Saat ini mungkin sudah banyak yang sadar atau tahu kalau ada ciri khas dari light novel. Mereka memiliki judul yang sangaaaaaat panjangg. Walau memang tak semuanya, tapi saat ini sudah sangat umum bagi sebuah light novel memiliki judul yang berupa kalimat yang bagaikan penjelasan sinopsis daripada beberapa patah kata pendek. Tapi apakah selalu begitu? Nah ada netizen Jepang yang berusaha menyelidikinya, dengan melihat perkembangan panjang judul light novel Jepang.

“Studi” akan judul light novel tersebut dilakukan oleh user Twitter bernama @GenreCodeLovers yang mengaku mendapatkan datanya melalui Ranobe Mori, website yang mengumpulkan data dan info light novel di Jepang, dengan @GenreCodeLovers mengambil data akan light novel yang diterbitkan dari tahun 1975 sampai 2018.

Sedikit catatan tambahan, panjang judul dalam studi tersebut juga menghitung subtitle dan angka volume novel tersebut, dan pengukurannya dengan menghitung jumlah huruf karakter kanji dan alphabet latin.

Menarik melihat masa lalu judul light novel dalam studi tersebut. Tahun 1975 dulu, judul light novel terpanjang hanya berukuran sebanyak belasan karakter, tapi kedepannya perlahan muncul kenaikan jumlah karakter, yang terus berlangsung sampai sekarang, dan tidak ada kenaikan yang melonjak tinggi secara tiba-tiba.

Kemudian @GenreCodeLovers juga menunjukkan hasil menarik lain lagi, yaitu siapa penerbit yang merilis light novel judul panjang terbanyak. Dan disini ditemukan kalau penerbit light novel Jepang yang menerbitkan light novel judul panjang dalam jumlah rata-rata terbesar adalam Kadokawa Sneaker Bunko.

Berikutnya @GenreCodeLovers juga memperlihatkan list buku light novel dengan judul terpanjang setiap tahun dari 1975 sampai 2018 ini. Perkembangan yang begitu besar melihat dulunya pada tahun 1975, judul light novel terpanjang hanya 12 karakter, dengan light novel SOS Time Patrol.

Dan ditemukan juga judul buku light novel terpanjang saat ini, yang menurut Ranobe Mori adalah light novel Danshi Koukousei de buatan Sigsawa Keiichi. Light novel yang menurut kabar, telah dipatahkan rekornya tahun 2017 lalu.

Akan tetapi, sekali lagi diingatkan catatan diawal, karena saat ini novel Sigsawa tersebut dihitung memiliki judul terpanjang karena ada tambahan kata Volume II dan subtitle ‘Time to Play {Shita}’ setelahnya, menjadikan buku volume 2 novel tersebut memiliki total 76 karakter.

Sementara itu, novel buatan Uwami Kuruma yang judulnya menurut kabar 2017 lalu memecahkan rekor judul terpanjang novel Sigsawa, dihitung Ranobe Mori sebagai light novel dengan judul terpanjang tahun 2017, tapi rekor tersebut terlihat telah dipatahkan lagi tahun 2018 kemarin dengan light novel Moto Yuusha no Ossan yang judul lengkapnya berjumlah 72 karakter.