Koran Asahi Shimbun mengumumkan sepuluh nominasi yang akan meraih penghargaan tahunan Osamu Tezuka yang ke-22 tahun 2018 ini. Bagi kalian yang belum tahu siapa itu Osamu Tezuka, beliau adalah mangaka dengan karya yang masih popular sampai saat ini, yaitu Astroboy. Nah Akiba-chan dan Akiba-kei yang penasaran dengan nominasinya, yuk kita lihat di bawah ini!

Baca Juga: 10 Anime Terbaru 2018 Paling Ditunggu Penonton

1 – Arpeggio of Blue Steel

Karya     : Ark Performance
Publiser  : Shonengahosha
Sinopsis :

Tujuh belas tahun setelah invincible Fleet of Fog muncul dan mematikan kekuatan dunia dengan menguasai laut, diciptakan senjata yang dapat melukai mereka yang sekarang dalam tahap akhir Chihaya Gunzo adalah kapten dari kapal selam I-401, ditemani dengan avatar kapal selam beranam Iona, membelot dari Fleet of Fog, mereka harus memberitahu rencana mereka dari jepang ke Amerika, di mana rencana itu akan dilaksanakan dan umat manusia akan mengambi alih lautan.

2 – “Utsunuke” Utsu Tunnel o Nuketa Hito-tachi

Karya     : Keiichi Tanaka
Publiser  : Kadokawa
Sinopsis :

Manga non fiksi di mana Keiichi Tanaka menceritakan pertarungannya melawan rasa depresi (yang disebut sebagai “utsu tunnel” atau terowongan depresi) dan cara mengatasinya., lalu ada wawancara dengan orang yang sedang mengidap depresi.

3 – Kuuki no Sanmyaku ni Te

Karya     : Gou Tanabe, H.P. Lovecraft
Publiser  : Kadokawa
Sinopsis :

Adaptasi dari cerita horor fiksi ilmiah karya H.P. Lovecraft. Dr. William Dyer merupakan bagian dari ekspedisi Antartika di mana terletak artifak yang aneh dan kota tua yang bahkan lebih tua dari bintang, saat ekspedisi mulai berbahaya, ternyata mereka membangkatkan keberadaan kuno itu.

4 – Golden Kamuy

Karya     : Satoru Noda
Publiser  : Shueisha
Sinopsis :

Tentara yang terkenal akan kehebatannya dalam perang antara Rusia dan Jepang kini menuju ke Hokkaido mencari emas karena alasan tertentu. Dalam pencarian harta karun yang disembunyikan oleh orang Ainu, dia menemui banyak kriminal dan rintangan alam yang berat. Dan di sana  dia bertemu dengan gadis Ainu yang menyelamatkan hidupnya.

5 – Sanju Mariko

Karya     : Yuki Ozawa
Publiser  : Kodansha
Sinopsis :

Manga ini menceritakan seorang novelis veteran Mariko Kouda, dia tinggal denga anak dan cucunya dalam satu rumah. Saat dia merasa tidak punya tempat lagi dalam rumah itu, dia memutuskan untuk keluar sendiri dan memulai hidup di kafe manga yang berada di kota.

6 – Sensei no Shiroi Uso

Karya     : Akane Torikai
Publiser  : Kodansha
Sinopsis :

Misuzu Aihara adalah seorang guru SMA berumur 24 tahun. Empat tahun yang lalu ia menahan rasa trauma akibat Hayafuji, mantan pacarnya yang sekarang menjadi kekasih sahabatnya Minako. Dia masih belum bisa melupakan kejadian itu, tapi dia masih tidak meneceritakannya pada Minako demi pertunangan mereka, dan juga karena dia mengerti sebagai seorang perempuan, meski dia harus terus mendapat rasa sakit dalam jiwanya.

7 – Sore de mo Machi wa Mawatteiru

Karya     : Masazaku Ishiguro
Publiser  : Shonengahosha
Sinopsis :

Manga komedi dengan ceritqa berpusat di pantai, kedai maid teh yang agak aneh di pusat perbelanjaan di perumahan Tokyo. Hotori Arashiyama bekerja di pantai dan bermimpi ingin menjadi detektif anak SMA. Dia Bersama pekerja lain, dan pelanggan kedai melakukan banyak petualangan di kehidupan sehari-harinya.

8 – Blue Giant

Karya     : Shinichi Ishizuka
Publiser  : Shogakukan
Sinopsis :

Blue Giant berkisah tentang Dai Miyamoto, seorang anggota klub basket di SMP-nya. Suatu hari, temannya mengajaknya pergi ke konser jazz. Sejak saat itu dia mulai berlatih tenor sax seorang diri, tanpa pendidikan formal, dan tanpa bisa membaca partitur music. Dia betekad ingin menjadi pemain saxophone terbaik di dunia.

9 – Matsumoto

Karya     : Philippe Nicloux
Publiser  : Graffica Novels
Sinopsis :

Komik Perancis yang menceritakan sekte Aum Shinrikyo di Jepang, mereka dalang dari serangan gas sarin Matsumoto tahun 1994 di Nagano, dan serangan gas sarin 1995 di Tokyo. Pemimpin sekte tersebut adalah Shoko Asahara, mereka percaya bahwa konspirasi dunia bisa dicegah dengan menyerang pemerintah Jepang, yang jika tidak akan berakibat kiamat.

10 – The Promised Neverland

Karya     : Kaiu Shirai, Posuka Demizu
Publiser  : Shueisha
Sinopsis :

Emma, Norman, dan Ray adalah anak yang ceria di panti asuhan Grace Field House. Dan di bawah asuhan perempuan yang mereka sebut “ibu” mereka hidup dengan damai. Makanan enak, baju yang layak, dan lingkungan belajar yang nyaman – apa lagi yang kurang? Pada suatu hari, Emma dan Norman mengungkapkan tabir dunia luar yang tak boleh mereka lihat.

Pemenang penghargaan Osamu Tezuka ke-22 akan diumumkan April di koran Asahi Shimbun dan penerimaan penghargaan akan diadakan di Tokyo pada 7 Juni.

Untuk juri penghargaan Osamu Tezuka tahun ini ada dari beberapa kalangan. Seperti Anne Watanabe, Kazuki Sakuraba, Osamu Akimoto, Machiko Satonaka, Tarou Minamoto, Shouhei Chuujou, Haruyuki Nakano, Nobunaga Shinbo, Tomoko Yamada, para juri dipilih berdasarkan oleh para pakar dan pegawai took buku. Nominasi pun harus memiliki volume yang dipublikasikan sejak 2017. Golden Kamuy sudah tiga kali dinominasikan, dan di tahun ini pula Akimoto menjadi juri.

Tahun lalu ada sekitar delapan nominasi yang masuk penghargaan Osamu Tezuka, dan Hana ni Somu karya Fusako Kuramochi menjadi pemenang Grand Prize. Shouwa Genroku Rakugo Shinjuu dimenangkan oleh Haruko Kumota dalam kategori pendatang baru, lalu Yomawari Neko karya Kaoru Fukaya dengan kategori cerita pendek.