Pokemon GO menjadi fonemena besar saat dirilis beberapa waktu lalu, dan walau sekarang tak sebesar dulu tetap saja masih banyak dimainkan. Dan bicara soal itu, Niantic sang developer sebelumnya mengumumkan kalau mereka ada projek lagi yang juga akan memakai seri game Nintendo lagi, yaitu game Pikmin. Dan setelah beberapa bulan, kini ditampilkan projek tersebut, mobage Pikmin BLOOM.

Pikmin adalah game yang pertama dirilis untuk konsol Nintendo GameCube pada tahun 2001. Game itu dikembangkan oleh Nintendo dengan gameplay genre Real Time Strategy yang unik dimana player mengendalikan berbagai makhluk kecil bernama Pikmin. Keunikan yang membuat game itu jadi salah satu judul terpopuler dari Nintendo.

Game tersebut kemudian memiliki dua game sequel, dengan game ketiganya juga saat ini dapat dimainkan untuk konsol Nintendo Switch. Game keempatnya sempat dikabarkan, tapi hingga saat ini belum ada update apapun. Tapi meski tak ada game keempat, seperti yang dikatakan diawal Pikmin ada projek game baru yang dikembangkan Niantic.

Pikmin BLOOM adalah game tersebut, tapi walau disebut sebagai game atau mobage karena dimainkan pada smartphone untuk Android dan iPhone, dikatakan kalau BLOOM lebih merupakan app lifestyle daripada game tulen. Basisnya mirip dengan Pokemon GO dimana player main dengan jalan, tapi daripada berpetualang disini lebih memiliki suasana yang relax.

Player mengumpulkan benih dan menumbuhkan Pikmin dengan berjalan, dan Pikmin ini juga kemudian membantu mengumpulkan benih dan buah. Pikmin itu juga dirawat dengan diberikan nektar agar daun diatas kepalanya tumbuh, dan dengan itu mereka bisa membuat jalanan sekitar player jadi berbunga.

Ada juga sistem mirip PokeStop berupa bunga raksasa, yang akan mekar saat player berjalan mengitari bunga itu dengan Pikmin yang berbunga. Hal itu bisa dilakukan sendiri ataupun multiplayer dengan player lain. Ada juga fitur LifeLog yang mencatat langkah yang diambil player, dan bisa juga dimasukan foto kenangan saat jalan.

Telah dirilis trailernya, dan game tersebut juga mulai melakukan perilisan soft launching hari ini, yang pertama dilakukan untuk area Australia dan Singapore, dan kemudian untuk area-area lain selama beberapa hari kedepan.