Bulan lalu dirilis MV official versi HD dari lagu opening Evangelion lama, yang dipastikan bisa membangkitkan rasa nostalgia para fans. Dan mungkin juga rasa tak sabaran akan Rebuild of Evangelion berikutnya. Bagi yang sedang menunggu kabar baru akan reboot anime klasik tersebut, marilah kita bergembira, karena akhirnya telah diberikan update baru anime tersebut. Yaitu kabar mengenai perilisan movie baru Shin Evangelion.

Rasanya sudah lumayan lama sejak projek Shin Evangelion alias Rebuild of Evangelion tayang. Movie pertamanya tayang tahun 2007, keduanya tahun 2009, dan terakhir yang ketiga tahun 2012 lalu. Dengan projek tersebut direncanakan sebagai tetralogi alias seri empat movie, film yang berikutnya ini akan menjadi penutup projek tersebut.

Dan sebagai bagian penutup, mungkin Anno Hideaki sang sutradara dan Studio Khara yang menganimasikannya, diperbolehkan lah mengerjakannya agak lama. Dengan pembuatan movie ini secara official dimulai dari April 2017 lalu, dan Studio Khara juga membuka berbagai lowongan pekerjaan untuk membuat movie final ini.

Movie final ini memiliki judul 3.0+1.0 dan bisa juga ditulis dengan simbol :||. Judul yang terlihat agak lebih membingungkan dibandingkan movie Evangelion sebelumnya, yang dengan sederhana memiliki angka 1.0, 2.0, dan 3.0.

Jadi terasa mungkin ada sesuatu yang spesial atau unik dalam movie yang baru ini, dimana bukannya blak-blakan 4.0 malah dalam bentuk matematika tiga tambah satu. Judul alternatifnya dengan simbol :|| adalah referensi untuk sebuah tipe birama musik, yang berarti mengulang lagi setelah selesai/mengakhiri.

Elemen misterius yang juga muncul dalam teaser visual yang dirilis sebelum ini, berupa gambar kasar berisikan langit biru, tiang listrik patah abu-abu, dan lautan merah, dengan tulisan yang berarti “Bersambung, kemudian Berakhir. Tidak, dan Berlawanan.”

Yah namanya Evangelion, pasti ada elemen mind twist yang membingungkan. Dan kita sebagai fans hanya dapat menunggu jawabannya. Sayangnya dalam kabar ini tak diberikan tanggal pastinya, hanya dikatakan akan dirilis untuk tahun 2020, tapi yaa setidaknya masih untung deh sudah diberikan tahunnya 😉 Sepertinya tak hanya acara Olimpiade Tokyo yang akan ramai di Jepang nantinya ya mina-san.