Bila ditilik ke belakang, tentunya kita sudah menonton banyak seri anime ya. Ingat saat Minggu pagi kita nonton Doraemon atau Pokemon atau Digimon? Ada anime jadul yang kita tonton dari saat kita kecil, dan melekat hangat dihati. Menciptakan rasa nostalgia saat melihatnya lagi. Tentu tak cuma Indonesia, Jepang sebagai negara Anime juga merasakannya. Dan ada anime jadul yang di-remake untuk menyegarkan rasa nostalgia para fans. Tapi tak semua anime mendapatkan kesempatan tersebut. Tapi fans masih dapat berangan-angan, dan karena itu dibuatlah list Top 10 Seri Anime Reboot yang diinginkan oleh para Fans Jepang.

List Top 10 ini dibuat oleh website ANIMEANIME. Website yang sebelumnya juga membuat polling untuk Top 10 Opening dan Top 10 Ending Anime. Mereka melihat trend reboot dan remake yang banyak terjadi belakangan ini. Baik itu untuk seri atau movie Hollywood macam Power Ranger atau Magnificent Seven, dan juga movie dan anime Jepang macam Shin Godzilla atau Hunter X Hunter. Maka dibuatlah list Top 10 ini.

Anime jadul yang termasuk dalam list ini adalah anime dari era Showa, yaitu yang dirilis antara tahun 1962 sampai 1989. Jadi mungkin Akiba-kei dan Akiba-chan generasi 90an keatas tidak tahu atau tidak menontonnya. Website ANIMEANIME memakai Twitter untuk membuat list yang terdiri dari 20 anime, yang kemudian divoting sampai akhirnya tersisa 10. Voting dilakukan dari tanggal 13 sampai 18 September. Dan 10 anime tersebut adalah;

10&9. Soukou Kihei Votoms & Space Cobra

Dua seri yang imbang dengan jumlah voting yang sama adalah Votoms dan Cobra. Space Cobra adalah anime jadul bertema sci-fi adventure adaptasi manga berjudul Cobra, yang diterbitkan oleh Shonen JUMP pada tahun 1978. Animenya tayang tahun 1982-1983 dan memiliki satu movie, dan kemudian diremake dalam bentuk 4 OVA pada tahun 2008.

Votoms adalah anime perang mecha buatan Sunrise yang tayang tahun 1983-1984, tapi masih berlanjut melalui beragam game dan OVA yang menceritakan berbagai prequel, sequel, dan spin-off. Dengan OVA yang terbaru dirilis tahun 2011.

  1. Gunbuster

Gunbuster atau judul Jepangnya, Top wo Nerae! adalah 6 episode OVA buatan studio Gainax yang dirilis tahun 1988. Anime ini juga menjadi seri debut Anno Hideaki sebagai sutradara, dan bisa dibilang sebagai pendahulu dari seri Evangelion, walaupun Gunbuster lebih optimis. Juga memiliki sequel berjudul Diebuster atau Top wo Nerae 2 yang dirilis tahun 2004, yang dibuat sebagai perayaan 20 tahun umur Studio Gainax.

  1. Aoki Ryuusei SPT Layzner

Satu lagi seri anime mecha buatan Sunrise, adalah Blue Comet SPT Layzner. Anime yang tayang pada tahun 1985-1986, dan juga memiliki 3 OVA yang dirilis diakhir tahun 1986.

  1. Captain Tsubasa

Kalau judul yang ini sih sulit tak diketahui bagi otaku Indonesia, apalagi bagi fans sepakbola. Siapa disini yang masih ingat lagunya? Lari Lari La~rii untuk versi klasik dan Dragon Screamer! Untuk versi 2000an 😉 Captain Tsubasa memang takkan mati ya. Bahkan manganya ternyata masih lanjut sampai sekarang! Selama masih ada bola sepak, akan ada yang ingat tendangan salto Tsubasa dan tendangan macan Hyuuga 😀

  1. Sherlock Hound

Seri anime bergenre detektif, yang sesuai dengan judul dan protagonisnya. Sherlock Hound adalah anime yang mengadaptasikan seri novel detektif terkenal Sherlock Holmes. Walaupun diberikan sentuhan komedi, dengan setting dan desain yang lebih family friendly. Dianimasikan oleh studio TMS dari tahun 1984-1985, dan bagian awalnya disutradai oleh Miyazaki Hayao. Btw seri ini bisa ditonton dengan english dub di channel Youtube studio TMS.

  1. Dragon Ball

Seperti Captain Tsubasa, seri yang ini tidak perlu penjelasan banyak lagi ya 😀 Walaupun memang Dragon Ball Super sedang tayang, tetap ada fans yang ingin seri Dragon Ball pertama , yang tayang tahun 1986, dibuat ulang lagi dengan tehnik animasi jaman sekarang. Bagaimana hasilnya ya kira-kira kalau benar begitu? mungkin dikehidupan yang kedua akan menjadi lebih indah 😀

  1. AKIRA

Anime movie ini mungkin tidak terlalu diketahui atau ditonton otaku Indonesia. Tapi movie ini adalah salah satu anime klasik sepanjang masa, apalagi di Amerika. Dengan kualitas animasi dan detail yang masih oke walau dibandingkan anime jaman sekarang. Berawal dari manga karya Otomo Katsuhiro yang kemudian juga menjadi sutradara movienya, yang dianimasikan oleh studio TMS, dan dirilis tahun 1988. Seri ini juga menjadi salah satu penyebab media Anime menjadi populer di barat, dengan genre cyberpunk sci-fi, dan kualitas tinggi dari desain dan kualitasnya.

  1. Choujikuu Yousai Macross

Giri~Giri~Ai~ hehehe 😉 Walaupun Macross Delta sedang tayang, dan cosplay para karakter idolnya bertebaran di berbagai event, dan lagunya mungkin sedang banyak dinyanyikan di booth karakoke dimana-mana, Anime ini adalah awal mulanya. Dengan seri Macross pertama yang tayang tahun 1982-1983. Bahkan karakter Anime Idol yang banyak bermunculan saat ini, pertama kali dibuat oleh seri ini, dengan karakter Lynn Minmay. Kira-kira kalau direboot saat ini jadi gimana ya? Memang sih ada versi remastered, tapi itu tak bisa dibilang reboot.

  1. Galaxy Express 999

Dan pada posisi nomor satu adalah Galaxy Express 999. Bisa dibilang juga menempati posisi sebagai anime dengan umur yang tertua dalam list ini dan juga dengan jumlah episode yang terbanyak. Galaxy Express 999 diadaptasi dari manga karya Matsumoto Leiji yang dimulai tahun 1977. Animenya tayang dari tahun 1978-1981 dengan total episode berjumlah 113. Selain itu juga disertai 2 movie dan 2 seri OVA.

Gimana Akiba-kei dan Akiba-chan, apakah meresa ternostalgia saat melihat seri dalam list ini? Mungkin tak banyak yang tahu ya. Maklum karena dari era Showa, mungkin justru baru lahir atau belum bahkan ya hehehe.