Dengan populernya berbagai seri animanga dan game Jepang, bisa saja ada nama-nama dalam dunia sains yang dinamai berdasarkan sebuah karakter atau seri. Seperti spesies binatang yang diberi nama Stand dari seri JoJo no Kimyou na Bouken, bahkan sutradara anime Shinkai Makoto jadi nama sebuah asteroid. Dan baru-baru ini ada kabar macam itu lagi dimana sebuah spesies dinosaurus baru yang ditemukan di China diberi nama… Nobita!

Yup, spesies dinosaurus baru yang berasal dari jenis Eubrontes tersebut pertama ditemukan tahun 2020 lalu pada bulan Juli dalam provinsi Sichuan, melalui fosil dari jejak kaki sang dinosaurus yang berukuran sekitar 30 cm dan panjang langkah sekitar 50 cm.

Dari penelitian yang dilakukan diperkirakan kalau itu adalah sebuah dinosaurus karnivora alias pemakan daging dengan tinggi mencapai 4 meter, dan diperkirakan hidup dalam masa awal Periode Kapur atau Cretaceous sekitar 125 juta tahun lalu.

Dinosaurus baru tersebut kemudian diumumkan oleh seorang profesor dari Universitas Geoscience China di Beijing bernama Xing Lida kini diberi nama… Eubrontes Nobitai! Tentu dapat dilihat kalau nama itu berdasarkan sang karakter Nobita dari seri Doraemon. Tapi kenapa Nobita jadi sumber nama dari dinosaurus tersebut?

Dalam wawancara antara Xing bersama dengan Kyodo News, nama tersebut dipilih sebagai tribute kepada sang karakter karena tak hanya popularitas dari seri Doraemon di China, tapi juga dari dua film Doraemon yang bertema Dinosaurus.

Yaitu film Nobita no Kyoryuu yang merupakan film Doraemon yang paling pertama yang dirilis tahun 1980, dan film Nobita no Shin Kyoryuu yang merupakan film Doraemon yang dirilis tahun 2020. Film tersebut dikatakan Xing membuat banyak anak-anak jadi suka akan Dinosaurus.

Dikatakan juga kalau dua replika dari fosil langkah kaki dinosaurus Eubrontes Nobitai tersebut telah dikirim ke Jepang. Satu dikirim untuk ditampilkan pada Museum Nasional Tokyo dari tanggal 30 November nanti, dan satu lagi untuk dikirim kepada pihak creator dari seri Doraemon yaitu perusahaan Fujiko F Fujio.