Adakah yang masih main game Pokemon GO? Memang saat ini game tersebut tak setenar dan sebesar beberapa waktu lalu saat sedang trending, tapi masih lumayan banyak dimainkan dan memiliki konsep yang seru. Nah ada kabar menarik dari game itu dimana sang developer Niantic diumumkan akan membuat game yang mirip dengan PokeGO bersama Nintendo berdasarkan seri game Pikmin.

Pikmin adalah game yang dikembangkan oleh Nintendo dengan gameplay genre Real Time Strategy yang unik dimana player mengendalikan berbagai makhluk kecil bernama Pikmin. Keunikan yang membuat game itu jadi salah satu judul terpopuler dari Nintendo.

Game tersebut pertama dirilis untuk konsol GameCube tahun 2001, dan game keduanya pada tahun 2004. Setelah vakum selama beberapa tahun, game ketiganya kemudian dirilis di konsol Nintendo Wii pada tahun 2011, dan dua game pertamanya juga dapat port pada konsol tersebut. Pikmin 3 juga kemudian dapat port untuk Nintendo Switch.

Game itu juga memiliki game sampingan yang berganti genre jadi side-scrolling action berjudul Hey Pikmin yang dirilis untuk 3DS tahun 2017 lalu. Dikabarkan kalau ada projek game keempatnya yang tahun 2015 dikatakan hampir selesai, tapi sampai sekarang tak ada kabar baru lagi.

Tapi meski tak ada kabar baru untuk Pikmin 4, game itu tetap dikenal saat ini berkat karakternya hadir dalam game Super Smash Bros Ultimate. Dan meskipun bukan Pikmin 4, baru-baru ini Nintendo mengumumkan projek game baru akan seri tersebut, yang seperti dikatakan diawal dibuat dengan kolaborasi bersama Niantic cabang Tokyo dan merupakan projek pertama mereka.

Game tersebut mengikuti formula game Pokemon GO yang dikembangkan Niantic yang terbukti popularitasnya, dengan game Pikmin ini dibuat dalam bentuk app untuk smartphone, dan dengan gameplay yang mengandalkan teknologi Augmented Reality (AR) dan dikatakan kalau app ini akan mendorong user untuk jalan-jalan keluar rumah.

Sesuatu yang mungkin agak aneh untuk dirilis jika melihat situasi pandemik saat ini, apalagi dengan timing perilisan app tersebut dikatakan oleh Nintendo direncanakan untuk dirilis dalam tahun ini. Semoga saja saat app itu dirilis nantinya kondisi pandemik coronavirus ini sudah jauh lebih baik.