Nintendo adalah nama yang terkenal dan dikenang dalam industry game dan ingatan para gamer. Dengan berbagai ciptaan mereka yang mungkin mina-san sudah pernah mainkan dari dulu hingga sekarang. Dari Pokemon dan Game Boy sampai Mario dan 3DS, dan lain-lain lagi. Dan tahun ini sepertinya pantas jadi tahun yang membahagiakan bagi mereka, karena dikabarkan kalau Nintendo merajai penghargaan game konsol & HP.

Game Award

Kita mulai dari konsol dulu, dan lanjutan dari kabar nominasi penghargaan The Game Award beberapa waktu lalu. Diantara berbagai kategori dalam penghargaan itu, 5 game masuk nominasi Game of the Year. Ada Horizon Zero Dawn, PUBG, Persona 5, Mario Odyssey, dan Zelda: Breath of the Wild. Ada 2 game Nintendo, dan salah satu yang menang, tebak yang mana? ๐Ÿ˜‰

Yang menang menjadi Game of the Year 2017 pada penghargaan The Game Award adalah Breath of the Wild! Mario mungkin kalah dalam kategori ini, tapi ia menjadi pemenang juga dalam kategori Best Family Game. Omedetou Gozaimasu~ ๐Ÿ˜€

iPhone Game

Selanjutnya kita ke bagian HP. Dan disini kita bagi dua lagi, satu untuk app game iPhone, dan satu lagi untuk game HP Android. Dan disini Nintendo juga bersinar, yaitu pada bagian list iPhone Game pada kategori game gratis.

Dan game yang meraih posisi teratas dari list app game gratis untuk iPhone adalah.. Mario lagi! Atau tepatnya, game Super Mario Run. Game Mario yang dibuat lebih sederhana lagi, didesain supaya gamer dapat memainkannya hanya dengan satu tangan. Game ini ada juga di Android, apakah disitu Mario menang lagi?

Google Play

Baru-baru ini diumumkan juga pemenang Google Play Best of 2017 Japan Division. Game Mario Run memang ada juga disini, TAPI ternyata pemenangnya bukan mereka. Yang memenangkan penghargaan itu dan menjadi Best Mobile Game 2017 di Android, adalah mobile crossover game franchise Fire Emblem, FE Heroes!

 

Nintendo

Mirip dengan situasi di Game Award, game yang berhubungan dengan Nintendo yang lain juga mendapat penghargaan sampingan di Android. Selain Fire Emblem Heroes menjadi Best Mobile Game 2017, ada juga game koplak nan kawaii starring seekor Pokemon ikan mas, Magikarp Jump, yang memenangkan penghargaan dikategori Cute & Casual.

Keren dah Nintendo. Sepertinya tahun ini menjadi Golden Years bagi mereka, berkat Switch, dan keberanian mereka mencoba langkah baru dengan mencoba masuk industry mobile game dari tahun lalu. Semoga tahun depan juga sukses ya Nintendo ๐Ÿ˜‰ Iwata Satoru-san pasti bangga dengan kabar ini ๐Ÿ™‚