kamu Pecinta bir? jika berpergian ke jepang coba ke tempat yang satu ini, menjadi Satu-satunya museum bir di Jepang berlokasi di pulau paling utara yakni Sapporo, Hokkaido. Museum Bir Sapporo yang dibangun pada tahun 1987 ini menjadi saksi bisu perkembangaan bir di Jepang lho. Pengunjung diajak mengenal lebih jauh mengenai salah satu minuman favorit masyarakat Jepang ini. Cuaca Jepang yang dingin akan menjadi hangat dengan menikmati segelas bir. Belajar tentang industri bir dan proses pembuatan bir dengan mengikuti pameran modern di dalam museum. Lihat peralatan yang digunakan dalam produksi bir dan mencari tahu bagaimana desain botol bir Sapporo berubah selama beberapa dekade. Mengagumi retro Sapporo bir poster, serta kayu tua tanda-tanda Sapporo dari ruang bir di seluruh Jepang.

Sapporo-Beer-Museum-71445

Sapporo-Beer-Museum-71444

Sapporo Beer Company, salah satu pabrik pertama di Jepang, didirikan pada akhir abad ke-19. Perusahaan ini sempat membeli sebuah pabrik gula tua di tahun 1903 dan membuat rumah malt. Pada tahun 1987, pabrik Meiji-era ini direnovasi untuk menciptakan Sapporo Beer Museum dan bangunan bata merah yang unik dan  menjadi Sapporo Beer Garden. Tak hanya sejarah, kita juga dapat menambah wawasan terkait pembuatan bir di Jepang. Setelah direnovasi pada tahun 2004, Museum Bir Sapporo ini memiliki koleksi yang makin lengkap. Bahkan dilengkapi dengan penjelasan berbahasa Inggris. Sangat membantu turis asing yang ingin mengetahui seluk-beluk bir Sapporo. Dengan demikian, pengunjung dapat lebih dekat kepada salah satu produsen bir di Sapporo yaitu Sapporo Breweries Ltd.

Sapporo_Beer_Museum

Sapporo-And-Vicinity-71398

Hokkaido merupakan kampung halaman dari bir pertama di Jepang, sehingga tak mengherankan Museum Bir Sapporo ini dibangun di Kota Sapporo. Bir Sapporo telah diekspor ke beberapa negara dan memiliki konsumen tetap di negaranya. Rasa yang khas membuat bir Sapporo sulit untuk dibandingkan dengan bir merek lainnya.

5300_03

Tak hanya itu, kita juga akan diajak mengenal industri bir di Jepang. Wah, ternyata bir tak hanya sebagai penghangat badan saja. Namun, juga dapat dijadikan sebagai salah satu destinasi wisata. Museum Bir Sapporo ini beroperasi pada pukul 10.30 pagi sampai 6.30 sore. bagi kamu yang belum cukup umur jangan coba-coba ya 🙂 khusus dewasa hehe 😀