Content provided by Keepo. Dari seluruh console game jadul yang pernah kita mainkan, gak bisa dipungkiri kalau dua console pertama milik Sony PlayStation: PS1/PSX dan PS2 lah yang paling berkesan dan ngangenin hingga detik ini. Yup. Kedua console ini, terlebih game PS 2, tidak hanya memiliki tampilan grafis 3D yang sangat gokil di zamannya, layaknya seperti pendahulunya (PS 1). PS2 juga memiliki kumpulan judul games yang sangat keren nan melegenda.

Dan tentunya seperti kita tahu, terdapat ratusan atau bahkan ribuan judul game PS 2 yang telah sukses menghibur kita selama selama 13 tahun lamanya (2000-2013). Akan tetapi dari sekian banyak game-game yang ada tersebut, hanya 20 game keren inilah yang gue jamin bakalan bikin kamu bener-bener kangen lagi untuk mainin console dengan penjualan terbaik sepanjang sejarah ini. Dan berikut adalah ke-20 game ps 2 keren yang dimaksud tersebut.

Baca Juga:

20 – Burnout 3: Takedown (2004)

game ps 2

Sumber: Burnout Wiki

Sama seperti dua game sebelumnya: Burnout (2001) dan Burnout 2: Point of Impact (2002), game Burnout ketiga ini, lagi-lagi menampilkan gameplay tabrak-tabrakan hingga ancur.

Tapi berbeda dengan dua seri sebelumnya, bisa dibilang seri yang ketiga ini jauh lebih banyak menampilkan fitur-fitur gokil seperti fiturTakedown yang merupakan fitur untuk menabrak mobil lawan hingga benar-benar ancur.

Dan yang lebih kerennya lagi, game ini juga menampilkan dampak moneter. Maksudnya, apabila kita menabrak lawan kita di tengah jalanan yang lagi banyak mobil juga, dan aksi kita tersebut menyebabkan lalu lintas di sekitar benar-benar terganggu, maka nantinya game ini akan menampilkan total biaya kerusakan yang bakalan kita tanggung.

Nah sekali lagi, fitur-fitur keren inilah yang pada akhirnya tidak hanya membuat Burnout 3: Takedown sebagai seri terbaik di franchise-nya, namun juga membuat kita betah untuk berlama-lama menabrak-nabrakkan mobil sampe lupa waktu.

19 – Mortal Kombat: Armageddon (2006)

Mortal Kombat: Armageddon (2006)

Sumber: doyo.cn

To be fair, seluruh game PS 2 itu keren-keren (yap termasuk Shaolin Monks). Dan Armageddon bisa dibilang menjadi pelengkap yang indah dari seluruh seri MK di PS2 tersebut. Selain memiliki storyline yang menjadi pondasi untuk reboot franchise ini melalui Mortal Kombat (2011), game ini juga menampilkan lumayan banyak karakter keren yang bisa dipilih.

Oh ya jangan lupa juga dengan “CTR” versi game ini, “Motor Kombat” yang menjadi menu mini tambahan mengasyikan dari game ini.

18 – Tekken 5 (2005)

Tekken 5 (2005)

Sumber: gameinformer

Tekken 5 dirilis di tahun 2004. Namun Tekken 5 baru dirilis untuk PS2 pada tahun 2005.Terlepas seri sebelumnya, Tekken 4 (2002), memiliki plot yang keren, namun tetap saja secara overall, Tekken 5 jauh lebih baik dari Tekken 4. Pasalnya, selain menampilkan jauh lebih banyak karakter, seri “Tinju Besi” kelima ini, juga menampilkan berbagai fitur-fitur asyik lainnya. Gak heran, Tekken 5 kerap dianggap sebagai game Tekken terbaik di PS2.

