Ketika sudah berumah tangga nanti, pasti ada akiba-chan dan akiba-kei yang pengen mencarikan nama yang kece untuk anak-anaknya. Apalagi yang sejak awal sudah punya inceran waifu/husbando. Kemungkinan besar sangat ingin mengaplikasikannya sebagai nama anak. 😀 Atau mungkin meskipun bukan wibu kalian tetap ingin memberi nama yang cantik ala nama bayi jepang? Nah untuk itulah mimin sekarang beberapa sugesti untuk kalian.

Terutama yang sudah mulai berumah tangga nih. Nama bayi jepang berikut ini mungkin bisa jadi sumber ide. Entah itu untuk bayi cowok maupun bayi cewek. Yang jelas khusus untuk akiba-chan dan akiba-kei pembaca setia Akiba Nation, mimin buatkan list pilihan. 😀

Nama-nama bayi jepang dibawah ini merupakan hasil survey beberapa situs online di jepang seperti livedoors, PR News dan Hachima Kikou. Karena sepertinya nggak afdol kalau cuman menyoroti nama bayi jepang di tahun kemarin saja, mimin rangkum nih nama bayi jepang paling oke selama tiga terakhir. Plus cara penulisan kanji dari list nama tersebut.

“Mengapa harus mengerti penulisan kanjinya? Kan cuman butuh nama aja, lagian kita bukan orang jepan min…”

Boleh kalian berlasan seperti itu. Tapi perlu kalian tahu, arti nama bayi dijepang ditentukan oleh kanjinya lho. Jadi nggak hanya “terlihat bagus” atau “terdengar indah” saja. Perpaduan kanji yang tepat untuk nama-nama bayi jepang ini sangat diperhatikan oleh orang tua mereka. So, kalau akiba-chan pengen nyomot satu atau dua nama buat anak kalian entar nggak ada salahnya dong tahu bentuk kanjinya gimana? 😀 Kan keren tuh, selain punya arti yang bagus, kalian ntar juga bisa jelasin jika suatu saat ditanya oleh orang lain.

Yaudah deh, langsung aja ya dari pada mimin kebanyakan bacot nanti malah di demo pembaca 😀 Ini dia nama bayi jepang terbaik yang perlu kalian catat:

2014

Di tahun 2014 nggak begitu banyak terungkap nama spesifik apa aja yang dipakai orang jepang untuk para bayinya. Sepertinya untuk para bayi laki-laki yang lahir di tahun 2014 lebih sering menggunakan kanji single 蓮”. Kanji ini dibaca “REN” yang memiliki arti teratai sakral. Kebanyakan kanji tersebut memang dikombinasikan dengan kanji lain supaya menghasilkan nama berbeda. Namun penggunaan single ren juga dinilai lebih manly dan gagah untuk anak lelaki mereka.

Selain ren, di posisi kedua ada kanji 大 (besar) dan 翔 (puncak/menjulang). Kombinasi 大翔, menghasilkan cara baca sangat gentleman seperti Hiroto atau Haruto. Seperti kanjinya, anak dengan nama diatas diharapkan akan tumbuh besar dan sukses.

Sedangkan untuk anak perempuan di tahun 2014 lebih ngetren pakai nama simple nan cute seperti kanji 凛” yang dapat dibaca sebagai “RIN”. Kanji ini kalau sendirian dapat bermakna dingin namun juga bisa diartikan sebagai kemandirian/kegahahan. Nama lainnya yang sering muncul sepanjang tahun 2014 adalah nama dengan karakter hijau daun 菜 seperti Hinata, Yuna atau Yuina. Artinya lebih ke ceria dan tidak mudah menyerah.

 

2015

Untuk tahun 2015 sepertinya lebih beragam ketimbang tahun sebelumnya. Ada banyak nama bayi jepang yang dapat akiba-chan dan akiba-kei pilih dari list tahun 2015. Yang pertama adalah untuk bayi cowok, ada sekitar dua belas nama paling populer dan paling memiliki arti yang indah. Diantaranya adalah:

  1. Sou, Minato, Ichika         (湊)
  2. Itsuki, Tatsuki                 (樹)
  3. Ren                                  (蓮)
  4. Hinata, Haruta                (陽太)
  5. Asahi, Haruki, Tomoharu (朝陽)
  6. Souta                                (颯太)
  7. Yuuma                              (悠真)
  8. Arata                                (新)
  9. Ryou                                 (諒)
  10. Yuuto, Haruto, Haruhito  (悠人)
  11. Souta, Kanata                  (奏太)
  12. Hayato Taichi                   (隼人)

Seperti yang kalian lihat diatas, nama ren ternyata masih masuk peringkat tiga teratas lho. Sasuga, berarti emang banyak banget yang suka teratai ya. 😀 Nah selain itu, nama-nama diatas di dominasi oleh kanji “ta” dan turunannya. Usut punya usut memang banyak orang jepang menginginkan anak lelaki mereka tumbuh dengan kuat dan memiliki kehidupan yang kaya atau makmur.

