Sebagai salah satu nama paling mendunia dalam dunia animasi, tak heran bagi Ghibli bisa memiliki museum tersendiri, yang seperti studio anime ternama itu juga ramai suka dikunjungi dan jadi salah satu tempat wisata paling populer. Dan bicara soal museum tersebut, bulan ini mereka tampil meriah dengan dilakukan perayaan anniversary museum tersebut, dan mereka merayakannya dengan… Totoro JUMBO!

Bagi yang belum tahu, Museum Ghibli tersebut berlokasi pada daerah Mitaka dalam bagian barat Tokyo yang pertama dibuka pada tahun 2001. Museum tersebut berisikan berbagai hal dari karya-karya studio tersebut yang ditampilkan dalam bentuk eksebisi yang interaktif dan juga memamerkan projek spesial lainnya.

Museum tersebut tentunya sukses berkat kesuksesan dari studio Ghibli itu sendiri, akan tetapi sebagai sebuah tempat rekreasi, bahkan mereka juga mendapatkan kesulitan belakangan ini, yang dapat ditebak karena hal besar yang terjadi sejak tahun 2020, pandemik coronavirus.

Tapi meski dengan kesulitan tersebut, museum itu tetap ada, berkat bantuan dana crowdfunding dari Mitaka dan lain-lain yang memberi donasi agar museum itu punya uang untuk melakukan maintenance. Dan pada tanggal 1 Oktober, museum itu tetap bisa bertahan, dan berhasil menginjak pencapaian umur yang ke-20 tahunnya.

Tentu pencapaian macam itu dirayakan. Dan pada tanggal 3 Oktober, museum tersebut mengundang sekitar 1.300 orang penduduk Mitaka. Dan tak hanya itu, karena seperti yang dikatakan diawal, ada yang lebih WAW lagi yang dilakukan untuk perayaan itu. Dimana pada museum itu berdirilah sebuah Totoro ukuran raksasa.

Dengan tinggi kira-kira 5 meter dan lebar sekitar 3.5 meter, malah membuat Totoro itu hampir live-size. Tapi Totoro itu bukan berupa patung yang keras, malah fisik yang empuk seperti karakter tersebut dalam anime asalnya, dan ia juga bisa terbang melayang! Ya, dan itu karena Totoro raksasa tersebut adalah balon!

Sesuatu yang megah dan mantaps rasanya melihat balon itu menghiasi langit daerah Mitaka dimana museum itu berlokasi. Sedikit disayangkan karena balon itu hanya terbang mengudara untuk satu hari saja. Tapi yang jelas, Omedetou Ghibli~! 😉