Nippon Shoutengai 2015, Sukses hadirkan sajian lengkap Festival Jepang

Dengan tagline One Stop Japan Festival, Nippon Shoutengai berhasil membawa suasana festival layaknya di Jepang ke dalam Lenmarc Mall pada 29-31 Mei lalu. Meskipun kemasan yang hampir mirip layaknya bunkasai yang biasa diadakan di beberapa Universitas di Surabaya, namun Nippon Shoutengai terasa lebih spesial dengan kemasan Eksklusifnya. Selain itu, line up performer dan beberapa main event yang digarap bareng dengan komunitas membuat event yang satu ini menjadi semakin lengkap.

Nippon Shoutengai 2015Diadakan kali pertama, oleh sebuah event organizer yang juga merupakan gabungan dari anggota beberapa komunitas Jepang di Jawa Timur, Nippon Shoutengai menunjukkan bahwa event yang satu ini akan masuk wishlist kita jika diadakan secara rutin tiap tahunnya. Kemarin event ini menyajikan kesan eksklusif melalui desain dan dekorasi. dan Yang tidak kalah menarik adalah, selain menggaet tenant-tenant yang sudah tidak asing lagi di telinga dan lidah kita soal urusan selera Jepang, di Main Stage juga menyajikan full entertainment soal Jepang yang beraneka ragam, mulai dari Cosplay, dance cover, musik full band, akustik, hingga mini orchestra.

Diadakan selama tiga hari juga merupakan hal yang cukup berani bagi sebuah acara yang baru memulai debutnya, namun Nippon Shoutengai dengan teman-teman Akai Idea menjawab tantangan tersebut. Selama tiga hari mereka mencoba menyajikan sajian yang beragam di atas panggung untuk tetap dapat menghibur pecinta Jepang.

Di hari pertama, panggung lebih banyak diisi oleh sajian yang terasa cozy. Dengan konsep akustik diatas panggung panitia berupaya memanaskan acara dengan tetap memberikan suasana nyaman bagi para pengunjung untuk menikmati tenant-tenant yang ada di venue. Selain hari Jumat uga masih merupakan hari aktif, dan mungkin sebagian besar pengunjung Lenmarc Mall merupakan penghuni apartement atau Karyawan di kantor sekelilingnya, sajian yang seperti ini terasa pas untuk mereka yang mencoba refresh setelah lelah bekerja atau akan pulang dari kantor.

Tenant Nippon Shoutengai
Pengunjung pada hari Jumat yang berkeliling di tenat Nippon Shoutengai 2015
Penampilan kolaborasi piano dan Cello yang juga membawa suasana menyenangkan bagi pengunjung
Penampilan kolaborasi piano dan Cello yang juga membawa suasana menyenangkan bagi pengunjung
Penampilan Band akustik pada Hari pertama Nippon Shoutengai
Penampilan Band akustik pada Hari pertama Nippon Shoutengai
Selain itu da juga Yukata Fashion Show pada Hari Pertama ini
Selain itu da juga Yukata Fashion Show pada Hari Pertama ini

Memasuki hari kedua, suasana semakin dipanaskan dengan rundown yang penuh akan band-band beraliran musik Jepang. Selain adanya list guest star seperti Kiseski, Re:alive dan Chocolatino yang meramaikan hari kedua, terdapat sebuah segment yang bertajuk Road To Japan Overdrive 2015. Segment ini merupakan kerjasama tim Nippon Shoutengai dengan Ko-J-Tsu, yang mengadakan sebuah pemilihan band-band beraliran Jepang yang akan tampil pada gawe besar mereka yakni Japan Overdrive 2015. Dan benar saja setelah dibuka dengan penampilan Kiseki, band-band yang terbilang fresh di dunia musik beraliran Jepang di Surabaya pun bergantian tampil.

Animo pengunjung di Hari kedua ini juga meningkat, selain padatnya acara di panggung  dan puncaknya pada penampilan penutupan yang di isi oleh Chocolatino.

Suasana Penonton yang Lebih padat dibanding hari pertama
Suasana Penonton yang Lebih padat dibanding hari pertama
Para juri pada Segment Road To Japan Overdrive
Para juri pada Segment Road To Japan Overdrive

Dan puncak Nippon Shoutengai merupakan Hari ketiga, dimana sajian acara jauh lebih bervariatif. Di hari ketiga ini terdapat berbagai macam penampilan yang menandai acara puncak Nippon Shoutengai, diantaranya merupakan kompetisi menghias bento dan kompetisi cosplay. Dan selain itu juga panggung tetap akan di isi hiburan-hiburan menarik yang bahkan lebih bervariatif.

Salah satu peserta Menhias Bento yang terlihat antusias
Salah satu peserta Menhias Bento yang terlihat antusias
Really cute, isn't it?
Really cute, isn’t it?
Cosplay
Cosplay
Acara puncak ini juga dimeriahkan oleh penampilan Mini Orchestra
Acara puncak ini juga dimeriahkan oleh penampilan Mini Orchestra

Acara di hari minggu menyajikan berbagai hiburan yang lebih bervariatif, mungkin yang terasa baru dibanding dengan event bunkasai pada umumnya adalah kompetisi menghias bento dan penampilan Orchestra diatas. Namun tidak menutup kemungkinan jika event ini terus diadakan di tahun-tahun berikutnya akan banyak hal baru yang bisa dikembangkan. Overall acara yang sangat menarik, dan menghibur, kemasan eksklusif juga menimbulkan kesan yang berbeda. Semoga Nippon Shoutengai dan tim Akai Idea tetap menyajikan hal-hal yang inovatif terhadap perkembangan festival Jepang di Surabaya dan Jawa Timur. Yang pasti Nippon Shoutengai sukses untuk menempatkan diri sebagai event yang wajib didatangi oleh pecinta Jepang Surabaya. Terbukti pada puncaknya di Hari ketiga crowd juga cukup Ramai hingga acara pamungkas yakni penampilan Band Otaku dan Akiba Street. Otsukare~~, Good Job Nippon Shoutengai 2015!!

r_MG_0154

r_MG_0240

r_MG_0508

r_MG_0571

r_MG_00720

rIMG_0409

rIMG_0558

rIMG_6066

rIMG_6120

rIMG_6362

rIMG_6617

SAMSUNG CSC

SAMSUNG CSC

r_MG_0407

rIMG_6105

r_MG_0523

rIMG_0377

rIMG_0390

rIMG_6616

r_MG_0293

rIMG_0709

rIMG_6671

SAMSUNG CSC

SAMSUNG CSC

SAMSUNG CSC

SAMSUNG CSC