Genre isekai telah bertumbuh dan mendominasi dunia light novel Jepang, dan dengan semakin banyaknya novel yang mendapat adaptasi anime, semakin banyak anime isekai saat ini. Mungkin jadi bisa ada yang merasa kalau anime-anime saat ini jadi terlihat sama-sama saja dari segi visual setting dunianya, bahkan mungkin bisa terasa semuanya ada dalam dunia isekai yang sama. Hal ini diperkuat lagi dengan penemuan netizen Jepang mengenai desain kota anime isekai.

KonoSuba
Tate no Yuusha
Kenja no Mago

Baru-baru ini netizen Jepang ada yang bercanda mengatakan kalau mungkin anime Kono Subarashii Sekai ni Shukufuku wo, Tate no Yuusha no Nariagari, dan Kenja no Mago, semuanya berada dalam kota yang sama, berdasarkan penemuan user Twitter bernama xh4ch.

Dalam tweet darinya, ia memperlihatkan kalau ketiganya memiliki kota dengan desain lingkaran yang dilindungi tembok, dan sungai yang mengalir dari atas ke bawah dan melingkar pada bagian tengahnya. Anime Isekai Maou juga punya kota seperti itu, tapi setidaknya tembok dan aliran sungainya memiliki bentuk yang berbeda.

Selain itu, kemarin-kemarin ada juga netizen Jepang yang menemukan kalau ada beberapa rumah mansion berbeda dalam anime Kenja no Mago yang memiliki tak hanya desain serupa, tapi angle yang sama saat ditampilkan di anime itu.

Kocaknya lagi, rumah besar tersebut juga dipakai dalam anime KonoSuba, dimana itu rumah yang ditinggali oleh Kazuma dkk. Mungkin jadi ada yang merasa kalau KonoSuba dan Kenja no Mago ada dalam dunia yang sama 😀 Tapi sepertinya ada alasan lain yang lebih nyata akan hal ini.

Sutradara anime Yama no Susume, Yamamoto Yusuke, mengatakan kalau sudah jadi hal biasa saat ini dalam industri anime bagi background artist untuk memakai foto referensi dan stock image, yang dikarenakan ketatnya waktu produksi. Menariknya, episode munculnya rumah mansion anime KonoSuba dan Kenja no Mago memiliki background art director yang sama, Miyake Masakazu.

Yaa memang alasan yang cukup bisa dimengerti dengan ketatnya kerjaan membuat anime, walau bisa jadi memberi kesan malas atau aneh juga. Betewe untuk desain kota Isekai umum itu, ada netizen yang memperlihatkan kota asli yang bisa jadi sumber desain tersebut, yaitu kota Nordlingen di Jerman, kota yang kerennya dibangun dalam lubang meteor jatuh.