Hallo akiba-chan, akiba-kei, kembali ke kisah mitos di Jepang nih. Setelah kisah menarik tentang Komainu sang penjaga kuil, kini kita ke Myoubu yang juga penjaga kuil nih. Kuil seperti apa ya? Yuk simak ulasannya berikut ini.

 

Dikatakan Myoubu () adalah rubah langit dengan bulu berwarna putih, sementara bulu ekornya mengingatkan kita akan biji-bijian yang matang. Mereka adalah makhluk suci yang membawa kebahagian dan berkah untuk sekitarnya. secara bahasa kanji Myoubu  () dapat dibaca sebagai ratu atau permaisuri atau Byakko (rubah putih).

Banyak patung Myoubu yang bisa akiba-chan dan akiba-kei temukan di Jepang. kebanyakan dari patung tersebut berada di kuil Inari. Mereka menggantikan tugas sang Komainu yang biasa diemukan di kuil yang lain, sehingga minnasan pasti bisa menebak apa tugas Myoubu kan.

 

Myoubu () adalah rubah penjaga dan juga simbol dari keberuntungan dan berkah. Biasanya masyarakat Jepang memberikan persembahan berupa sake suci, sekihan (nasi merah dan kacang merah), Inarizushi dan tahu goreng di kuil inari tersebut. Makanan-makanan tersebut rupanya makanan favorit dari para rubah loh.

 

Dari zaman dahulu rubah dikenal sebagai binatang suci oleh masyarakat Jepang, bahkan sebelum adanya catatan sejarah di Jepang. Dahulu para petani di Jepang menghormati rubah, karena mereka membantu petani mengusir tikus dan hama lainnya yang akan menghancurkan pertanian mereka.

Rubah juga sering disandingkan dengan Inari-sama (稲荷), yaitu dewa panen di Jepang (Uka no Mitama). dikatakan bahwa Inari-sama mengunakan rubah sebagai pelayan mereka dan juga sebagai pembawa pesan. Kebanyakan rubah pelayan yang dipilih oleh Inari-sama adalah rubah suci yang memiliki bulu putih yang kemudian dikenal sebagai Myoubu.

Patung Myoubu yang ditemukan di kuil Inari, kebanyakan dimulut mereka seperti sedang membawa sesuatu. Salah satu nya  Seperti permata berbentuk bundar yang sering dibawa oleh Komainu di kuil yang lain. sang rubah juga biasanya terlihat membawa kunci spiral, beberapa gandum, dan sebuah gulungan.

 

Semua yang dibawa oleh Myoubu merupakan lambang pekerjaan Inari-sama.  Permata bundar merepresentasikan kedua soul dari Inari-sama, dan juga sebagai simbol sebuah lumbung. Kunci spiral dengan desain archaic biasanya digunakan oleh peternakan tradisional, Kunci tersebut melambangkan keinginan untuk membuka lumbung.

myoubu

Beberapa gandum merepresentasikan lima butir biji-bijian  (gandum, beras, kacang, awa millet, dan kibi millet) yang kelimanya merupakan hal penting dalam tradisi asia timur.  Dan yang terakhir gulungan melambangkan pengetahuan dan kebijaksanaan.