Sudah ada berbagai anime Jepang yang telah diumumkan mendapatkan adaptasi live-action oleh Hollywood. Kimi no Na wa, Shingeki no Kyojin, Boku no Hero Academia, One Punch Man, dan lain-lain lagi. Seri mecha Real Robot klasik Gundam juga salah satunya, dan setelah agak lama, baru-baru ini diberikan kabar update yang agak mengejutkan yang datang dari Netflix, yang mengumumkan sutradara film tersebut.

Pengumuman projek film live-action dari seri Gundam oleh Hollywood pertama diumumkan pada tahun 2018 dalam event anime besar Amerika Serikat, Anime Expo. Disitu diumumkan kalau projek tersebut merupakan hasil kerjasama antara Sunrise sang studio pencipta anime Gundam, dan studio film Hollywood Legendary Pictures.

Studio yang terlihat sesuai mengingat kalau mereka juga membuat dua film apik yang terinspirasi dari pop culture Jepang. Yaitu berupa versi Hollywood dari film Kaijuu klasik Godzilla, dan film mecha Pacific Rim dari sutradara Guillermo Del Toro yang desainnya terinspirasi dari berbagai mecha dunia anime seperti Evangelion.

Dan sekalian balik pada topik utama, baru-baru ini Netflix memberikan pengumuman mengenai siapa yang akan menyutradai film live-action Hollywood dari Mobile Suit Gundam tersebut, dan ia adalah Jordan Vogt-Roberts.

Nama yang pas juga dengan projek itu, karena ia ada pengalaman membuat film dengan raksasa didalamnya, dengan sebelum ini ia juga menjadi sutradara dari film Kong Skull Island, reboot dari karakter King Kong yang juga diproduksi oleh Legendary Pictures. Dan yang saat ini dipertemukan dengan Godzilla dalam film Kong VS Godzilla yang juga oleh Legendary Pictures.

Dan alasan kenapa Netflix yang memberikan pengumuman tersebut, adalah karena mereka juga yang akan merilis film tersebut nantinya dalam bentuk streaming. Walau sayangnya masih belum diberikan jadwal perilisan film tersebut.

Selain itu, dikabarkan juga kalau executive vice president dari studio Legendary Pictures, Cale Boyters, yang akan mengawasi projek tersebut. Dan diumumkan juga kalau penulis komik Amerika Brian K. Vaughn juga terlibat dimana ia yang menjadi penulis ceritanya. Penulis ternama yang menulis berbagai komik populer, seperti komik Marvel Runaways dan komik DC Ex Machina.