Saat ini Netflix menjadi salah satu nama terbesar dalam industri anime Jepang. Mereka tak hanya membawakan berbagai anime dari Jepang kepada berbagai negara luar, tapi juga melibatkan diri dalam produksi animanga itu sendiri, dan bahkan dalam projek adaptasi live-action. Dan baru-baru ini ada kabar menarik lagi dari Netflix di Jepang, dimana mereka baru membuka kantor Anime Creators Base di Tokyo.

Bagi yang belum tahu, Netflix adalah penyedia layanan media streaming digital, salah satu yang terbesar saat ini di dunia. Bisnis utama Netflix adalah layanan langganan streaming yang menawarkan beragam film dan program televisi, dan sejak beberapa tahun belakangan ini mereka mulai semakin serius dalam penayangan anime.

Hal itu terlihat dengan beberapa kabar menarik dari mereka dalam hal produksi anime. Netflix telah dikabarkan menggaet banyak nama veteran dan terkenal dalam dunia animanga seperti CLAMP dan Kibayashi Shin untuk membuat projek bersama. Dan beberapa bulan lalu juga dikabarkan kalau mereka ikut terlibat dalam membuka sekolah animator bersama studio anime Wit.

Dan sekalian balik pada topik utama, yang terbaru lagi dari kabar menarik Netflix yang terhubung dengan produksi animanga adalah minggu lalu diumumkan kalau mereka baru membuka kantor cabang Tokyo, dan dalam kantor tersebut mereka juga membuat Anime Creators Base.

Tempat yang bisa dibilang adalah “garasi bagi desainer” yang dipakai untuk membantu creator dalam mengembangkan anime. Vtuber resmi Netflix N-Ko juga telah merilis video tur tempat tersebut, yang terbagi jadi tiga area; Writer Garage untuk mengembangkan naskah, Designer Garage untuk para artist, dan area Lab untuk tes teknologi baru macam VR dan motion capture.

Sakurai Taiki chief producer anime Netflix yang juga muncul dalam video tur itu menjelaskan dalam blog Netflix darinya kalau adaptasi anime dari manga Eizouken karya Owara Sumito yang juga ditayangkan oleh Netflix adalah yang menginspirasinya untuk membuat tempat itu.

Eizouken yang mengisahkan tiga siswi sekolah anggota klub animasi, mengingatkannya kalau proses kreativitas harus selalu didorong oleh passion dan saat bersenang-senang, dan membuatnya tertarik untuk mendirikan ruang kumpul bagi orang-orang kreatif.