Netflix masih aktif terlibat dalam dunia anime, dan tak hanya distribusi tapi juga produksinya. Bahkan sampai menggaet dan bekerja sama dengan berbagai nama-nama veteran dunia animanga untuk membuat projek baru. Tapi tak hanya itu, karena baru-baru ini diumumkan kalau Netflix juga melakukan kerjasama dengan channel TV Jepang TBS, dalam berusaha membawakan 3 acara TV Jepang secara global.

Acara yang pertama adalah adaptasi live-action dari novel sci-fi klasik Nihon Chinmotsu atau Japan Sinks karya Komatsu Sakyo yang dirilis tahun 1973. Novel tersebut sangat populer, dan telah dapat berbagai penghargaan dan adaptasi.

Contohnya adalah adaptasi dorama yang ditayangkan TBS tahun 1974, dan adaptasi anime dari studio Science SARU dan ditayangkan Netflix tahun 2020 lalu. Dan balik pada topik utama, dikabarkan kalau Netflix dan TBS kembali lagi kepada novel tersebut.

Keduanya bekerja sama untuk membuat adaptasi live-action baru sebagai reboot dorama dengan judul Japan Sinks Kibou no Hito, yang akan dibintangi oleh Oguri Shun dan dijadwalkan untuk dimulai penayangannya akhir minggu ini pada tanggal 10 Oktober.

Projek Kedua juga sebuah reboot, yaitu dari acara channel TBS berjudul Mirai Nikki, yang walau memiliki judul yang sama tapi tak ada hubungan dengan animanga Mirai Nikki. Acara tersebut sebelumnya tayang dari tahun 1998-2002 sebanyak 9 season dan juga dapat projek film. Dan dikatakan kalau acara itu akan mulai tayang pada bulan Desember nanti.

Mirai Nikki tersebut merupakan acara realita dimana sepasang lelaki dan perempuan diberi buku harian yang berisikan perkembangan cinta dua karakter, mereka kemudian perlu berakting jadi karakter itu sesuai apa yang dituliskan disitu, seperti bertemu sesuai dengan tanggal pada buku itu, walau improv juga diperbolehkan.

Ketiga bukan acara reboot tapi sesuatu yang baru, sebuah acara Netflix dengan judul Kekkon Shiyou Yo yang berarti Ayo Menikah Yuk. Acara itu akan melibatkan Kudo Kankuro sebagai penulis dan Isoyama Aki sebagai produsernya. Menariknya perilisan acara ini yang paling lama, dengan penayangannya dijadwalkan untuk tahun 2023.