Kemarin-kemarin anime Evangelion membantu inisiatif Stay At Home dan sekaligus mempromosikan film Evangelion terakhir mereka dengan membuat 3 film Evangelion sebelumnya bisa ditonton gratis di Youtube. Dan kini, ada hal yang mirip juga dilakukan oleh anime klasik lain, yaitu anime SailorMoon, yang kini mulai secara resmi merilis puluhan episode versi klasik anime tersebut untuk bisa ditonton gratis di Youtube.

Sailor Moon berasal dari manga shojo buatan Takeuchi Naoko yang dibuat olehnya dari tahun 1991 dan selesai pada tahun 1997. Mengisahkan petualangan gadis remaja bernama Tsukino Usagi yang bersama teman-temannya diberikan kekuatan Sailor Senshi untuk melawan kekuatan jahat yang membawa bahaya di sekitarnya.

Manga tersebut juga telah diadaptasikan menjadi anime oleh studio Toei Animation, yang tayang dari tahun 1992 sampai 1997, dan juga telah ditayangkan di berbagai negara diluar Jepang, dari Amerika Serikat bahkan sampai Indonesia.

Rasanya tak ada yang tak tahu nama seri tersebut, yang terkenal mempopulerkan genre Mahou Shojo dan juga salah satu animanga shojo terpopuler sepanjang masa dengan ketenaran hampir di seluruh dunia dan dikenang hangat sampai sekarang.

Dan kini fans dari generasi 90-an dapat bernostalgila mengenang anime tersebut, karena diumumkan kalau dari tanggal 24 April sampai 23 Juni, akan dirilis seratusan episode anime Sailor Moon untuk ditonton gratis di Youtube. Episode tersebut mencakup 46 episode anime Sailor Moon pertama, 43 episode Sailor Moon season R, dan 38 episode Sailor Moon season S.

Perilisan tersebut dilakukan untuk mempromosikan movie duologi Sailor Moon Eternal yang kisahnya mengadaptasikan Dead Moon arc yang bersetting setelah kisah Sailor Moon S. Dan untuk semakin memanaskan fans, bersamaan dengan perilisan 10 episode pertama Sailor Moon klasik, dirilis juga teaser trailer baru movie Sailor Moon Eternal.

Momen yang pas sekali mengingat masa darurat virus corona dan karantina diri saat ini, membuat banyak orang yang berpotensi menontonnya, mengingat kalau 3 film Evangelion Youtube saja dapat 1 juat view dalam sehari. Walau sayangnya mirip dengan film Evangelion, anime SailorMoon ini dirilis tanpa sub.