Tahun 2020 jadi tahun yang ramai bagi dunia gaming dengan sebentar lagi akan dirilis konsol generasi baru Playstation 5 dan XBOX Series X. Sementara tak banyak game yang dirilis di Nintendo Switch, tapi konsol itu masih super ramai berkat Animal Crossing. Tapi tentu mereka perlu bersiap menghadapi dua rival beratnya, dan sesuai dengan hal itu, baru diumumkan kalau Nintendo Switch akan ada model baru yang direncanakan rilis 2021 nanti.

Konsol Nintendo Switch pertama dirilis tahun 2017. Setelah sekitar empat tahun, konsol tersebut masih memberikan performance yang kuat. Konsepnya yang unik yang merupakan hybrid antara home console dan portable console membuatnya fleksibel dalam penggunaannya, walau dari segi hardware kekuatannya berada dibawah saingannya.

Nintendo yang terkenal akan kreativitas dalam hal gimmick pada penambahan console mereka masih melanjutkannya untuk Switch, dengan tahun 2019 lalu mereka memberikan upgrade pada Nintendo Switch dengan model baru yang memiliki baterai yang lebih tahan lama.

Dan selain itu dirilis juga model portable only bernama Switch Lite. Hal itu Switch membuat Nintendo tak perlu terpisah-pisah dalam hal game, seperti generasi sebelumnya dengan Game Boy dan GameCube, dan juga Wii dan DS.

Dan baru dikabarkan kalau Nintendo Switch akan mendapatkan model baru lagi, untuk bisa menyaingi kemeriahan perilisan PS5 dan XBOX Series X. Walau perilisannya sedikit lebih jauh dari keduanya, dengan model baru Switch ini akan dirilis tahun 2021.

Untuk detail upgrade apa itu, tak diberi kejelasan, tapi dikatakan kalau model itu dicoba untuk bisa menampilkan grafik HD 4K. Dan selain itu perilisan model baru tersebut juga akan diramaikan dengan berbagai game-game baru untuk konsol tersebut yang ditargetkan untuk beragam player, dari casual sampai serious gamer.

Dikatakan kalau tindakan Nintendo yang lebih fokus untuk tahun 2021 nanti jadi penjelasan kenapa mereka lebih sunyi tahun ini. Dikatakan juga kalau pembangunan Switch model baru itu baru bisa dilakukan setidaknya tahun depan, karena partner produksi mereka saat ini sedang sibuk memproduksi Switch model yang sekarang ini.