Jepang adalah negara dengan budaya masyarakat yang ketat dalam hal tata cara dan kesopanan, dan itu sudah terlihat dari struktur bahasanya. Dan tak hanya dari pemakaian kata-kata yang diperlukan dalam berkomunikasi saat kerja di perusahaan, tapi juga pada tata cara saat makan minum. Tapi yang namanya aturan, kadang bisa ada pro dan kontra, seperti tata cara makan Gohan Okazu atau nasi putih dan hidangan sampingan.

Mungkin mina-san sudah tahu aturan makan Gohan alias nasi putih yang mengatakan kalau kita tak boleh menusuk berdiri sumpit kita pada nasi, atau sebutannya adalah Tate bashi atau Hotoke bashi. Karena bentuknya jadi seperti dupa saat pemakaman.

Nah ternyata ada tata cara lain lagi yang agak mirip dengan hal itu. Dan hal tersebut dipertanyakan dalam website Girls Channel. Yaitu, apakah diperbolehkan meletakkan Okazu diatas nasi putih. Okazu maksudnya adalah makanan sampingan yang dihidangkan terpisah dengan nasi putihnya.

User yang mempertanyakan hal tersebut menceritakan pengalamannya. Ia adalah seorang istri, dan saat ia makan bersama suaminya, ia memakan Okazu secara terpisah. Tapi suaminya meletakkan Okazu diatas nasinya dulu sebentar, sebelum kemudian memakannya, kadang bersama nasinya kadang tidak.

Tak seperti aturan pelarangan Hotoke Bashi, netizen memberikan reaksi dan jawaban yang beragam akan hal ini. Beberapa tidak menyetujui cara makan yang seperti itu, sementara disisi lain ada yang menganggap itu bukanlah masalah.

Sendok Garpu Excalibur

Menurut yang tidak setuju, mereka berpendapat kalau makan dengan cara seperti ini terlihat berantakan dan tak beraturan, dan ada yang bilang ini membuat nasinya kotor. Ada juga yang menyarankan kalau mau makan Okazu Gohan bersamaan, makanlah Okazu terlebih dahulu dan kemudian memakan nasinya.

Sementara dari yang menyetujuinya, kebanyakan mengatakan kalau meletakkan Okazu pada nasi itu terasa enak. Membuat saus yang ada pada Okazu jadi tertempel pada nasi membuat rasanya jadi semakin lezat, walau memang bisa jadi berantakan.

Bagaimana menurut mina-san? Yang jelas sih, lebih baik buat berjaga-jaga, jika makan bersama orang Jepang asli yang belum begitu dekat, disarankan coba dihindari makan seperti itu. Oh ya tapi sedikit catatan, ini bukan termasuk hidangan Donburi yang memang dari awal dihidangkan dengan okazu diatas nasi putihnya seperti Katsudon.

Comments