3D CG anime Film DQ Your Story sudah mendapatkan masalah bahkan sebelum perilisannya, dengan film itu dikritik fans karena tak adanya elemen Toriyama Akira dalam desainnya dan karena cast film itu didominasi selebriti live-action. Dan bahkan setelah film itu dirilis terlihat masalah baru muncul. Karena novelis game DQ V menuntut produser film itu karena memakai karakternya dalam kisah Your Story tanpa ijin.

Film Dragon Quest YOUR STORY adalah film dari game Dragon Quest, dan film 3D CG pertama bagi seri game klasik tersebut. Film itu ditangani pembuatannya oleh beberapa staff yang terlibat dalam CG film Doraemon Stand By Me. Diantaranya Yamazaki Takashi yang menulis naskahnya, dan dengan Hanafusa Makoto dan Yagi Ryuuichi yang menyutradainya.

Film itu mengadaptasikan game Dragon Quest V dan dirilis di bioskop Jepang pada tanggal 2 Agustus 2019 kemarin. Akan tetapi bicara soal DQ V seperti yang dikatakan diawal, Kimi Saori sang novelist dari game DQ V original ada masalah dengan film tersebut.

Dikabarkan kalau Kumi menuntut komite produksi film tersebut dan mereka yang terhubung. Dan masalahnya adalah film tersebut memakai nama Ryuka sebagai protagonisnya, yang merupakan nama protagonis novel DQ V buatan Kumi, tanpa ijin darinya. Sedikit catatan, dalam game originalnya sang protagonis tak ada nama default, dengan player yang memberinya nama.

Dan masalahnya lagi adalah meski memakai nama itu, film tersebut bukan adaptasi novel DQ V Kumi, yang jadi membingungkan kenalan sang novelist, dan tindakan itu termasuk melanggar hukum Unjustifiable Premiums and Misleading Representations di Jepang.

Kumi juga percaya kalau insiden ini bukanlah kesalahpahaman atau miskom, tapi memang komite produksi film itu sengaja memakai nama buatannya tanpa ijin dan tak menghiraukannya sebagai creator untuk menarik penonton. Kumi juga mengatakan kalau tindakan ini bertentangan dengan ideal Dewan Strategi Promosi Cool Japan dan Markas Strategi IP.

Sang author juga lanjut melontarkan kritik kepada developer game DQ Square Enix dan distributor TOHO yang terlibat dalam produksi film itu, dan Yamazaki sang sutradara film Your Story yang dituduh terlibat dengan penggunaan karakternya tanpa ijin.