Nippon Shoutengai, Sulap Mall jadi Shopping District ala Jepang

Satu lagi nih event kece yang patut jadi referensi kalian para event hunters. Kali ini sebuah event akan diadakan di Jawa Timur tepatnya Surabaya. Tercetus dari sebuah EO yang menamakan dirinya Akai Idea Factory, bekerja sama dengan komunitas-komunitas Pop Jepang yang sudah kawakan di region Jawa Timur seperti KOJTSU (Komunitas Jepang Surabaya), Cosura (komunitas cosplay Surabaya), SHOHOKU (Sidoarjo Nihon Kurabu), Japan Culture Daisuki (event organizer berbasis di kota Malang) dan beberapa mantan mahasiswa dari bidang studi desain grafis dan bahasa/sastra Jepang dari universitas di Jawa Timur, mereka menjanjikan event yang lebih menonjolkan tematik yang kental sehingga lebih imaginatif, inovatif dan komunikatif. Maka sebuah event dengan nama Nippon Shoutengai pun mereka gelar.

Apa sih Nippon ShoutengaiShoutengai sendiri merupakan sebuah istilah dalam bahasa Jepang untuk menyebut shopping district, sebuah area perbelanjaan di setiap kota di Jepang di mana toko, café, restoran, butik dan sebagainya berkumpul berderet-deret di suatu tempat semi-indoor dan dipadati oleh pejalan kaki dan pesepeda. Bahasa bekennya sentra PKL kali ya (lho), tapi tentu saja bukan sentra PKL biasa, karena kita tahu sendiri produk-produk yang ditawarkan di shopping district di Jepang benar-benar unik jika dibandingkan denga PKL yang biasa kita temui.

Daerah-daerah seperti Shinsaibashi-tsuuji di Osaka, atau Oosu-doori di Nagoya, adalah salah satu contoh shoutengai. Tempat-tempat seperti ini tidak pernah sepi dari lautan manusia, bahkan di malam hari sekalipun. Shoutengai selalu dipenuhi orang dari berbagai kalangan dan usia, di mana mereka dapat melepaskan penat dari aktifitas di pagi hari sampai senja, dengan berbelanja atau sekedar window shopping dan mencicipi kuliner lokal.

Shoutengai juga bukan suatu tempat yang artifisial atau dibuat hanya untuk tujuan pariwisata; shoutengai adalah keseharian masyarakat Jepang. Dari situlah, Akai Idea Factory mendapatkan idenya, mereka ingin membawa suasana Nippon Shoutengai kepada masyarakat luas. Dan kali ini Lenmarc Mall Surabaya yang dipilih menjadi destinasi yang akan mereka sulap untuk menjadi Nippon Shoutengai, Bertepatan juga dengan hari ulang tahun Surabaya event ini akan diadakan berturut-turut dari tanggal 29 hingga 31 Mei 2015. lalu apakah cuma orang jualan saja yang akan di Nippon Shoutengai? Tentu saja tidak, ada beberapa acara berbentuk kompetis juga yang diawarkan oleh mereka diantaranya Cosplay Competition, Kyara Bento dan live music dari Kojtsu Road To japan Overdrive.

Bagi kalian yang pengen ikutan kompetisinya, sepertinya caranya gak sulit silahkan lihat poster-poster dibawah ini deh,

Cosplay Competition yang bekerja sama dengan Cosura
Cosplay Competition yang bekerja sama dengan Cosura
ns-kyara-bento
Kyara Bento bareng Bentoya Restaurant
Sebuah pre-event dari Event besar KOJTSU Japan Overdrive
Sebuah pre-event dari Event besar KOJTSU Japan Overdrive

Selain itu event ini juga mendatangjkan bintang tamu band-band dan performer yang sudah langganan tampil di event Jepang Surabaya maupun Jawa Timur seperti  Chocolatino, Akiba Street dan OTAKU. Jadi bagi yang ingin menghabiskan waktu akhir bulan yang menyenangkan, apalagi bagi kalian yang berada di Surabaya dan sekitarnya, event ini patut masuk dalam list kalian, So see ya there!!

ns-postmain