Pandemik virus corona tahun 2020 ini membawakan dampak juga kepada dunia animanga, terutama dengan terjadinya pengunduran penayangan pada banyak anime di TV dan juga film di bioskop. Ada yang cuma diundur satu musiman dan ada juga yang hampir setahun sampai 2021 nanti. Film Detective Conan Scarlet Bullet adalah salah satunya yang juga jadi korban, membuatnya kena delay sampai Spring 2021 nanti.

Film Conan Scarlet Bullet atau Hiiro no Dangan untuk versi Jepangnya, adalah film Detective Conan yang ke-24. Disutradai oleh Nagaoka Chika yang juga sutradara film Conan ke-23 sebelum ini, Fist of Blue Sapphire. Dan dengan naskah yang ditulis oleh Sakurai Takeharu yang merupakan penulis naskah dari film Conan ke-22, Zero the Enforcer.

Film tersebut akan fokus pada karakter Akai Shuuichi dan memperkenalkan keluarganya. Mereka adalah saudara Akai, Haneda Shukichi seorang pemain Shogi profesional bersama pacarnya Miyamoto Yumi, dan ada juga saudarinya Sera Masumi yang seorang detektif SMA seperti Shinichi, dan ibu dari Akai, Mary Sera.

Kisahnya yang bersetting pada event olahraga terbesar dunia dalam cerita itu, World Sport Game, menjadi referensi untuk acara Olimpiade musim panas Tokyo 2020 dan menjadi ajang untuk menyambut event besar tersebut di Jepang. Akan tetapi situasi virus corona ini membuat Olimpiade itu jadi ditunda pelaksanaannya, dan sayangnya penayangan film itu juga jadi ditunda.

Dan seperti yang dikatakan diawal, pengundurannya juga lumayan lama, dari April 2020 sampai ke tahun 2021 nanti, mengikuti pengunduran event Olimpiade Tokyo. Tentu ini juga membuat penayangan film tersebut yang direncanakan untuk dibawa ke bioskop Asia Tenggara oleh Odex jadi terpengaruh dan ikutan kena delay juga.

Tapi balik ke topik utama, baru-baru ini Toho telah merilis PV baru film tersebut, yang memperjelas kapan tanggal tayang barunya, yaitu pada tanggal 16 April 2021 nanti, setahun setelah tanggal tayang originalnya pada 17 April tahun ini.

Dan selain itu diumumkan juga kalau karena delay panjang tersebut, dimulai sebuah projek berjudul Detective Conan Scarlet Bullet Reload Project, yang dikatakan berupa 12 ronde yang terdiri dari 12 film anime Detective Conan.