Belakangan ini Jepang melakukan banyak tindakan yang menunjukkan persiapan dan semangat mereka dalam menjadi tuan rumah Olimpiade 2020. Kemarin-kemarin negara Jepang mengumumkan perencanaan Torch Relay untuk Olimpiade Tokyo 2020, yang memiliki simbolisme yang dalam dengan sejarah negara tersebut. Kali ini mereka telah mengumumkan nama maskot Olimpiade 2020, yang juga memiliki arti yang dalam.

Sebelumnya, dilakukan pemilihan akan desain karakter maskot untuk Olimpiade dan Paralympic tahun 2020, yang uniknya dilakukan oleh ratus ribuan anak-anak SD di Jepang. Hasil pemilihannya diumumkan bulan Maret kemarin, dengan desain buatan Taniguchi Ryo yang menjadi pemenang.

Dan setelah desain, dilakukan pemberian nama, yang dikatakan hasilnya akan diumumkan antara bulan Juli-Agustus. Dan sesuai janji, Komite Olimpiade 2020 telah memilih nama untuk kedua maskot imut tersebut, dan mengumumkannya.

Nama untuk maskot Olimpiade Tokyo 2020 adalah Miraitowa, sedangkan nama untuk maskot Paralympic 2020 adalah Someity. Pengumuman tersebut disertai juga dengan video cinematic keren yang menunjukkan perjalanan kedua maskot itu dari pemilihan desain sampai pemberian nama.

Dan mirip dengan simbolisme dari Torch Relay 47 Prefektur yang melambangkan bagaimana negara Jepang tetap dapat bangkit bahkan setelah diterjang bencana, nama dari kedua maskot imut ini juga memiliki arti.

Nama Miraitowa adalah gabungan dari dua kata, Mirai dan Towa. Mina-san kemungkinan besar sudah tau arti kata Mirai 😉 yaitu Masa Depan. Dan kata Towa memiliki arti Kekal atau Abadi. Nama tersebut dipilih untuk memunculkan Masa Depan penuh harapan yang Kekal dalam hati semua orang di dunia.

olimpiade 2020

Nama Someity juga merupakan gabungan. Yaitu dari nama Somei-Yoshino, sejenis pohon Sakura yang sangat populer tak hanya di Jepang. Dengan kata bahasa Inggris, So Mighty, yang berarti Sangat Kuat atau Hebat. Merepresentasikan bagaimana atlit paralympic dengan gigihnya melampaui halangan dihadapan mereka.

Penyanyi Anisong dan salah satu anggota Komite, Nakagawa Shoko, juga mengkomentari kedua maskot tersebut. Mengatakan kalau Miraitowa dan Someity adalah sesuatu yang bagus, imut, keren, dan unik untuk Jepang, dan itu adalah nama yang pas untuk kedua maskot tersebut. Dan berharap nama tersebut akan dicintai oleh anak-anak di seluruh dunia, dan selamanya dikenang oleh sejarah.