17 – Kingdom Hearts (2002)

Kingdom Hearts (2002)                                                                                                        Sumber: Nerdist

Game Kingdom Hearts buatan Square Enix ini mempertemukan sosok karakter Disney dengan tokoh seri Final Fantasy. Siapa yang gak langsung kepincut dengan premis seperti itu terlepas, dirinya fans Disney atau bukan? Rasa kepincut tersebut semakin bertambah lagi ketika game ini sukses membuktikan bahwa Kingdom Hearts memanglah bukan sekedar game yang “jual nama” karakter-karakter ikonik Disney saja.

Dengan kata lain, Kingdom Hearts, memanglah merupakan game RPG yang benar-benar keren dan asyik banget  seperti halnya Final Fantasy atau game-game RPG keren lainnya kala itu.

16 – Star Wars: Battlefront II (2005)

Star Wars: Battlefront II (2005)

Sumber: Polygon

Jauh sebelum dipegang oleh Electronic Arts (EA) dan dicemooh habis-habisan oleh sebagian besar gamer dan fans, franchise Star Wars: Battlefront dipegang (baca: develop) oleh Pandemic Studios dan begitu digandrungi oleh gamer  dan fans.

Dan salah satu alasan mengapa seri ini begitu disukai adalah kedua game ini memanglah keren dan asyik banget untuk dimainin. Apalagi seri keduanya ini. Pokoknya ketika mainin Battlefront II, kerasa banget kita seperti salah satu tentara Storm Trooper atau salah satu tentara Rebel Alliance keren yang sedang beraksi di medan perang. Pokoknya, Lebih seru dan lebih intens banget dari pendahulunya, Star Wars: Battlefront (2004).

15 – Tom Clancy’s Splinter Cell: Double Agent (2006)

Tom Clancy's Splinter Cell: Double Agent (2006)

Sumber: CheatCC

Sama seperti poin yang gue sampein di pembahasan franchise Mortal Kombat, sepertinya tidak ada sama sekali seri Splinter Cell yang mendapat predikat “buruk” yang dirilis di PlayStation 2. Alias, seluruh game  Splinter Cell emang keren-keren banget!

Namun pada akhirnya, tetap game Splinter Cell: Double Agent lah yang paling the best. Tidak hanya dari segi cerita, hal lain yang membuat game ini beda dan keren dibanding seri-seri sebelumnya adalah fitur yang  memungkinkan kita untuk dapat memutuskan satu dari antara dua pilihan.

Tidak ada salah, tidak ada benar, tidak ada yang benar-benar baik, dan tidak ada yang benar-benar jahat. Yang ada hanyalah Grey Area. Dan fitur quick decision inilah yang sekali lagi membuat Double Agent menjadi satu-satunya game Splinter Cell PS2 terkeren nan ngangeni untuk dimainkan lagi, lagi dan lagi.

14 – Onimusha 3: Demon Siege (2004)

Onimusha 3: Demon Siege (2004)                                                                                                   Sumber: YouTube

Sama hal-nya seperti franchise hit milik Capcom lainnya: Resident Evil dan Devil May Cry, seri Onimusha jugalah sangat nge-hit. Premis pertarungan antara samurai dengan pasukan iblis (demon army), nyatanya sangat begitu disukai oleh seluruh gamer di dunia ini. Dan terlepas dua seri pertamanya, namun gak bisa dipungkiri kalau seri ketiganya, Onimusha 3: Demon Siege lah, yang benar-benar membuat gamer ketagihan dan lupa waktu.

Hal ini dikarenakan, selain gameplay-nya yang mengasyikan, konsep time traveling bertukar tempat sukses membuat gamer seperti menyaksikan sebuah film sci-fi Hollywood. Selain itu, dipilihnya aktor top Perancis, Jean Reno (The Pink Panther) sebagai based model karakter Jacques Blanc jugalah yang menambah kesan Hollywood game ini.

13 – Devil May Cry (2001)

Devil May Cry (2001)

Sumber: Cultured Vultures

Berterima kasihlah terhadap sutradara Hideki Kamiya dan berterima kasihlah terhadap franchise Resident Evil, khususnya Resident Evil 4. Pasalnya, kalau bukan karena kedua faktor ini, dijamin Devil May Cry tidak akan pernah eksis sama sekali.

