Mungkin sudah banyak yang tahu, kalau dunia animanga dan game Jepang memiliki elemen fanservice sexy yang banyak sekali, apalagi fanservice OOppai alias payudara. Dari situ kemungkinan besar bisa membuat banyak orang berpikir kalau otaku suka sekali oppai, dan memiliki gambaran sebagai orang hentai yang suka mengecek dada para wanita. Tapi menurut seorang netizen Jepang, belum tentu seorang otaku yang “suka lihat” oppai memiliki alasan yang cabul.

Netizen tersebut adalah user Twitter bernama tkunuku dimana dalam tweet yang ditulisnya, ia mengatakan “(Mungkin Benar) Otaku lihat-lihat Oppai, (Tapi Sebenarnya) Otaku tak kuat melakukan kontak mata jadi posisi matanya menurun, dan disitulah payudara berada”.

Perkataan yang memang bisa ada benarnya. Otaku umumnya memang tipe orang yang sikapnya introvert atau pasif atau pemalu, membuat berkomunikasi bersama orang lain, apalagi lawan jenis, bisa membuat mereka terasa terintimidasi. Dan dari situ tak mengherankan jika pandangannya jadi menunduk kebawah untuk berusaha menghindari kontak mata dengan lawan bicaranya.

Dan jadinya bisa mudah membuatnya terlihat seperti arah pandangannya menuju kearah dada dan muncul kesalahpahaman, walau bisa saja sebenarnya pandangan matanya tak sampai kesitu. Sikap pasif dan pemalu tersebut juga bisa membuat mereka sulit berkata-kata dan tak berani memperbaiki kesalahpahaman tersebut.

Mungkin karena itu, perkataan tknuku tersebut terlihat lumayan disetujui oleh para netizen Jepang yang lainnya, dan mereka juga memberi komentar tersendiri lagi. Ada yang mengatakan hanya karena oppai karakter anime besar bukan berarti ia akan melihat-lihat dada wanita di dunia nyata.

Ada user yang mengaku kalau ia juga suka menunduk dan melihat kearah leher, tapi ia takut wanita akan berpikir ia mengecek-cek dada mereka. Ada juga yang mengaku melakukan hal yang sama jika lawan bicaranya pria, tapi ia melihat dasi mereka.

Ada juga yang bercanda mengatakan matanya turun dan melihat kearah dada karena Text Window letaknya disitu, alias kotak dialog karakter yang berbicara yang muncul saat main game visual novel atau berbagai game JRPG.