Akhir minggu lalu Pasar Tsukiji di Tokyo melaksanakan acara lelang terakhirnya sebelum pasar ternama tersebut ditutup dan dipindah ke Toyosu pada bulan Oktober. Tapi akhir minggu lalu itu di Prefektur Jepang lain ada juga acara terakhir sebuah nama besar lain, yaitu penyanyi J-Pop veteran dan populer Namie Amuro. Tapi walau berakhir ia takkan dilupakan, seperti beberapa anime dan Prefektur Okinawa yang ramai mengenang karir Namie Amuro.

 

Namie Amuro adalah nama yang memiliki berbagai julukan, mulai dari Ratu J-Pop sampai Madonna of Japan, berkat suaranya yang indah dan powerful. Tapi sayangnya walau ia seorang veteran dalam industri musik Jepang yang telah tampil lumayan lama, ia memutuskan untuk pensiun dari bernyanyi.

Dan hal tersebut diumumkannya tahun lalu pada tanggal 20 September, yang merupakan tanggal ulang tahunnya yang ke-40 tahun. Saat itu ia mengatakan kalau ia akan menjalankan kisah penutupnya sebagai penyanyi, dengan menjalankan berbagai konser, yang kemudian diakhiri pada tanggal 16 September kemarin. Tanggal tersebut adalah tanggal debutnya sebagai penyanyi.

Dan konser penutupan tersebut minggu kemarin dilakukan dalam Prefektur tempat kelahirannya, di Okinawa, pada Kota Ginowan. Prefektur tersebut jadi sangat ramai karena acara tersebut, dengan fans yang datang berbondong-bondong tak hanya dari Jepang tapi juga luar seperti Taiwan, dan memenuhi hotel-hotel.

amuro

Okinawa sendiri meramaikan suasana untuk fans dan turis, dengan berbagai event lain untuk mengenang pensiunnya Namie Amuro yang diadakan di berbagai tempat di Okinawa, sampai beragam restoran dan tempat jual souvenir juga menyetel lagu-lagunya.

Dan tak hanya itu, dipasangkan juga poster besar Namie Amuro di kota tempat asalnya di Naha. Dan pada tempat dimana Namie melakukan konser terakhirnya, direncanakan akan dibangun sebuah chapel dengan bel yang berbunyi dengan nada lagunya yang berjudul Can You Celebrate. Dan direncanakan juga akan dibangun patung Amuro Namie yang terbuat dari perunggu.

Dan itu baru perayaan dunia nyata, belum lagi di dunia anime, karena ia juga menyanyikan berbagai anisong. Diantaranya dari anime One Piece yang membuat Namie bertemu para Straw Hat dalam Episode of Skypeia. Dan baru-baru ini juga dari Detective Conan, dimana Arai Takahiro mangaka Conan Zero no Tea Time memberikan rasa terima kasih dan selamat kepadanya melalui tweet gambar Amuro Tohru.

Comments