Pada tanggal 26 Maret 2016, SMA Negeri 65 Jakarta sukses mengadakan matsuri pertama yang diselenggarakan SMA di Jakarta Barat. Acara yang diberi nama “Nikumatsuri” ini bukan berarti “Festival Daging”, melainkan merupakan singkatan dari “Nihon-go no Kurabu no 65 Matsuri” atau “Festival Kebudayaan Jepang Klub Bahasa Jepang SMA 65”.

IMG_2845

 

Acara yang mengangkat tema mengenai gaya hidup dan budaya Jepang ini memiliki tujuan untuk gathering dan meningkatkan jalinan persaudaraan antar Japanese Club SMA se-Jakarta Barat dan memperkenalkan budaya Jepang kepada pengunjung yang datang.

Untuk mendukung tema yang diangkat, Nikumatsuri mengundang Hiroaki Kato, seorang musisi Jepang yang tinggal di Indonesia sebagai pembicara dalam talkshow “Indonesia by Japanese”. Selain seorang musisi, Hiroaki Kato juga menterjemahkan novel Laskar Pelangi karangan Andrea Hirata. Hiroaki Kato menuturkan bahwa pada saat beliau pertama kali menginjakkan kaki di Jogjakarta, Indonesia, beliau sempat mengalami shock karena dihadapkan dengan kondisi yang berbeda dari Tokyo. Selain menjadi pembicara dalam talkshow, Hiroaki Kato juga menyanyikan tiga buah lagu di acara Nikumatsuri.

IMG_2842

Selain talkshow dan penampilan dari Hiroaki Kato, Nikumatsuri juga menampilkan banyak hal lainnya. Pada saat masuk gerbang SMA N 65 Jakarta, pengunjung disuguhkan dengan panggung dan stand – stand yang ada. Ada stand yukata photo-booth, dan juga stand menangkap ikan dengan menggunakan jaring kertas.  Selain itu, saat masuk pengunjung akan diberikan kertas untuk menuliskan permohonan dan menggantungnya di pohon yang telah disediakan. Saat masuk ke dalam gedung SMA N 65 sendiri, pengunjung akan disambut dengan meja – meja yang berisikan berbagai macam permainan dari Jepang beserta penjelasannya. Naik ke lantai dua, ada obake – rumah hantu yang siap menunggu untuk dikunjungi oleh siapa saja yang memiliki nyali besar. Teriakan para pengunjung yang memasuki obake terdengar memenuhi lantai dua gedung. selain itu diadakan pula lomba makan ramen yang diadakan di lapangan SMA N 65 Jakarta pada saat cuaca sedang panas.

IMG_2855 IMG_2857 IMG_2858

Ada juga penampilan cosplay dari Skoater, penampilan dari band Cloud, serta penampilan tari dari Universitas Bina Nusantara. Acara yang diselenggarakan sejak pukul 08.00 sampai dengan 14.00 ini adalah bentuk kerja sama antara Japanese Club, MPK dan OSIS yang ada di SMA N 65 dan berhasil menuai banyak kecerian selama acara berlangsung.

IMG_2868

IMG_2860 IMG_2862 /IMG_2866

 

 

David Vincensius selaku ketua Japanese Club menyatakan bahwa harapan untuk Nikumatsuri kedepannya adalah agar acara yang diadakan dapat lebih sukses, lebih bersemangat, dan lebih ramai.