Wabah virus corona mulai benar-benar memanas di Jepang dalam musim semi, dan itu membuat banyak seri dan film anime pada musim itu jadi tertunda penayangan dan perilisannya. Tapi dengan situasi virus tersebut tak separah sebelumnya, mulai banyak anime yang dirilis lagi, seperti movie Violet Evergarden yang baru mengumumkan jadwal baru perilisannya beberapa bulan lagi sekaligus merilis trailer baru lagi.

Violet Evergarden berasal dari light novel yang ditulis oleh Akatsuki Kana dan diilustrasikan oleh Takase Akiko. Mengisahkan seorang gadis bernama Violet, yang dulunya bergabung dengan militer dan bertarung dalam perang sebagai prajurit berdarah dingin dibawah Mayor Gilbert.

Setelah perang tersebut selesai kini ia pensiun dengan bekerja sebagai seorang juru ketik surat di kantor pos C.H sambil berusaha menemukan makna dari kata terakhir yang diucapkan atasannya kepadanya, “aku mencintaimu”.

Light novel tersebut diterbitkan oleh studio Kyoto Animation melalui label KA Esuma Bunko dan juga dijadikan anime oleh studio tersebut. Anime Violet Evergarden ditayangkan diawal tahun 2018 sebanyak 14 episode. Anime tersebut juga mendapatkan film side story dan movie.

Akan tetapi kebakaran studio KyoAni mengancam perilisan kedua projek tersebut, tapi perilisannya tetap berjalan, dengan film side story Violet Evergarden dirilis September 2019 di Jepang dan juga tayang di Indonesia diawal 2020. Tapi sayangnya untuk movie Violet Evergarden mereka menghadapi halangan baru, dalam bentuk wabah virus corona.

Movie Violet Evergarden seharusnya ditayangkan pada bulan April 2020, tapi rencana itu terpaksa ditunda karena memanasnya situasi virus corona di Jepang. Tapi mengikuti membaiknya keadaan virus corona di Jepang, baru-baru ini akhirnya diumumkan jadwal baru perilisan movie tersebut, yang diberikan setelah penayangan ulang episode akhir seri anime Violet Evergarden.

Dikatakan kalau movie Violet Evergarden akan tayang di bioskop Jepang pada tanggal 18 September 2020! Dan bersamaan dengan itu, telah dirilis juga trailer baru yang memperdengarkan lagu tema movie tersebut, WILL, yang dinyanyikan oleh TRUE, dan diumumkan kalau perilisan single lagu tersebut yang juga kena delay, kini dijadwalkan pada tanggal 16 September 2020.