Nanakusa sekku – Perayaan Musiman 7 Januari

Nanakusagayu
Nanakusagayu

Trettt treettt treeeettt Akiba-chan dan Akiba-kei tau nggak nih hari-hari penting di Jepang?? Bagi pecinta Jepang pastinya tau dong yah 3 Maret itu Hari Hina Matsuri – Hari Perayaan Anak Perempuan, dimana sebelum tanggal 3 maret keluarga yang memiliki anak perempuan akan memajang boneka-boneka Hina karena dipercaya menghalau roh jahat atau nasib sial anak tersebtu. Tapi sebelum tanggal 3 maret berakhir, boneka-boneka Hina harus segera disimpan kembali sebelum hari tanggal 3 maret berakhir, karena kalau tidak anak perempuannya menjadi tidak bisa menikah… eitsss tapi kali ini kita nggak membahas tentang Hina Matsuri, tapi “Nanakusa sekku” 

Nanakusa sekku adalah hari dimana masyarakat Jepang makan bubur Nanakusa yang dipercaya dapat menghalau hal-hal buruk hingga akhir tahun nanti.

Bubur Nanakusa - Nanakusagayu
Bubur Nanakusa – Nanakusagayu

Asal muasalnya sih tradisi ini datang dari China di awal jaman Heian lalu masuk ke Jepang dari tahun 794 hingga tahun 1185. Orang China percaya bahwa tradisi makan bubur Nanakusa sebagai bentuk harapan agar diberi kesehatan yang baik, umur panjang, keberuntungan yang baik serta agar dijauhkan dari hal-hal negatif sepanjang tahun.

Secara harfiah, Nanakusa sekku berasal dari kata-kata Nana yang berarti 7 (tujuh), kusa yang artinya tumbuhan, dan sekku sendiri yangberarti musiman. Nanakusa sekku memiliki arti “Perayaan Musiman 7 Tumbuhan Musim Semi”. Bubur ini dimasak dengan 7 rumput yang tumbuh di musim semi di Jepang. Wahh apa aja nihh??

Nanakusa sekku dirayakan pada tanggal 7 Januari
Nanakusa sekku dirayakan pada tanggal 7 Januari

Tradisi ini dilakukan pada setiap tanggal 7 Januari lho.. Selain dipercaya untuk menghalau dari hal-hal buruk disekitar mereka, bubur ini bermanfaat sekali bagi kesehatan dan kaya akan nutrisi. Bubur ini biasanya dimasak dengan bumbu sedikit garam, tapi sekarang sudah banyak orang-orang yang menggunakan kecap asin atau bumbu-bumbu Jepang lainnya.

Bubur Nanakusa ini dalam bahasa Jepang disebut Nanakusagayu. Bentuk bubur ini memiliki ciri khas bewarna putih dengan campuran sayuran hijau.

Berikut7 tumbuhan utama dan manfaatnya yang digunakan untuk Nanakusagayu ialah :

7 macam tumbuhan musim semi
7 macam tumbuhan musim semi

1. Seri (). Tumbuhan ini kaya akan zat besi dan baik bagi penderita mata merah dan pusing.

Seri
Seri

2. Nazuna (薺). Nazuna dapat membantu memperbaiki fungsi pencernaan pada tubuh.

Nazuna
Nazuna

3. Hahakogusa (母子草). Tumbuhan Hahakogusa dapat membantu menghentikan sakit batuk dan melonggarkan lendir.

Hahakogusa
Hahakogusa

4. Hakobe (蘩蔞).  Hakobe mengandung banyak protein dan mineral, sehingga dapat mengurangi iritasi lambung. Dalam dunia medis, tumbuhan ini juga sering kali dibuat untuk ramuan.

Hakobe
Hakobe

5. Koonitabirako (小鬼田平子). Berfungsi meredakan fungsi otot.

Koonitabirako
Koonitabirako

6. Kabu (蕪). Berfungsi mengatur fungsi perut dan usus, serta dapat mengurangi demam.

Kabu
Kabu

7. Daikon (大根). Berfungsi membantu kerja lambung dan usus.

 

Daikon
Daikon

Cara membuatnya cukup mudah kok.. nih bocoran buat Akiba-chan dan Akiba-kei. Hehe..

Cara membuat Nanakusagayu : 

Bahan-bahan :

a. Beras 1 cangkir
b. 7 cangkir air
c. 7 tumbuhan (Nanakusa)
d. Sejumput garam

1. Cuci beras hingga bersih dan masukkannlah ke dalam panci. Tambahkan 7 gelas air dan rendam beras selama 1 jam.

2. Pasang tutupnya dan didihkan di atas api sedang. (tapi jangan sampai menjadi nasi yang pulen yah.. inget ini bubur~) (>.<)

3. Ketika mendidih, kecilkan api.

3. Cuci 7 tumbuhan tersebut dan memotong kecil dan halus.

4. Bila nasi telah siap, tambahkan tujuh tumbuhan dan sedikit garam sesuai selera.  Tunggu beberapa saat. (matikan api) Selesai.. siap disantap.

Bubur Nanakusa
Bubur Nanakusa

ini juga ada videonya :

Masyarakat jaman dahulu mengumpulkan tumbuhan-tumbuhan itu sendiri di ladang yang mereka tanami, akan tetapi sekarang di supermarket biasanya menjual tumbuhan tersebut dalam bentuk per paket. Akiba-chan dan Akiba-kei bisa menjumpai paket nanakusa pada tanggal 5, 6, 7 Januari saja. Jadi kalian bisa membelinya di tanggal itu.. yang menjual paket buburnya juga ada kok.. tinggal ditambahin paket sayurnya.

Selamat menikmati..!!