Seperti kita tahu, game pertama DMC ini awalnya merupakan konsep awal RE4. Namun dikarenakan menurut sang empu, Shinji Mikami, merasa bahwa konsep tampilan dan gameplay-nya lumayan jauh beda feel-nya dengan franchise RE, alhasil game ini diproduksi sebagai sebuah game baru.

Dan sekali lagi, kita harus bersyukur banget dengan hal tersebut. Karena kalau tidak, dipastikan kita tidak akan pernah melihat gaya santai tapi keren Dante ketika membunuh monster-monster jelek itu.

12 – Def Jam: Fight For NY (2004)

Def Jam: Fight For NY (2004)

Sumber: The Arcade

Sekuel Def Jam: Vendetta (2003) ini tidak dipungkiri, jauh lebih keren dan jauh lebih gila dibanding pendahulunya tersebut.

Selain menampilkan lebih banyak nama-nama rapper legendaris seperti: Snoop Dogg, Ice-T, XZibit, Ludacris, Busta Rhymes dan bahkan, Sean Paul, game ini juga menampilkan beberapa fighting style (tidak hanya wrestling saja) serta memungkinkan kita untuk menggunakan audiens dan atribut-atribut yang ada di sekitar environment tempat berantem kita.

11 – Shadow of the Colossus (2005)

Shadow of the Colossus (2005)

Sumber: Chris-Yap

Sepertinya gue gak harus panjang lebar lagi untuk jelasin kenapa game action-adventure milik Team ICO ini kerap dianggap sebagai salah satu game terbaik di PS2. Gameplay-nya unik, storyline yang terlihat seperti menyaksikan mash-up antara The Lord of the Rings dan Game of Thrones, hingga tampilan grafis-nya yang minimalis nan indah, dan juga soundtrack yang sangat mendukung, tak heran apabila para gamer pengin memainkan ulang game Shadow of the Colossus.

Untungnya, bagi kita-kita yang emang kangen banget dengan game ini, bulan Februari 2018 lalu, game ini di-remake ulang dengan tampilan HD di Playstaion 4.

10 – Silent Hill 2 (2001)

Silent Hill 2 (2001)

Sumber: PressQuit

Merupakan tugas yang maha berat bagi sebuah sekuel (baik film maupun game) untuk dapat mengungguli seri pertamanya yang notabene sukses besar. Akan tetapi nyatanya, Silent Hill 2 yang merupakan sekuel dari salah satu game horor terseram sepanjang masa, Silent Hill (1999) ini, sukses melampaui pendahulunya tersebut.

Tidak hanya (of course) memiliki tampilan grafis yang jauh lebih gokil nan creepy abis, game Silent Hill pertama di PS 2 ini memiliki storyline yang jauh lebih bikin merinding disko bahkan, sampe bikin gak bisa tidur. Ayo ngaku aja deh guys. Pastinya kalian gak pernah berani bukan untuk mainin game ini sendirian alias harus ditemenin atau seenggaknya harus main dalam keadaan lampu menyala. Tapi ya itu tadi. Terlepas bikin kita paranoid banget, nyatanya kita kangen banget untuk ditakut-takutin lagi sama si Pyramid Head dan kawan-kawan bukan?

9 – Gran Turismo 4 (2004)

Gran Turismo 4 (2004)

Sumber: Team VVV
Terlepas Gran Turismo 3: A-Spec (2001) juga gak kalah keren, tapi tetep aja memang gak bisa dipungkirin kalau game keempatnya inilah yang lebih keren. Tidak hanya menampilkan jauh lebih banyak arena dan tentunya mobil-mobil mewah berkecapatan tinggi, secara keseluruhan GT4 benar-benar menyajikan konsep real driving experience yang asyik banget.

