Animanga Kimetsu no Yaiba memang menjadi salah satu fenomena terbesar saat ini, dengan meskipun memiliki awal yang biasa, tapi adaptasi anime dari manga tersebut membuat popularitasnya meleduk begitu besar dan menjadi seri animanga terpopuler saat ini. Tapi dibawahnya, ada seri animanga booming baru lain yang sepertinya akan jadi next big thing setelahnya, yaitu seri Jujutsu Kaisen.

Jujutsu Kaisen mengisahkan seorang anak muda bernama Itadori Yuji yang terseret dalam dunia kutukan oleh Fushiguro seorang Jujutsu Sorcerer, saat ia berusaha membantu Fushiguro melawan roh jahat yang tak sengaja dilepas oleh teman sekolahnya, dan membuat Yuji memiliki roh dari Sukuna sang raja kutukan berdiam dalam tubuhnya.

Manga tersebut dibuat oleh Akutami Gege dan diserialisasikan dalam majalah manga mingguan Shonen JUMP yang dimulai Maret 2018 lalu dan masih berjalan sampai sekarang dan saat ini memiliki panjang 14 volume. Manga itu juga memiliki adaptasi anime yang dianimasikan studio MAPPA yang mulai tayang dari musim Fall 2020 dan masih berlanjut sampai sekarang.

Dan balik ke kabar utama, seri animanga tersebut dilihat oleh para netizen Jepang bagaikan Kimetsu no Yaiba berikutnya. Dan memang terasa cocok karena keduanya merupakan seri JUMP. Belum lagi timing dari mulai meleduknya popularitas Jujutsu Kaisen yang ditemukan oleh netizen Jepang.

Dari sebuah grafik perbandingan popularitas seri Jujutsu Kaisen dan film Kimetsu dalam tahun 2020 via GoogleTrend. Ditemukan kalau popularitas seri itu dimulai setelah manga Kimetsu tamat, saat film Kimetsu Mugen Train dirilis yang juga saat adaptasi anime Jujutsu mulai mengudara. Dan ditemukan juga kalau popularitasnya telah naik melebihi One Piece sang anak emas Shonen JUMP.

Sementara itu diawal tahun 2021 ini, ditemukan kalau Jujutsu Kaisen masih booming, dan dengan angka penjualan manga originalnya makin naik seiring adaptasi anime oleh MAPPA masih lanjut tayang. Dan dibandingkan sebelum ini, diperkirakan ada kenaikan lebih dari 100%!

Dikatakan kalau dalam bulan Oktober 2020, manga Jujutsu Kaisen memiliki angka sirkulasi sebanyak 8.5 juta, yang naik jadi 10 setelah anime adaptasinya tayang, dan dalam bulan Desember melesat jadi 15 juta, dan saat ini mereka telah melampaui 20 juta.