Nostalgia bareng The Yellow Monkey di Perfect Performer

Perfect Performer dan The Yellow Monkey, mungkin beberapa akiba-kun dan akiba-chan agak asing, atau malah sangat melekat bayangan masa-masa jayanya game console Sony PS1. Yup, disini akan membahas soal game dan band yang mungkin untuk beberapa pecinta jepang merupakan salah satu pemicu ketertarikannya pada musik Jepang dan akhirnya menjadi pecinta Pop Culture-nya.
Oke untuk awalnya mari kta bahas tentang Bandnya terlebih dahulu, The Yellow Monkey. Band ini adalah salah satu band yang sangat berpengaruh bagi perkembangan pop music Jepang. Lalu bagaimana Kabarnya sekarang? Apakah ada perkembangan terbaru dari band ini? Mari kita simak.

Dalam produktivitasnya saja band ini sudah merilis ratusan lagu. Hits-hits seperti “Nagekunari Waga Yoru no Fantasy”, “Nettaiya”, “My Winding Road” hingga yang cukup terkenal juga dan menjadi soundtrack anime Rurouni Kenshin/Samurai-X adalah Hits mereka “Tactics”. Album mereka juga sering bertengger di papan atas chart Oricon. Salah satu contohnya ialah Album Four Seasons yang berada di peringkat 1 di Oricon pada sekitar akhir ’95. Lalu kenapa ya band ini tidak setenar Band-band jepang yang kita tahu sekarang seperti Contohnya L’arc En Ciel? Yang sebenarnya dari segi usia mereka bisa dibilang sama. Salah satu penyebabnya bisa jadi merupakan perpecahan mereka di tahun 2004 saat para personil sibuk dengan solo projectnya masing-masing. Padahal saat itu Dunia musik jepang sudah mulai menunjukkan perkembangan ke dunia, terutama Pop Culturenya. Bisa dibilang mereka keburu bubar sebelum Musik jepang terkenal di seluruh dunia seperti sekarang. Masa Jaya mereka juga tertutup dengan perkembangan musik barat yang gencar di tahun 90an.

Well, tapi menurut saya justru itulah uniknya Yemon ini. Mereka lah yang membuka mata saya terhadap Musik Jepang (uets). Haha, seperti yang saya bilang diatas para Akiba mungkin juga ada yang pernah mengalami bagaimana serunya musik The Yellow Monkey di game Perfect Performer. Game ini adalah game untuk console Sony PS1, mungkin bagi beberapa orang game ini konyol, tapi juga memiliki keseruan tersendiri. Jauh sebelum Game Guitar Hero muncul dan terkenal game ini sudah membawa suasana dan sensasi memainkan sebuah lagu dengan menggunakan Joystick. Dan yang lebih seru, kita tak hanya bisa memainkan instrumen gitar, kita bahkan bisa berperan menjadi seluruh anggota band.

Ini Bentuk Cover game nya
Ini Bentuk Cover game nya

 

Ayo dipilih, mau jadi apa?
Ayo dipilih, mau jadi apa?

 

Para personil dalam game dengan Stage-name mereka
Para personil dalam game dengan Stage-name mereka

Nama dari personil bisa kita ganti, jadi kita bisa seperti berperan dalam game ini. Contohnya JOHN diatas, Stage-name sang gitaris merupakan EMMA.

Salah satu fitur “keren” dalam game ini ialah jika kita bisa melakukan Combo, menekan setiap tombol secara perfect dan beruntun maka karakter yang kita gunakan akan di zoom dan akan terdengar suara riuh teriakan penonton yay,,

wooo
wooo
Ini yang versi asli
Ini yang versi asli

 

Ini tampilannya sang gitaris Hideaki Kikuchi yang dalam game disebut EMMA.  merupakan motor dari The Yellow Monkey, Gitaris Utama yang lahir pada 7 Desember 1964 di Tokyo.

 

Lovin <3

Lovin <3

lovinBernama asli Yoshii Kazuya, sebelum menjadi vokalis sempat mengisi posisi bass juga. Lahir diTokyo, 8 Oktober 1966. Saat ber solo karir dia juga cukup sukses dengan nama Lovinson.

 

 

 

 

 

Sang Drummer
Sang Drummer
Wah, yang ini udah potong rambut
Wah, yang ini udah potong rambut

 

Eiji Kikuchi, yang juga Adik dari sang Gitaris, dengan ciri khasnya, selalu Topless diatas panggung, juga diabadikan bertelanjang dada di Gamenya.

 

 

 

 

 

Bassis HESSEY
Bassis HESSEY

 

Yang terakhir ini Sang bassis, yang paling Tua, dan sepertinya paling jarang digunakan di game karena termasuk gampang juga saat dimainkan. Nama lengkapnya ialah Yoichi Hirose. Lahir di Tokyo, 19 April 1963.

Yah itulah game yang cukup menarik dengan band yang sebenarnya juga sangat mengagumkan. Mungkin saat ini dikarenakan console PS1 sudah sangat jarang dan ketinggalan zaman game yang satu ini jadi sangat sulit ditemukan. Tapi di beberapa situs ada yang menyediakan game ini meskipun dalam bentuk file dan hanya bisa dimainkan di emulator PS yang ada di PC. Tapi dengan itu kita juga bisa mengobati rasa kangen kita dengan console PS1, Game Perfect Performer, dan juga Band The Yellow Monkey. Oh ada info lagi, biar tetep fresh ada berita terbaru sebenarnya dari  Yemon. Dan berita ini sebenarnya cukup menunjukan seberapa besar mereka sebenarnya. Ada sebuah film dokumenter yang dirilis di seluruh Teater di Jepang tentang salah satu Tur Mereka yang berlangsung 113 hari. Film ini berjudul Pandora: The Yellow Monkey Punch Drunkard Tour The Movie (パンドラ ザ・イエロー・モンキー PUNCH DRUNKARD TOUR THE MOVIE)

Keren kan? band ini juga pernah dibuatkan Album Tribut To, yang diisi oleh artis seperti MUCC, Fujifabric, Kevra, dan masih banyak lagi.

The Yellow Monkey
The Yellow Monkey

The+Yellow+Monkey+tym+011

 

Source: THE YELLOW MONKEY Official