Oh ya experience asyik tersebut semakin terasa dengan ditampilkannya juga berbagai menu baru seperti menu driving missions dan photo mode yang memungkinkan kita untuk memfoto tampilan mobil keren milik kita dengan fitur kamera virtual yang disediakan.

8 – Bully (2006)

Bully (2006)

Sumber: GamesPlanet

Rockstar Games dibilang gak pernah “capek” untuk menciptakan game-game yang sangat kontroversial tapi, di saat yang sama, juga sangat asyik untuk kita mainkan. Dan Bully adalah game yang sangat tepat untuk mendukung pernyataan tersebut. Ya kapan lagi coba guys kamu bisa merasakan menjadi murid super bengal di sekolahan ?

Mulai dari nempelin kertas bertuliskan “Kick Me” di punggung murid yang gak ada dosa hingga merusak properti sekolah, pokoknya emang asyik banget deh game ini. Tapi INGAT YA ! cukup nge-bully di game ini aja. Jangan sampe kebawa-bawa di real-life juga, okey!

7 – Hitman: Blood Money (2006)

Hitman: Blood Money (2006)

Sumber: Wccftech
Gue jamin. Mungkin banyak dari kamu yang tadinya nggak berapa demen dengan franchise game Hitman, tiba-tiba nih, mendadak jadi demen banget setelah mainin Blood Money ini.
Hitman: Blood Money bisa dibilang tidak hanya game Hitman terbaik di PS 2, namun juga sepanjang sejarah franchise game milik IO Interactive ini.

Mau mulai dari mana? Tampilan grafik yang jauh lebih keren? YEP. Gameplay yang terasa lebih realistik? YEP. Storyline semi non-kronologis yang terasa personal banget? TRIPLE YEP. Dan walau, Hitman: Absolution (2012) terlihat jauh lebih advanced, tetap saja sekali lagi, tidak ada yang bisa mengalahkan keasyikan  Blood Money hingga kapan un.

6 – Guitar Hero II (2006)

Guitar Hero II (2006)

Sumber: Amazon

Ketika Guitar Hero dirilis di tahun 2005, tak disangkal game ini langsung bikin kita serasa seperti rockstar. Pokoknya mau mainnya pake joystick PS2 atau Guitar Controller, game buatan Harmonix ini, emang gokil banget.

Tapi tetep aja, sekuelnya, Guitar Hero II (2006) yang jauh lebih nendang. Dan salah satu alasannya tentunya adalah deretan daftar lagunya yang keren-keren mampus. Mulai dari War Pigs-nya Black Sabbath, Sweet Child O’ Mine-nya Guns N’ Roses, hingga Free Bird milik Lynyrd Skynyrd, sukses bikin kita nge-rock sekenceng-kencengnya di dalam kamar.

5 – Grand Theft Auto: Vice City (2003)

Grand Theft Auto: Vice City (2003)

Sumber: Rock, Paper, Shotgun

Sebenernya kalau kita pikir, hampir semua game GTA, keren-keren. Tapi Vice City sukses menampilkan setting 80an yang sukses bikin nostalgia abis. Dan gameplay-nya pun juga enak banget. Pokoknya Vice City bisa dibilang merupakan game yang WAJIB dimiliki oleh seluruh gamer kala itu terlepas, fans GTA atau bukan. Bisa dibilang, seri inilah yang melambungkan franchise Grand Theft Auto.

4 – Grand Theft Auto: San Andreas (2004)

Grand Theft Auto: San Andreas (2004)

Sumber: Lifewire

Vice City emang keren. Tapi GTA San Andreas, nyatanya kerap dianggap jauh lebih gokil oleh sebagian besar gamer.  Dan gak heran sih. Karena bisa dibilang, seri GTA ini memang jauh terlihat lebih realistis. Mulai dari perang antar geng kulit hitam, berbagai fitur untuk mengembangkan karakter seperti menambah masa otot karakter kita dengan nge-gym, ataupun model rambut, rasanya tidak ada lagi argumen yang bisa menyangkal fakta ke-realistisan ini. Apalagi map-nya 3x lipat lebih luas daripada Vice City.

