Tahun 2017 lalu, Nintendo merilis konsol terbaru mereka yang unik, Nintendo Switch, dan sampai akhir tahun, konsol tersebt sedikit demi sedikit menarik hati para gamer. Sampai game debut Nintendo Switch, Legen of Zelda Breath of the Wild, jadi Game of the Year 2017 dalam penghargaan The Game Award. Tahun 2018 ini Nintendo tentu ingin membuat Switch semakin keren lagi, dan untuk itu mereka merilis “upgrade” Switch bernama Nintendo Labo.

Kita sudah tahu kalau Nintendo terkenal akan inovasinya dalam memberikan berbagai gimmick unik pada konsol buatan mereka. Ada DS dan 3DS yang memiliki dual screen, atau Wii dengan kontrollernya yang unik.

Switch sendiri juga kembali membuat para gamer tertarik kembali pada Nintendo dengan memberikan gimmick berupa hybrid console, dengan Switch dapat dimainkan dalam bentuk konsol rumahan ataupun portable.

Nintendo sendiri juga dulunya adalah pembuat permainan kartu Karuta, sebelum mereka pindah haluan ke industri video game. Dan mereka terlihat memiliki image kalau game dan sistem mereka lebih untuk family atau bisa untuk semua umur.

Elemen itu rasanya terlihat dalam Nintendo Labo. Setelah Nintendo Switch terlihat lebih mentargetkan demografik gamer yang serius atau remaja, Nintendo sepertinya berencana memakai Labo ini untuk menarik perhatian demografik anak-anak dan keluarga.

Dasarnya, Nintendo Labo adalah peralatan add-on untuk Nintendo Switch yang terbuat dari kertas kardus, yang membuat Nintendo Switch bisa dipakai sebagai mainan untuk mengasah kreativitas. Karena itu Labo disebut sebagai Toy-Con, dengan Toy mainan dan Con dari controller Joy-Con dari Nintendo Switch.

Dalam video demonstrasinya diperlihatkan kalau Labo bisa membuat Switch diubah jadi berbagai macam permainan melalui berbagai kit yang tersedia. Ada kit untuk pancingan, setir sepeda motor dan mobil, burung-burungan, piano, dan ada juga untuk mainan rumah-rumahan, mobil/robot remote control, dan lain-lain lagi. Ada juga kit yang besar bernama Robot Kit, yang membuat Switch bisa dipakai bermain VR Robot Suit.

Desain-desain ini terlihat agak rumit untuk anak-anak, tapi mungkin disitulah intinya. Nintendo memakai tagline Buat/Make, Mainkan/Play, Temukan/Discover, yang sepertinya untuk mendorong kreativitas anak, atau bisa juga menjadi kegiatan bersama orang tua.

Bahannya yang dari kardus juga membuatnya seperti mainan edukasi jaman dulu, dan warnanya yang polos membuatnya bisa diwarnai oleh anak-anak sesuka hati mereka. Dan bicara soal orang tua, perlu siapkan duit banget nih kalau mau beli Nintendo Labo untuk anak anda.

Karena harganya akan lumayan mahal. Untuk harganya di Amerika, paket kit biasa dijual seharga 69 Dollar atau sekitar 935.000 Rupiah menurut kurs saat penulisan artikel ini. Paket biasa berisikan kit untuk pancingan, motor, piano, rumah-rumahan, dan dua mobil/robot remote control.

Yang Robot kit tak termasuk, malah dijual sendiri, dengan harga yang lebih mahal lagi. Yaitu seharga 79 Dollar atau sekitar 1.007.000 Rupiah menurut kurs. Kedua kit tersebut akan dirilis bersamaan tanggal 20 April nanti.
Ada yang minat mau beli?