Pembaca setia, adakah diantara kalian yang senang dengan kucing? atau sedang memelihara kucing di rumah? Kebayang kan ya lelah nya mengurus makhluk unyu yang suka pencilatan kemana-mana tersebut. Selain perhatian ekstra, karena kucing emang suka dimanja, kalian juga harus pemperhatikan list makanan bergizi untuk mereka. Jangan sampai mereka makan sembarangan dan jd nggak sehat, tapi jangan sampai juga demi makanan kucing mahal dompet kalian yang nggak sehat ๐Ÿ˜€ Demi kucing di seluruh penjuru dunia, mimin kasih rekomendasi nih makanan yang patut kalian coba: NECO MESHI.

Kalo di bahasa jawain kok kayak “sego kucing” ๐Ÿ˜€ tapi emang literally bener sih -___-|||. Tapi bukan sego kucing yang kayak dijual di angkringan gitu kok ๐Ÿ˜€ Neco Meshi adalah golongan snack atau makanan yang merupakan hasil eksperimen dari Cat Cafe & Rescue ternama di jepang, Neco Republic. Mereka mengklaim bahwa makanan ini bisa dinikmati oleh dua golongan, baik manusia sebagai majikan mapupun si kucing sebagai masternya majikan peliharaan. Makanan agak tak lazim ini nggak cuma bisa dikonsumsi saja loh, tetapi juga mengandung gizi yang tinggi. Neco Meshi tersaji dalam empat macam bentuk berbeda, yaitu Yaki Katsuo (็„ผใใ‹ใคใŠ), Smoke Katsuo (ใ‚นใƒขใƒผใ‚ฏใ‹ใคใŠ), Kibinago Niboshi (ใใณใชใ”็…ฎๅนฒใ—) dan Sodabushi Furikake (ๅฎ—็”ฐ็ฏ€ใตใ‚Šใ‹ใ‘).

necomeshi (2)
Image by Casey Baseel

Yaki Katsuo berbentuk lonjoran ikan bonito bakar, berwarna kecoklatan dan memiliki terkstur yang empuk. jadi meskipun title nya ‘ikan bakar’ tetep bisa dikunyah oleh meong tanpa kesusahan. Aromanya juga sangat menggoda. Jangankan si mpus, kita aja bakal ngiler sekali liat.

Yaki Katsuo
Yaki Katsuo

Smoke Katsuo ini juga masih berbahan dasar ikan bonito, cuma pengolahannya sedikit berbeda. Bentuknya juga lebih simpel, ikan asap yang dipotong-potong. Sekilas bentuknya mirip dada ayam potong. Ini dijamin si mpus juga langsung suka, buat temen makan majikannya juga boleh yang penting lupakan kalo ini sebenernya makanan kucing :”D

Smoke Katsuo
Smoke Katsuo

Kibinago Niboshi kalau di indonesia bentuknya mirip (atau bahkan emang) teri. Pada tau ikan teri kan? itu loh ikan kecil-kecil yang dikeringkan. Bedanya kalo ini dibuat khusus dari ikan makarel. Baru tau mimin kalau kucing jepang suka ikan teri. kucing punya mimin mah mintanya ikan seger ogah dikasih teri. hiks.

Kibinago Niboshi
Kibinago Niboshi

Yang terakhir Sodabushi Furikake, ikan kering juga sih, tetapi dibuat lebih lembut, bahkan bentuknya hampir mendekati bubuk (emang bubuk!) ๐Ÿ˜€ Bisa langsung dikasihkan ke mpus atau ditaburkan di atas makanan lain. Di taburin donburi juga oke sih katanya.

Sodabushi Furikake
Sodabushi Furikake

Hmm.. pantesan aja mereka mengklaim bisa dimakan manusia, lha emang makananย nya nggak jauh-jauh dari lauk kita tanpa bahan tambahan aneh sekalipun. Kemasan nya juga higienis lagi, dengan harga yang cuma rata- rata dibanderol seharga 500 yen atau lima puluh ribuan aja satu pack nya. Lumayan kan bisa dimakan berdua :3

image by Casey Baseel
image by Casey Baseel