Lalu bagaimana dengan nama bayi jepang perempuan? Berikut inilah listnya:
  1. Sakura                     (さくら)
  2. Riko                         (莉子)
  3. Aoi                           (葵)
  4. Wakana                   (和奏)
  5. Sakura, Sara            (咲良)
  6. Rin                           (凛)
  7. Anna, Azuna            (杏奈)
  8. Himari, Hinata         (陽葵)
  9. Yuna, Yuina             (結菜)
  10. Kaede                      (楓)
Salah satu anak bernama Sakura, unyu kan?

Untuk nama bayi perempuan di jepang memang biasanya di dominasi oleh nama-nama bunga. Seperti pada nomor 1, 2, dan 3. Salin itu juga dipenuhi dengan nama-nama bermakna elegan. Tujuannya sih emang bisa ditebak ya. Semoga anaknya tumbuh menjadi gadis cantik bak bunga-bunga. 😀

 

2016

Akhirnya memasuki tahun yang baru saja kita lewati. Nama bayi jepang terpopuler tahun 2016 ini dikeluarkan pada bulan desember. Yang kemungkin ini akan menjadi list nama paling baru yang dapat mimin berikan kepada kalian. Mengingat tahun 2017 baru kita jalan separuh saja. Tentu angket untuk mengetahui kepopuleran nama bayi di jepang ini belom serta merta dilengkapi oleh para penyedia survey nya. Bila muncul nanti akan segera mimin update kok. Maka dari itu mari kita lihat dulu nama apa saja yang muncul di tahun 2016 😀

Mari kita mulai dengan nama bayi jepang cowok, kita urutkan secara terbalik ya, karena akan mimin bahas satu persatu:

5. Yuuma (悠真)

Tahun lalu nama ini cuman menduduki posisi bawah dari 12 nama beken. Dan tahun ini kemajuan banget brarti ya karena sudah banyak dipakai. Yuuma memiliki arti kebenaran yang mendamaikan.

4. Minato (湊)

Kalau yang ini akiba-chan dan akiba-kei pasti sudah banyak yang tahu. Minato berarti pelabuhan.

Dengan memakai nama ini para orang tua di jepang berharap anaknya dapat menjadi “pelabuhan” atau pengayom bagi orang lain.

3. Haruto (陽翔)

Gabungan dari makna bagus dan terbang. Namun kebanyakan diartikan sebagai kepostifan. Dengan begitu si anak dapat terus terbang tinggi pencapai kesuksesan dan cita-citanya.

2. Hiroto (大翔)

Bermakna perjalanan besar. Harapannya sih semoga kelak, anak dengan nama ini selalu bahagia, dan menjalani perjalanan hidup yang menyenangkan.

1. Ren (蓮)

Finally, ren lagi. Hehe. Yang ini sudah mimin jelaskan diatas. Semoga tidak ada yang nanya berulang kali. 😀

Nama Bayi Jepang
ini nama aslinya juga Ren lho…

Nama bayi jepang lelaki sudah. Sekarang kita beralih ke list nama bayi jepang perempuan paling terkenal tahun 2016 yaitu adalah:

5. Sakura (さくら)

Sakura di nomor lima ini merupakan simbol dari bunga pink yang biasanya kita sebut sebagai bunga khas jepang. Untuk nama anak dengan kata ini biasanya tidak menggunakan kanji. Sehingga maknanya sama dengan makna bunga tersebut.

4. Sakura (咲良)

Nah kalau ini lain lagi. Meskipun cara pengucapannya sama, makna dari nama ini berbeda. Ditulis dengan kanji mekar dan bagus. Sehingga bila dikatakan. Orang tua ingin anaknya berkembang dengan baik tanpa mengalami suatu kendala apapun.

3. Yua (結愛)

Memiliki makna tali kasih sayang. Mewakili perasaan orang tua yang terikat oleh cinta sehingga lahirlah anak yang mereka inginkan. Hmmm… boleh juga. 😀

2. Hina (陽菜)

Err… nama ini memang cute kalau disuarakan. Namun artinya sedikit aneh: sayuran segar. Ya menurut dugaan mimin sih orang tuanya ingin agar anaknya selalu ceria dan segar seperti sayuran. Tidak murung diterpa kegelapan. Hehe/

1. Himari (陽葵)

Himari adalah nama sebuah bunga yang mirip bunga terompet. Namun memiliki warna yang cerah. Bunga ini dapat bertahan meskipun wuhu sedang tidak bersahabat. Sehingga wajar bila orang jepang sangat senang dengan nama ini untuk bayi perempuan mereka. Harapannya jelas dong agar anaknya tumbuh menjadi gadis yang ceria dan tidak gampang menyerah.

Comments

Loading...