Konten seksual dari Jepang sepertinya lagi populer belakangan ini. Sebelumnya Pornhub menunjukkan kalau JAV dan Hentai jadi video yang paling dicari dan paling banyak ditonton dalam website dewasa tersebut dalam tahun 2019 lalu. Dan baru-baru ini muncul lagi kabar macam itu, dengan naik daunnya popularitas ProjektMelody, avatar virtual yang mengaku sebagai hentai camgirl pertama dunia.

ProjectMelody mengambil wujud avatar virtual seorang catgirl berambut pendek biru dengan tubuh langsing dan berpenampilan futuristik. Desain yang dikatakan oleh Digitrevx sang desainer karakter itu terinspirasi dari Kusanagi Motoko dari seri Ghost in the Shell digabung dengan karakter Nepu dari seri Hyper Dimension Neptunia.

Eksistensinya tersebut membuat Melody mirip dengan Virtual Youtuber, yang menariknya juga ada beberapa yang desainnya juga dibuat oleh Digitrevx seperti Mirai Akari. Dan dijelaskan juga olehnya kalau Melody bergerak layaknya V-tuber Kizuna Ai, dengan tampilan Melody di-render secara real time dengan memakai Unity.

Bicara soal Youtube, Melody juga punya channel Youtube sendiri, yang baru belum lama dibuatnya. Tentu tampilannya disitu lebih SFW, walau kontennya memang bisa Yabaiii, seperti salah satu video barunya yang mempertanyakan apakah Hentai itu Seni.

Ia juga memiliki Twitter official, yang baru-baru ini menunjukkan kenaikkan besar dari jumlah follower, dimana awalnya hanya 700, dan dalam tiga hari naik dari 20.000! Yang bisa terjadi setelah ia β€œtampil” dalam website Chaturbate, situs video dewasa yang menampilkan pertunjukkan webcam secara live dan penonton bisa saling chat.

Melody memang sesuatu yang unik dengan dirinya mengaku sebagai hentai camgirl pertama, membuatnya seperti Adult V-tuber Yuzuki Rin. Tapi tak seperti Yuzuki yang bahasanya Jepang, Melody beraktivitas full dengan bahasa Inggris, membuat penonton internasional dari luar Jepang tak perlu menghadapi language barrier.

Tapi keunikannya juga membawa kekhawatiran dari sisi cam model manusia, yang juga bertanya bagaimana Melody diperbolehkan ada disitu. Cam model veteran Lennox May telah menonton Melody, dan ia mengakui konsepnya memang jenius, tapi juga berpikir apa lebih baik performance Melody masuk dalam platform terpisah dengan cam girl manusia agar lebih adil.