juli 1963 di Nakatsugawa, prefektur Gifu, Jepang. Pada masa awal karirnya sebelum terjun menjadi mangaka, ia bekerja sebagai teknisi alat-alat kedokteran sambil terus mengasah kemampuan menggambar. Hmm… apa karna itu pula ide horror nya makin tebel ya ๐Ÿ˜€ singkat cerita, sejak karya berjudul โ€œTomieโ€ memenangkan penghargaan bergengsi, Junji Ito semakin melejit dikalangan penggemar horror (kalau mau tau lebih detail perjalanan hidupnya bisa lihat ulasan Vencent-Kun disini). Hampir seluruh karyanya sangat menantang untuk dibaca, namun ada beberapa judul yang mimin sarankan untuk kalian koleksi dan sayang banget kalo dilewatin gitu aja. Judul tersebut diantaranya:

Tomie

Tomie

Gyo

Gyo

Uzumaki

Uzumaki

Yami no Koe Series

yamino

Mimi no Kaidan

mimino

 

UMEZU KAZUO

Namanya mungkin asing bagi penikmat animanga jaman sekarang. Tapi jangan salah, dia adalah author horror legendaris dan telah banyak menorehkan karya-karya yang bikin nggak bisa tidur semalaman. Umezu Kazuo uga merupakan pendahulu sekaligus mangaka yang istilah gampangnya jadi panutan bagi maestro horror Junji Ito diatas. Umze lahir pada tanggal 3 Agustus tujuh puluh sembilan tahun silam di Kouya, prefektur Wakayama, Jepang. Selain berprofesi sebagai mangaka, saat ini ia juga merangkap peran sebagai author, aktor sekaligus musisi. Kehidupan karirnya sudah terlihat cemerlang sejak jaman masih bersekolah. Umezu menerbitkan manga pertamanya pada saat ia masih duduk di bangku SMA. Setelah pindah ke kota Tokyo pada tahun 1962 ia mulai memperjelas style manga horrornya menaji style yang khas dan tak dapat ditiru orang lain dengan mudah. Salah satu karyanya berjudul The Drifting Classroom berhasil menyabet piala penghargaan Shogakukan Manga Award ke-20. Sejak saat itu pula karirnya mulai meroket dengan cepat. Lalu mengapa kakek horror ini diposisi kedua? Yah, meskipun terbilang lebih dahulu โ€˜terbangโ€™ sebagai managka. Karya yang dihasilkan tidak semelejit karya-karya Junji Ito yang begitu cepat naik daun dan dikenal mayoritas pecinta genre horror. Itu saja (mimin pribadi lebih suka karya Ito yang jijiknya ngena banget sampe ga doyan makan) ๐Ÿ˜€ Beberapa judul yang layak untuk laian baca dari Umezu adalah sebagai berikut:

The Drifting Classroom

classroom

Orochi: Blood

orochi

Kami no Hidarite Akuma no Migite

kamino

Fasting

fasting

Hebi Shoujo

Hebi-onna

 

USAMARU FURUYA

Masih ingat kan sama berita tentang film horror yang menceritakan pembunuhan dengan dalang sebuah klub aneh di sekolah? Yak, itu merupakan film adaptasi dari salah satu karya Furuya. Mangaka yang satu ini lahir pada 25 Januari 1968 di Tokyo, Jepang. Berbeda dengan kedua dua mangaka terdahulu diatas, Furuya bisa dibilang tipe โ€˜anak baik-baik yang tersesatโ€™ karena lulus dari perguruan tinggi di bidang yang hubungannya nggak jauh-jauh dengan manga, yakni jurusan seni lukis minyak โ€“ Tama Art University. Ia jatuh ke lingkaran horror karena kehidupan jaman SMA nya yang sangat hobi menggeluti seni mengambar dan tergabung dalam Osamu Tezuka Manga Correspondence. Gaya menggambarnya yang abstrak dan kelam sudah terlihat sejak jaman itu sehingga pada saat lulus kuliah ia memutuskan untuk serius menjadi mangaka dan mencapai karir yang memuaskan. ย Beberapa karya Furuya yang wajib kalian baca diantaranya adalah sebagai berikut:

Jisatsu Circle

jisatsu

Litchi Hikari Kurabu

litchi

Plastic Girl

plastic

Short-cut

cut

 

Nah, Akiba-chan dan Akiba-kei, selain melampirkan ketiga mangaka horror terbaik di atas, mimin juga akan meng-update stok bacaan horror kalian supaya nggak kehabisan akal disaat bosan. Beberapa manga di bawah ini adalah hasil mimin menyelam selama bertahun-tahun dalam pencarian manga horror tergreget #cyeilah ๐Ÿ˜€ Ada berbagai macam judul dari berbagai mangaka yang bakal pusing banget kalo harus mengingat perjalanan hidup mereka satu-satu. Maka dari itu mimin cuma merangkum karya terbaik mereka untuk direkomendasikan kepada Akiba-chan dan Akiba-kei sekalian. Ini dia, silahkan di cermati dan silahkan di cari manganya sampe ketemu. Terus siapin temen tidur dan ember buat muntah, tak lupa minyak kayu putih dan beberapa cemilan ๐Ÿ˜€ Kalau perlu, lebih baik sih, mimin sarankan beli bundle manga aslinya lewat media resmi ya, biarpun suka baca gratisan mendukung mangaka dengan membeli karya asli mereka adalah tindakan yang sangat terpuji. Duh, mimin kebanyakn ngomong nih, yuk capcus liat listnya ๐Ÿ˜€

1) Nakayama Masaaki โ€“ Kouishou Radio
2) Nakayama Masaaki โ€“ Fuan No Tane
3) Nagoku Banana โ€“ Hiki
4) Honda Shingo โ€“ Hakaijuu
5) Ooiwa Kenji โ€“ Goth
6) Hideshi Hino โ€“ Panorama of Hell
7) Iwaaki Hitoshi โ€“ Kiseijuu
8) Motegi Sayaka โ€“ Pupa
9) Ogatsu Kazuo โ€“ Fat
10) Kago Shintaro โ€“ Kijin Gahou
11) Mochizuki Minetaro โ€“ Zashiki Onna
12) Kakizaki Masasumi โ€“ Hedout
13) Yamato Hideo โ€“ Homunculus
14) Hideshi Hino โ€“ Dokumushi Kozou
15) Mochizuki Minetaro โ€“ Dragon Head

Ada yang kelewatan? Sudah pernah baca? Atau ada yang ingin ditambahkan boleh deh komen dibawah kolom ya, nanti mimin tambahin deh biar lebih seru. Ngetiknya panas dingin habis baca. Hahaha. Yang udah pernah baca juga boleh share pengalaman kalian juga. Alangkah senangnya mimin bisa ada temen muntah ketakutan dan ngobrol bareng ๐Ÿ˜€

  • Aidan

    Ilustrasi manga yg dibuat oleh Kazu Inabe dgn judul Fortress of apocalypse alias Apocalypse no toride karya Yu Kuraishi ini juga lumayan bikin gak doyan makan. Manga ini worth-recommending ke temen2 yg lagi kepengen baca manga bergenre horror dan action yang ada zombie2annya. Manganya sendiri udah bisa dibeli di gramedia udah sampe vol. 8.

  • Aidan

    Fortress of Apocalypse / Apocalypse no Toride
    Story: Yu Kuraishi
    Illustration: Kazu Inabe

    Manganya udah ada di gramedia sampe vol. 8 :v