3 – WWE Smackdown: Here Comes The Pain (2003)

WWE Smackdown: Here Comes The Pain (2003)

Sumber: Wired Button

Mungkin beberapa dari kamu masih menganggap WWF No Mercy (2000) yang dirilis di console Nintendo 64, adalah game gulat WWE terbaik sepanjang masa. Well, sah-sah saja. Namun bagi gue dan sebagian besar fans di luar sana, game WWF / WWE Smackdown kelima inilah yang merupakan game WWE terbaik terbaik sepanjang masa.

Alasannya, selain tampilan grafis 3D-nya yang sangat gokil (bahkan masih terlihat relevan banget hingga detik ini), Here Comes The Pain menampilkan mode season yang sangat mengasyikan.

Spesifiknya, tidak hanya kita bisa merasakan mendapatkan jadwal tanding layaknya seperti jadwal tanding pegulat WWE di dunia nyata, namun kita juga bisa ngajak ribut pegulat lain, membentuk aliansi/tag team, bisa pindah brand program (RAW atau Smackdown) dan tentunya, bisa me-request untuk diberikan program perebutan gelar yang kita inginkan. Memang, beberapa fitur ini sudah diperkenalkan di game sebelumnya, WWE Smackdown !: Shut Your Mouth (2002). Tapi, semua fitur ini makin disempurnakan / dimantapkan di Here Comes The Pain.

2 – Metal Gear Solid 3: Snake Eater (2004)

Metal Gear Solid 3: Snake Eater (2004)

Sumber: IBTimes UK

Metal Gear Solid 2: Sons of Liberty (2001), emang keren dan futuristik banget. Tapi tetep aja secara gameplay, Snake Eater jauh lebih natural dan mengasyikan.
Di game ini, kita memainkan Naked Snake AKA “Big Boss” di tengah-tengah hutan belantara Uni Soviet untuk menjalankan misinya menyelamatkan ilmuwan roket asal Rusia, Nikolai Stepanovich Sokolov.

Nah, dikarenakan kamu berada di tengah-tengah hutan, alhasil seluruh kegiatan sehari-harinya seperti makan, minum dan bahkan menyembuhkan luka/cedera yang didapatkan, dilakukan secara alami seperti:  Makan ular dan menggunakan benda-benda di sekitar hutan sebagai obatnya.

Berdasarkan fitur survival keren yang ditampilkan ini plus juga, storyline-nya yang kompleks banget, gak heran sekali lagi kalau Snake Eater , kerap dianggap lebih oke dibandingkan pendahulunya.

1 – Resident Evil 4 (2005)

Resident Evil 4 (2005)

Sumber: GamesPlanet

Apakah ada keraguan kalau bagian keempat dari seri game PS 2 zombie ngetop ini yang memang pantas menempati posisi puncak daftar ini ? Yap gak heran apabila Resident Evil 4 kerap dianggap sebagai salah satu game RE terbaik dan bahkan kerap dianggap sebagai salah satu game terbaik sepanjang masa. Pasalnya game ini sukses me-revolusi genre game action shooting secara keseluruhan.

Spesifiknya, RE4 sukses memperkenalkan pergantian (switching) dari posisi third-person ke posisi semi first-person ketika sedang beraksi (mulai menembak). Dan metode yang sangat revolusioner ini sukses dijadikan pakem standar baru oleh game-game sejenis lainnya hingga detik ini. Dan gue yakin banget bagi kamu-kamu baik yang fans RE maupun bukan, kamu sekarang pastinya sangat kangen untuk mainin RE4 lagi di  PS 2 kalian.

Nah, itulah tadi sekiranya ke-20 game PS 2 yang sukses bikin kita kangen banget untuk mainin console keren ini. Bagaimana nih, apakah kalian setuju dengan ke-20 game yang ada ini? Atau kamu punya list sendiri untuk game PS 2 terbaik kamu?

Comments